alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Selain Anwar Ibrahim, Inilah Para Pemimpin yang Pernah Dipenjara
4.33 stars - based on 6 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afbfacf162ec291658b456a/selain-anwar-ibrahim-inilah-para-pemimpin-yang-pernah-dipenjara

Selain Anwar Ibrahim, Inilah Para Pemimpin yang Pernah Dipenjara

Selain Anwar Ibrahim, Inilah Para Pemimpin yang Pernah Dipenjara
Mantan pemimpin oposisi Anwar Ibrahim (L) menjabat tangan seorang sipir penjara setelah memberikan keterangan pers di kediamannya pada Rabu (16/5/2018).

Rabu, 16 Mei 2018 | 15:48 WIB

KOMPAS.com - Bebasnya Anwar Ibrahim dari penjara pada Rabu (16/5/2018), semakin memuluskan langkahnya menuju kursi perdana menteri Malaysia.

Setelah dua kali dipenjara pada 1999 dan 2015, kini Anwar kembali menjadi warga bebas berkat campur tangan Mahathir Mohamad, mentor politik sekaligus mantan rival yang kini menjadi sekutunya.

Jalan berliku dari penjara ke tampuk kekuasaan tak hanya dialami Anwar Ibrahim.

Berikut beberapa pemimpin dunia yang pernah mencicipi hidup sebagai narapidana sebelum bangkit dan berkuasa.



Nelson Mandela

Selain Anwar Ibrahim, Inilah Para Pemimpin yang Pernah Dipenjara

"Tak ada kekuatan apapun di dunia yang bisa menghentikan orang tertindas bertekad untuk mendapatkan kebebasan," kata Nelson Mandela pada 1961.

Pernyataan itu disampaikan Mandela setahun sebelum dirinya dinyatakan bersalah terlibat dalam perlawanan bersenjata menuntut hak warga kulit hitam di Afrika Selatan.

Mandela kemudian dipenjara di Pulau Robben selama 27 tahun yang justru semakin mengukuhkannya sebagai sosok pejuang anti-apartheid.

Mandela akhirnya dibebaskan pada 1990 dan empat tahun kemudian dalam usia 75 tahun menjadi presiden kulit hitam pertama di Afrika Selatan, setelah memenangkan pemilihan umum.


Aung San Suu Kyi

Selain Anwar Ibrahim, Inilah Para Pemimpin yang Pernah Dipenjara

Putri pejuang kemerdekaan Myanmar, Jenderal Aung San ini merupakan pemimpin de fakto negeri yang dulu bernama Burma itu.

Suu Kyi menghabiskan masa mudanya di Inggris sebelum kembali ke Myanmar pada 1988 untuk mengunjungi ibunya yang sakit keras sekaligus melanjutkan perjuangan ayahnya.

Nama Suu Kyi langsung meroket dan menjadi perhatian nasional setelah dianggap terlibat dalam kudeta gagal terhadap pemerintahan militer Myanmar.

Akibatnya, Suu Kyi menghabiskan 15 tahun dari 21 tahun masa hukumannya sebagai tahanan rumah.

Pada 2015, partai pimpinan Suu Kyi memenangkan pemilihan umum yang mengirimnya ke tampuk kekuasaan.

Sayangnya, citra Suu Kyi sebagai pejuang demokrasi tercoreng akibat krisis Rohingya yang banyak dituding sebagai operasi pembersihan etnis.



Jawaharlal Nehru

Selain Anwar Ibrahim, Inilah Para Pemimpin yang Pernah Dipenjara

Jawaharlal Nehru pertama kali mencicipi penjara pada 1921 saat Inggris masih menjajah India setelah menyerukan pemboikotan kunjungan Pangeran Wales. Dijatuhi hukuman penjara tak membuat Nehru gentar.

Dia malah mengatakan, hukuman itu merupakan "kebahagiaan terbesarnya" karena menunjukkan perlawanan terhadap penjajah.

Dia kemudian menghabiskan waktu hampir satu dekade di dalam penjara karena berbagai dakwaan, antara lain terlibat dalam kampanye perlawanan sipil yang digerakkan Mahatma Gandhi.

Pada 1947, Nehru terpilih menjadi perdana menteri pertama India dan tetap menduduki jabatan itu selama 17 tahun.



Vaclav Havel

Selain Anwar Ibrahim, Inilah Para Pemimpin yang Pernah Dipenjara

Di masa mudanya, sang penulis Vaclav Havel menghabiskan waktu dengan lebih banyak berhura-hura. Persinggungannya dengan dunia politik terjadi saat dia terlibat dalam pemberontakan gagal Cekoslovakia pada 1968.

Akibatnya, Havel dilarang berkegiatan di teater dan keluar masuk penjara akibat berbagai dakwaan sebelum menjadi presiden sebagai hasil "Revolusi Beludru" yang menggulingkanpemerintahan komunis.

Kecintaannya terhadap musik Barat, membuat langkah pertama Havel saat menjadi presiden adalah mengundang Frank Zappa dan Rolling Stone untuk tampil di Praha.



Michelle Bachelet

Selain Anwar Ibrahim, Inilah Para Pemimpin yang Pernah Dipenjara


Michelle Bachelet, presiden perempuan pertama Chile. Presiden perempuan pertama Chile ini mengenal politik dri ayahnya, mantan pejabat yang tewas disiksa di tahanan menyusul kudeta militer pada 1973.

Michelle sendiri kemudian ditangkap dan disiksa akibat aktivitas politik bawah tanahnya. Dia kemudian mengasingkan diri ke Australia lalu ke Jerman Timur sebelum kembali ke Chile untuk mengkampanyekan restorasi demokrasi.

Pertama kali terpilih pada 2006, Michelle dua kali menjadi presiden meski tidak berturut-turut.

Tahun ini masa jabatannya berakhir setelah meringankan peraturan terkait aborsi dan mengakui hubungan antara warga sesama jenis kelamin.

Diubah oleh matthysse76
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 3

JADI GITU YE
kalo pemimpin provinsi ga termasuk ya gan?
Yang Mr. Nelson Mandela itu bener2 kasihan ampe di penjara karena ingin mempertahankan ras dia di afrika. emoticon-Berduka (S)
bung karno juga pernah di bui . .
Yang di mako, yang bininya dimasukin selama 7 tahun sama gudpren

emoticon-Wakaka Menang banyak itu gudpren
mereka adalah pejuang nyata dari bangsanya masing masing
Quote:


liat nanti aja bree masi berani ga dia nyalonin
Kita punya juga nggak ya emoticon-Bingung (S) emoticon-Big Grin
Hmm begitu ya gan.
Mandela top emoticon-Jempol
dipenjara semua ya emoticon-Matabelo
jgn lupa ahok korban politik bertopeng agama
indo nya dung gan banyak tuh
di penjara msh blh menjabat yah ? emoticon-Bingung
Tapi yg ini kasus sodomi.
emoticon-cystg
ngomongin penjara biar kita tetap pada berbuat baik gan..
dan gak pada baper ama keadaan
emoticon-EEK!emoticon-EEK!emoticon-EEK! baru tahu ane,
absen
Ahik juga pernah dipenjara bree

emoticon-Leh Uga
Diubah oleh Bank.eza
Tukang siksa ke sebelah aja
Diubah oleh Bank.eza
Penjara tidak memadamkan semangat mereka.
Halaman 1 dari 3


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di