alexa-tracking

[COC GL] Sisi Positif Hari Raya Nyepi Untuk Lingkungan

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afbefc9de2cf29b0c8b4582/coc-gl-sisi-positif-hari-raya-nyepi-untuk-lingkungan
[COC GL] Sisi Positif Hari Raya Nyepi Untuk Lingkungan
[COC GL] Sisi Positif Hari Raya Nyepi Untuk Lingkungan
Halo bro-sis Green Lifestyle, pernahkah kalian mendengar Hari Raya Nyepi? Tradisi yang dilakukan umat hindu di Bali untuk merayakan Tahun Baru Saka.

Disini kita mau bahas tentang sisi positif Hari Raya Nyepi di segi lingkungan. Yuk langsung aja!
[COC GL] Sisi Positif Hari Raya Nyepi Untuk Lingkungan

Nyepi sendiri diambil dari kata sepi atau tenang, karena di hari ini, jika kalian di Bali kalian tidak diperbolehkan keluar dari tempat tinggal. Dimana tidak boleh ada kendaraan yang digunakan juga, dikarenakan para umat Hindu sedang merayakan tahun baru Saka. Berbanding terbalik dengan perkotaan besar yang merayakan tahun baru dengan meriah menggunakan petasan/kembang api atau konvoi/pawai menggunakan kendaraan besar.

Spoiler for :


Menurut saya kita perlu menghilangi tradisi yang seperti ini, dikarenakan kembang api yang ditembak ke langit akan merusak ozon dan perubahan iklim yang tidak bagus, selain itu bisa merusak oksigen untuk pernapasan makhluk hidup.
[COC GL] Sisi Positif Hari Raya Nyepi Untuk Lingkungan

Selama seharian di Bali kalian tidak akan pernah merasakan polusi suara ataupun polusi udara sekalipun selama 24 jam. Hanya ada 'nyanyian' burung di pagi hari, dentingan "kluntung" di siang hari dan gonggongan anjing di malam hari. Karena tidak diperbolehkan menggunakan kendaraan apapun selama acara berlangsung.

Spoiler for :


Fasilitas umum pun ditutup semua demi melakukan tradisi ini. Seperti suara pesawat lewat pun kalian tak akan pernah mendengarnya, dikarenakan bandar udara dilarang beroperasi. Karena polusi suara yang dibuat oleh pesawat akan mengganggu hari yang tenang ini.
[COC GL] Sisi Positif Hari Raya Nyepi Untuk Lingkungan

Selama acara Nyepi berlangsung kalian dilarang menggunakan penerangan secara berlebihan, kalian hanya diperbolehkan menggunakan 1-2 lampu ditempat tinggal kalian. Jika kalian singgah di sebuah hotel yang difasilitasi balkon, lampu balkon dilarang dinyalakan.

Jika diliat dari hal positif ini, secara tidak langsung kita menghemat energi listrik selama 24 jam. Jika saja kalian mematikan listrik selama 1 jam, kalian sudah menghemat Rp 249 Juta (dilansir dari hasil Earth Hour 2018 lalu). Bayangkan jika kalian mematikan listrik selama 24 jam? Sudah hemat berapa Milyar negara ini untuk listrik?

Spoiler for :

[COC GL] Sisi Positif Hari Raya Nyepi Untuk Lingkungan

Kebetulan saya mempunyai kerabat, dia adalah seorang mahasiswa Universitas Udayana, saya bertanya tentang pendapat hari raya Nyepi dari dia, berikut pendapatnya:

Quote:

Spoiler for :

[COC GL] Sisi Positif Hari Raya Nyepi Untuk Lingkungan

Apa perlu hari raya seperti Nyepi ini dibuat di beberapa daerah di Indonesia? Bagi saya sangat perlu!

Satu hari tanpa kendaraan, polusi suara, polusi udara, kenapa tidak? Bukankah ini tradisi yang bagus untuk lingkungan?

Tradisi yang positif seperti ini yang perlu kita lakukan demi kehidupan anak cucu kita nantinya.
Spoiler for :


Quote:


[COC GL] Sisi Positif Hari Raya Nyepi Untuk Lingkungan
image-url-apps
[COC GL] Sisi Positif Hari Raya Nyepi Untuk Lingkungan
PERTAMAX HANYA UNTUK TS
image-url-apps
mantap gan.... gagal pertamax dehh emoticon-Mewek
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


yaduu.. keduax juga gapapa
rate5 dan sharenya ganemoticon-Malu (S)
image-url-apps
trit nya Bagus bgt!
ane juga setuju bgt kalo hari raya nyepi di adain di setiap daerah2...
image-url-apps
nyepi sebulan sekali di setiap kota keren tuh emoticon-Matabelo
image-url-apps
Quote:

Siapa yg gak setuju sih? Liburan doang dirumah tanpa hiruk pikuk

Quote:

Keren banget pasti sist! Tradisi yang gak perlu MODAL BANYAK bisa menolong lingkungan secara masive
image-url-apps
Quote:


Dirimuh pernah nyoba sehari dua hari tanpa hape?
image-url-apps
Quote:


Pernah waktu itu rusakemoticon-Big Grin yang rugi mah bukan aku sist, tapi orang2 yg ngubungin akuemoticon-Hammer
×