alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi Dijual Rp140.000/Kg
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afbe856a09a3926308b4573/jelang-ramadan-harga-daging-sapi-dijual-rp140000-kg

Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi Dijual Rp140.000/Kg


MANDAILING NATAL - Satu hari jelang Ramadan, harga daging sapi di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan. Misalnya di Pasar baru Panyabunga, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara harga daging sapi tembus Rp.140.000/Kg.

Hari ini dalam tradisi masyarakat Mandailing disebut Panaekkon pertama, di mana masyarakat mandailing dengan tradisi memasak daging untuk makan sahur di hari esoknya untuk hari Pertama puasa.

Salah seorang pedagang di Pasar Baru Panyabungan, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Madina, Rajab Said Nasution menyebutkan setiap satu hari sebelum Ramadan, harga daging sapi selalu meroket tinggi.


“Biasanya harga daging hanya Rp 80.000-Rp95.000/kg. Setiap memasuki Ramadan begini, permintaan meningkat terus, jadi harga daging sapi pun selalu naik,” sebut Said, saat di temui Okezone, di pasar baru Panyabungan, Rabu (16/5/2018).

Mengingat kondisi harga daging sapi tersebut, si pembeli pun mau tidak mau harus menebus harga daging sapi yang kini sudah bertahan di Rp.140.000/kg karena sudah kebutuhan dan tradisi.

"Memang ada juga yang mengeluh para pembeli saat menanyakan harga daging sapi saat ini sudah bertahan di Rp140.000/kg, jadi mau tidak mau si pembeli banyak yang beli setengah kilo, mungkin karena keadaan ekonomi masyarakat saat ini merosot" tambahnya.

Melihat ekonomi warga Mandailing yang kian merosot, ini juga akibat turunnya harga getah karet, di mana warga Madina yang rata2 penghasilannya dari kebun karet.


“Bagaimana kita tidak mengeluh pak, harga bahan pokok semua sudah naik khususnya saat ini daging sapi dengan harga Rp140.000/kg, sedangkan penghasilan kita dari karet yang saat ini harganya cuma Rp7.000/kg-nya" tutur si pembeli daging sapi itu, Marlina Hasibuan (29), Warga kelurahan Kotasiantar Panyabungan.

Marlina juga mengatakan, biasanya dia belanja daging setiap hari panaekkon puasa Ramadan selalu beli daging 1 kg untuk di masak bersama keluarga di rumah, karena harga yang saat ini sudah melambung tinggi, dirinya terpaksa membeli setengah kg saja.

"Saya kan mau belanja kebutuhan lainnya, takut kekurangan uangnya, terpaksa deh saya beli daging sapinya setengah kg saja, saya harap pemerintah pusat segera memperbaiki ekonomi rakyat kecil ini, terutama harga karet itu di naikkan jangan harga sembako saja yang di naikkan," katanya.

Sumber

gak usah makan daging dulu... biarin gak apa-apa..
yg penting beras gak impor aja
Halaman 1 dari 2
yaelah tiap tahun kan gitu emoticon-Jempol
Gak import gimana bukannya inport lagi tuh klo ngak salak 500k ton.....

Daging naik karena sapinya import dan dolarnya naik kli....
mahal amat ... tawar boleh gak?

gak boleh ditawar ??? ternak sendiri saja

jangan bilang gak ada duit daya beli rendah bla bla

di cfd pamer2 duit
beli kaos gajebo juga bisa
pasti si marlina ini gak nawar
jangan ngeluh bu dari pada ngeluh mending piara sapi sendiri
Diubah oleh cepute
Tradisi ketemu hukum pasar, mau gimana lagi. Aceh, Mandailing Natal, dan beberapa tempat lain yang emang berkebiasaan makan daging sapi sebelum puasa ya mesti gitu.

Di Tangerang Selatan kemarin malam daging sapi level termurah masih Rp90.000/kg di Superindo. Orang Tangsel ga ada tradisi makan daging sapi sebelum puasa--

*orang Tangsel ga ada tradisi apapun kayaknya, lha bukan masyarakat tradisional
sebenernya sih jalur suppliernya udah penuh mafia. Pertanyaan aja sih, kenapa tiap mau menjelang bulan ramadhan, semua harga bahan pokok harus dinaikin?

Klo misal karena tradisi, itu kan hari pertama aja, kenapa hari2 berikutnya masih bertahan harganya?

menurut ane sih harus dibedakan antara pasokan sama harganya. klo pasokan kurang, bisa jadi salah supplier atau pemerintah.

klo harganya naik tanpa alasan ga jelas, lebih baik diselidikin dari jalur rantai pasokannya
Harganya turun tuh kalo dibanding th lalu --> kalo bayarnya sama2 pake dollar emoticon-Big Grin
pas natal daging murah
politiknya kristen ya kyak gitu emoticon-Big Grin
Diubah oleh emmanuel.macron
Ganti tempe gembus
emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L)
Di bulan yang katanya menahan hawa nafsu, kenapa segala harga kebutuhan naik, dan jumlah kebutuhan pangan meningkat?
emoticon-Malu
Quote:

hawa nafsu ditahan.. harga nafsu jadi naek gans..
:salam
jawaban khas rezim ini palingan

makanya nawar !!!
makanya ternak sapi sendiri di halaman rumah !!!!
makanya belajar masak bikin tempe rasa daging !!! banyakin royco sapi
makanya diet !!!
makanya kerja !!!!
Harga pakan ternak naik...

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/05/11/153717926/kurs-rupiah-melemah-harga-daging-dan-telur-ayam-melonjak

Ya semoga semakin mendekati lebaran tidak Naik terus lah...
Yang naik lebaran kemarin aja belum turun-turun padahal biasanya habis lebaran turun. Padahal "mafia" yang dituduh jadi penyebab kenaikan harga udah ditangkap, tapi harga kok masih tetep mahal.
ya biasa sih klo mau puasa gini..
kasian deh daging satunya. mau puasa mau bukan puasa. tetap tidak diminati emoticon-Big Grin
jarang makan daging sapiemoticon-Traveller
Jelang Ramadan, Harga Daging Sapi Dijual Rp140.000/Kg
makanya kalok beli itu nawar!
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di