alexa-tracking

KSP Cek Persiapan Arus Mudik Lebaran Pelabuhan Ketapang dan Tanjung Wangi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afbdff05c779894078b457a/ksp-cek-persiapan-arus-mudik-lebaran-pelabuhan-ketapang-dan-tanjung-wangi
KSP Cek Persiapan Arus Mudik Lebaran Pelabuhan Ketapang dan Tanjung Wangi
KSP Cek Persiapan Arus Mudik Lebaran Pelabuhan Ketapang dan Tanjung Wangi

JPP, BANYUWANGI - Program rutin Kedeputian I Bidang Pengelolaan dan Pengendalian Program Prioritas Nasional dan Kedeputian IV Bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP) adalah melakukan pemantauan persiapan arus mudik lebaran tahun 2018.

Salah satu wilayah yang dimonitoring antara lain Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Tanjung Wangi, Banyuwangi. Kedatangan KSP ke Banyuwangi pada Rabu-Kamis (9-10/5/2018) juga untuk melakukan monitoring capaian program pemerintah di bidang pariwisata.

Banyuwangi dikelilingi oleh selat-selat yang menghubungkan pulau-pulau di sekitarnya, termasuk Pulau Bali. Antara Banyuwangi dan Pulau Bali dapat ditempuh melalui selat Bali yang menghubungkan Pelabuhan Ketapang dan Pelabuhan Gilimanuk dalam waktu 40-an menit.

Jarak antara Pelabuhan Ketapang ke Gilimanuk sekitar 5,3 km melalui salah satu selat paling sibuk di dunia, yaitu Selat Bali.

Menurut General Manager PT. Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP) cabang Ketapang Elvi Yoza, waktu terpadat Pelabuhan Ketapang paling terasa pada 1 bulan menjelang Lebaran dan pada saat hari Raya Nyepi. “Di bulan-bulan lainnya, relatif sepi,” jelas Elvi.

Berdasarkan data PT. ASDP, peningkatan jumlah pemudik di Pelabuhan Gilimanuk bertambah hingga 20% dalam tiga tahun terakhir, khususnya pada puncak arus mudik Lebaran. Sedangkan jumlah penumpang di Pelabuhan Ketapang cenderung turun-naik (fluktuatif) dalam kurun waktu yang sama.

Penurunan juga terjadi di Pelabuhan bongkar-muat Tanjung Wangi dalam tiga tahun terakhir. “Penurunan disebabkan oleh karena kapal-kapal lebih banyak yang menurunkan barangnya di Surabaya dibandingkan disini,” tutur Adi Nurcahya, Manager SDM Umum dan Kesisteman PT Pelindo III cabang Tanjung Wangi.

Dalam mempersiapkan arus padat pra hingga pasca lebaran tahun 2018, pihak ASDP dan PT. Pelindo III telah menyiapkan sarana tambahan untuk mendukung kegiatan di pelabuhan. Persiapan tersebut berupa penambahan jumlah loket pada Pelabuhan Ketapang dan Gilimanuk, baik loket kendaraan roda empat, roda dua, hingga loket online.

Rencana pembangunan kanopi sepanjang jalan menuju tempat loading kapal juga diharapkan dapat dilaksanakan untuk melindungi penumpang dari terik matahari saat mengantri masuk ke dalam kapal. Sedangkan di Pelabuhan Tanjung Wangi persiapan mudik dilakukan dengan peningkatan fasilitas, seperti pelayanan pemanduan 24 jam, port security 24 jam, unit pemadam kebakaran dan CCTV sejumlah 10 buah.

Para pemudik juga dapat menikmati fasilitas pelabuhan seperti ruang tunggu, ruang menyusui, hingga kantin. Kendala yang masih mengganjal adalah kebatasan area kantung parkir di pelabuhan Ketapang. Terbatasnya lahan parkir yang berbatasan langsung dengan rumah warga membuat kantung parkir Pelabuhan Ketapang terbatas.

Saat ini, kantung parkir masih mampu menampung jumlah kendaraan pemudik meski sangat padat. Selain itu, Pelabuhan Ketapang juga sedang dalam proses pembangunan unit STC (Ship Traffic Control) yang lebih baik dengan tinggi 15 meter yang dapat mencangkup jarak pandang keseluruh bagian pelabuhan.

Pengoperasian STC baru sebelum arus mudik lebaran diharapkan dapat mengantisipasi keamanan selama arus mudik.

Kedeputian I dan Kedeputian IV KSP melalui program rutin monitoring ini dapat melihat persiapan arus mudik masing-masing pelabuhan dan mengantisipasi masalah-masalah yang mungkin terjadi. Tujuannya terutama untuk memberikan keamanan dan kenyamanan pada para pemudik.

Melalui koordinasi dengan semua stake holder. Diharapkan semua pelabuhan dapat melakukan antisipasi guna kelancaran arus mudik jalur laut pada lebaran tahun 2018. Team monitoring yang bertugas ke Banyuwangi antara lain Eddy Cahyono Sugiarto dan FX Rudy Gunawan. (ksp/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/24-nasional/321074...-tanjung-wangi

---

Kumpulan Berita Terkait :

- KSP Cek Persiapan Arus Mudik Lebaran Pelabuhan Ketapang dan Tanjung Wangi Pentingnya Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Dana Haji

- KSP Cek Persiapan Arus Mudik Lebaran Pelabuhan Ketapang dan Tanjung Wangi UKP PBM RI-Malaysia akan Matangkan Hasil Kunjungan ke Tanjung Datu

- KSP Cek Persiapan Arus Mudik Lebaran Pelabuhan Ketapang dan Tanjung Wangi Naik KRI Sembilang, Eddy Pratomo Tinjau Perbatasan RI-Malaysia di Tanjung Datu

×