alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Indef: Rupiah Terancam Naiknya Impor
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afbc7fddbd77047428b456f/indef-rupiah-terancam-naiknya-impor

Indef: Rupiah Terancam Naiknya Impor

TEMPO.CO, Jakarta - Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, memprediksi meningkatnya nilai impor akan membuat permintaan dolar naik signifikan. Akibatnya, rupiah diprediksi terus melanjutkan pelemahan hingga Juni mendatang. "Tentunya ini tidak sehat bagi perekonomian," ujar Bhima saat dihubungi Tempo, Selasa, 15 Mei 2018.
Badan Pusat Statistik atau BPS merilis neraca perdagangan pada April 2018 mengalami defisit US$ 1,63 miliar. Ekspor tercatat turun 7,19 persen menjadi US$ 14,47 miliar dari bulan sebelumnya, sementara impor naik 11,28 persen menjadi US$ 16,09 miliar dari Maret 2018. Defisit neraca perdagangan ini di luar ekspektasi. Sebab, pada bulan sebelumnya, neraca perdagangan tercatat membaik.
Menurut Bhima, defisit perdagangan terutama disebabkan karena impor migas sepanjang Januari-April 2018 membengkak US$ 9 miliar atau lebih tinggi US$ 700 juta dibanding periode yang sama tahun lalu. 


Impor minyak dan gas juga tumbuh 40,8 persen secara tahunan akibat efek kenaikan harga minyak mentah. "Tekanan impor juga berasal dari impor barang konsumsi yang tumbuh 25,8 persen dibanding bulan Maret. Hal ini sesuai dengan faktor musim menjelang bulan Ramadan," ucap Bhima.
Sementara itu, kata dia, kinerja ekspor nonmigas pada April 2018 juga anjlok cukup dalam, yakni -6,8 persen (month-to-month/mtm). Ekspor minyak sawit atau CPO juga anjlok -4,5 persen (mtm) serta besi baja anjlok -31,5 persen.
"Kinerja beberapa produk unggulan ekspor, terutama CPO tersebut, terhambat bea masuk dari India dan hambatan nontarif dari Eropa," tutur Bhima. Kondisi tersebut, Bhima melanjutkan, akan mendorong rupiah makin melemah hingga Lebaran pada Juni mendatang.


wahai rakyatku pilihlah aku kalau aku terpilih aku akan stop impor emoticon-Mewekemoticon-Turut Berduka
Urutan Terlama
mulai main ngancam nich emoticon-Matabelo
Indef: Rupiah Terancam Naiknya Impor


Indef: Rupiah Terancam Naiknya Impor


emoticon-2 Jempol emoticon-I Love Indonesia

Diubah oleh tgl.12.12.12
pengalihan isu teroris nih
dasar nasbung
nih kata si kowi emoticon-Big Grin

Indef: Rupiah Terancam Naiknya Impor
IMPOR. ????

dengar kata ini saya kok sedih ya !
Quote:


point yang 13. leher siapa yang dipotong tuh

gak ada yg ditepatin janjinya.. luar biasa
gini kalo tukang mebel jadi presiden
Quote:


sayang itu cuman mimpi nastaik bray emoticon-Turut Berduka





emoticon-Wkwkwkwk
Quote:


poin ke 10 kan memang udah benar dolar udah tembus 10rb bahkan 14rb
maksudnya poin 5
Diubah oleh pinkypatrick
percepatlah 2019 udah ngak sabaran ane emoticon-Wink
Quote:

berita palsu nih, jadi bahan colian nasbung

kata nastak biasanya sih gitu emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh Aa JaMbRoNg


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di