alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / Green Lifestyle /
[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam
5 stars - based on 9 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afbb174ddd7707c0f8b4568/coc-gl-7-alasan-keberadaan-taman-sangatlah-penting-bagi-kelestarian-alam

[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam

Biasanya apa tujuanmu pergi ke taman?

Poll ini sudah ditutup - 8 Voters

Lihat poll
Biasanya apa tujuanmu pergi ke taman?
Olahraga
25.00%
Kumpul bareng komunitas
12.50%
Bermain sama keluarga
0%
Meditasi atau Yoga
0%
Cari udara segar
50.00%
Pacaran
12.50%
Cuci mata
0%
[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam

Kita tentu pernah bermain di taman semasa kecil hingga dewasa 'kan? Biasanya kita menghabiskan waktu di sana untuk bermain, berolahraga, bercengkerama, atau sekadar untuk menghirup udara segar.

Kenangan semasa kecil banyak terbentuk di taman, baik itu taman bermain, taman kota, maupun kebun raya. Bagaimana pun juga, taman berperan penting membentuk lingkungan masyarakat yang sehat dan bahagia.


[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam

Berikut ini tujuh alasan mengapa taman penting bagi lingkungan kita, termasuk kota-kota di Indonesia perlu memperhatikan keberadaan taman-taman tersebut.

* * *


1. Penyerap Air Hujan

[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam


Lahan yang belum diaspal mampu menyerap air, keberadaan pohon dan rumput di sekelilingnya akan menambah daya serap air di daerah tersebut. Pohon dan rumput adalah metode yang jauh lebih efisien dan lebih murah daripada mengelola air hujan menggunakan selokan atau drainase yang terbuat dari beton.

[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam


Saat cuaca ekstrem meningkat, keberadaan taman tentu akan sangat membantu mengurangi risiko banjir.

2. Pusat Kegiatan Berbagai Komunitas

[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam


Taman menyediakan ruang bagi warga untuk berinteraksi satu sama lain bahkan bertemu dengan orang baru. Siapa pun bisa terlibat dalam kegiatan yang diselenggarakan di taman seperti piknik bersama, konser, bazaar, atau apapun sesuai kebutuhan komunitas.

Sayangnya, pengelolaan taman di ebebrapa daerah masih terbengkalai dan asal jadi, akibatnya sering disalahgunakan oleh segelintir pemuda-pemudi. Padahal, aktivitas remaja dapat disalurkan secara positif di taman.


3. Udara Bersih untuk Semua

[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam


Taman yang berisi beragam pohon mampu mengurangi polutan di udara. Polusi udara dapat meningkatkan risiko kanker dan tentunya berefek buruk terhadap kesehatan warga terutama anak-anak dan lansia.

Semakin banyak pohon berkembang biak dan dirawat di suatu daerah, semakin baik kualitas udara di daerah tersebut dan semakin rendah tingkat pencemarannya. BEgitupun sebaliknya.


4. Perawatan Kesehatan Mental

[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam


Paparan langsung ke alam dan interaksi kepada makhluk hidup tentu berdampak positif terhadap kesehatan mental seseorang. Itulah yang kadang luput dari pengamatan banyak orang, bahwa taman berperan penting untuk mengurangi stres dan meningkatkan taraf kebahagiaan.

Sebuah studi di Finlandia menemukan bahwa menghabiskan waktu sepuluh menit di taman atau area hutan kota bisa mengurangi stres secara nyata.


__________
[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam
__________

5. Tempat Berolahraga

[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam


Kalian mungkin pernah mendengar bahwa banyak masalah yang disebabkan akibat kurangnya aktivitas fisik. Gaya hidup malas-malasan ditambah pola makan yang tidak sehat rentan akan obesitas, yang dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan termasuk diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

Taman membuat lingkungan lebih menyenangkan untuk dilalui karena menyediakan ruang untuk olahraga. Keberadaan jalur jogging, lapangan bola, serta fasilitas olahraga lainnya tentu akan merangsang masyarakat untuk lebih aktif.

Manfaat taman kian terasa terutama bagi keluarga berpenghasilan rendah yang belum mampu membayar keanggotaan gym atau kelas olahraga.


6. Tempat Beraktivitas Anak di Luar Rumah

[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam


Berada di luar dan bermain di alam sangat penting untuk perkembangan anak-anak yang sehat. Belajar bermain di alam meningkatkan koordinasi mata, tangan, dan kaki. Waktu yang teratur di alam juga meningkatkan kemampuan anak untuk belajar, mengurangi gejala ADHD, dan melatih otak untuk fokus lebih baik. Anak-anak yang menghabiskan banyak waktu di alam juga mengalami stabilitas emosi yang lebih baik dan meningkatkan kesehatan mental.

[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam

Taman juga memberikan peluang besar bagi orangtua untuk menjalin ikatan dengan anak-anak, dan bagi anak-anak untuk mendapatkan teman baru di lingkungan sekitar. Anak pun dapat diajarkan untuk menghargai keberadaan alam di sekitarnya.

[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam

7. Tempat Terjaganya Ekosistem Alami

[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam


Kebutuhan akan taman yang lebih baik apabila bukan hanya tentang manusianya. Setiap taman memiliki ekosistem sendiri. Mereka menyediakan habitat alami bagi banyak hewan yang berbeda. Seiring pertumbuhan kota, semakin banyak hewan ini menemukan diri mereka tanpa rumah.

Membangun jaringan taman yang sehat di ialah salah satu cara utama manusia melindungi kelestarian ekosistem alami. Ini juga membuat taman tempat yang bagus untuk mengajar anak-anak tentang lingkungan dan pentingnya melestarikan ekosistem alami.


* * *

[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam

Masih berpikir ulang ketika ingin mengunjungi taman di daerahmu? Jangan ragu! Yuk hidupkan taman dengan berbagai kegiatan bermanfaat, yang menyehatkan lagi membahagiakan.

[COC GL] 7 Alasan Keberadaan Taman Sangatlah Penting Bagi Kelestarian Alam

Diubah oleh nanairo
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Pesan tempat untuk komen kaskuser
Di tempat gue taman malah disalahgunakan sama abg-abg bejat (Di dekat Bekasi).
Taman Menteng juaranya tmepat buat komunitas, sama taman Langsat.
Quote:

Quote:


Makasi hya sudah mampir di thread-ku emoticon-heart
wah aku dah mampir nih makasih lo yah . smoga menang emoticon-Cendol Gan
Quote:


Terima kasih sudah mampir ya. emoticon-Cendol Gan
Klo Ts udh pnya taman ga drmhnya...
Btw nice trit
Quote:


Adanya semak-semak aja sama pohon bambu + mangga. emoticon-Big Grin
Quote:


Sayang bgt tanah kosongnya ga manfaatin emoticon-Hammer2
Quote:


Tanah kosong kan gak bisa smebarangan dipakai karena bkan aku yang punya rumah dan lahannya. emoticon-Smilie
nice thread gan.. sundul dulu emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Cendol (S)
Quote:


Terima kasih sudah bantu sundul ya.
Semoga lekas HT ya
Quote:


Aamin, semoga segera dilirik oleh officer untuk di-HT-kan. emoticon-Embarrassment
Slamat ya dah jd ht emoticon-Keep Posting Gan
Balasan post goentoro45
Quote:


Belum jadi hate, bang.
Quote:


Udh kq tp hate dihati akyu emoticon-Malu (S)
Ibu kota di pulau Jawa kayak Semarang, Surabaya, Bandung walikotanya pada rajin bangun taman gan emoticon-Jempol emoticon-Coblos


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di