alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
KPU Jawa Barat Akan Beri Teguran Tertulis ke Sudrajat-Syaikhu
5 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afb70e7dad77066228b4583/kpu-jawa-barat-akan-beri-teguran-tertulis-ke-sudrajat-syaikhu

KPU Jawa Barat Akan Beri Teguran Tertulis ke Sudrajat-Syaikhu

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat akan memberi teguran tertulis kepada pasangan calon gubernur dan wakil gubernur nomor urut tiga Sudrajat-Ahmad Syaikhu.

Teguran dilayangkan kepada Sudrajat-Syaikhu, karena terbukti melakukan pelanggaran administrasi saat debat publik putaran kedua Pilkada 2018 Jawa Barat, Senin (14/5/2018) malam. 

Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat berkata, teguran tertulis akan disampaikan Rabu (16/5/2018).

"Kami sudah putuskan bahwa paslon nomor 3 lakukan pelanggaran terhadap prosedur dan tata cara debat. Jadi kami membatasi diri [memberi sanksi] pada soal itu," kata Yayat melalui sambungan telepon kepada wartawan, Selasa (15/5/2018).

Sanksi bagi Sudrajat-Syaikhu muncul karena mereka menimbulkan kericuhan di penghujung debat publik kedua Pilkada 2018 Jawa Barat. Keributan timbul setelah mereka menyebut slogan "2019 Ganti Presiden" pada sesi penutup.

Pasangan yang diusung Gerindra, PKS, dan PAN itu juga membawa sebuah kaus ke atas panggung. Baju bertuliskan "2018 ASYIK MENANG 2019 GANTI PRESIDEN" itu dibentangkan usai mereka menyampaikan pernyataan terakhir.

Menurut Yayat, KPU Jawa Barat telah melarang semua kandidat membawa atribut atau alat peraga kampanye (APK) yang bersifat provokatif ke arena debat. Larangan itu diklaimnya kerap disampaikan ke empat pasangan calon di Pilkada Jawa Barat.

Sudrajat-Syaikhu disebut melakukan dua pelanggaran. Pertama, mereka membawa alat peraga ke arena debat. Kedua, pasangan itu menyampaikan pernyataan yang tak sesuai tema debat publik.

"Soal [dugaan pelanggaran] kampanye nanti menjadi ranah Bawaslu. Jadi kami mengambil keputusan ini pada konteks prosedur debat kandidat," kata Yayat.

KPU Jawa Barat membantah tudingan bahwa mereka lalai sehingga pasangan Sudrajat-Syaikhu dapat membawa dan membentangkan kaus di atas panggung debat. Akan tetapi, Yayat mengakui bahwa pihaknya kecolongan saat insiden terjadi.

Pimpinan Bawaslu Jawa Barat Yusuf Kurnia telah menyatakan bahwa, pihaknya juga akan menilai apakah tindakan Sudrajat-Syaikhu melanggar aturan kampanye atau tidak.

"UU Pilkada dan aturan teknisnya itu kan [mengatur] pelanggaran itu ada beberapa jenisnya, sanksinya juga demikian. Karena debat masuk wilayah kampanye, ada larangan di Pasal 69 UU Pilkada, salah satunya tak boleh menghasut, mengadu domba. Apakah kemudian peristiwa ini memenuhi unsur itu atau tidak nanti harus dikaji dulu," ujar Yusuf kepada Tirto.

Ada 11 larangan dalam kampanye yang diatur dalam Pasal 69 UU Pilkada. Salah satu larangan, seperti disebutkan Yusuf, adalah "melakukan kampanye berupa menghasut, memfitnah, mengadu domba Partai Politik, perseorangan, dan/atau kelompok masyarakat."

Berdasarkan beleid itu, sanksi pidana penjara 3-18 bulan dan/atau denda Rp600 ribu hingga Rp6 juta dapat dikenakan pada pelanggar. Aturan itu tertulis di Pasal 187 ayat (2) UU Pilkada.

"Kalau pelanggaran administrasi maka Bawaslu Jawa Barat akan [...] mengeluarkan rekomendasi kepada KPU untuk memberikan teguran terhadap yang melakukan pelanggaran. Kalau ada unsur pidana, prosesnya di kepolisian dan jaksa, Sentra Gakkumdu [Penegakkan Hukum Terpadu]," ujar Yusuf.


Tenang, baru teguran kok~

Diubah oleh maievkatze
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 4
lah orang gublok kaya gini bisa jadi paslon gubernur

3 Cagub Minta Sudrajat-Syaikhu Ditegur soal Kaus #2019GantiPresiden
sumur

Hal ini juga ditanggapi oleh cagub Jawa Barat Ridwan Kamil dan Deddy Mizwar. Deddy mengatakan tindakan yang dilakukan oleh pasangan Sudrajat-Syaikhu tidak pas karena momen tadi adalah momen debat pilgub, bukan pilpres.

"Sebetulnya nggak perlu hal begitu ini kan kecuali nggak hadir para pendukung karena kan berbeda hubungannya apa pilgub dengan pilpres. Tapi ini sebuah kecelakaan dan ya sudahlah, lain kali nggak perlu ada itu lagi. Saya kira Bawaslu harus juga meneliti soal ini. Kalau perlu, dia ditegur. Kalau itu sudah keluar dari aturan main, ya ditegur," kata Deddy.

Hal senada juga dikatakan Ridwan Kamil, ia mengatakan seharusnya pasangan nomor urut tiga tersebut bijaksana, tidak mencampur adukan antara Pilgub Jawa Barat dengan Pilpres 2019 yang akan datang.

"Seharusnya kita bijaksanalah ya, setiap apa yang di luar perjanjian pasti akan menimbulkan riak-riak. Perjanjiannya tidak ada hubungan dengan urusan Pilpres dan lain-lain. Kita fokus Pilgub Jabar, saya menyesalkan mudah-mudahan nggak terulang lagi. Kita serahkan ke KPU dan Bawaslu tidak usah emosi. Apapun yang dianggap tidak sesuai perjanjian, ada Bawaslu dan KPU," ucapnya.






Ricuh Debat Pilgub, Pasangan Asyik Dilaporkan ke Bawaslu
sumur

"Kami melaporkan pasangan calon nomor urut 3 terkait dengan kejadian debat di Depok. Kami melihat ada pelanggaran serius karena tadi malam debat cagub (calon gubernur), bukan pilpres (pemilihan presiden)," ujar Rafael, setelah melakukan pelaporan.

Sementara itu, anggora tim pemenangan Hasanah, Dwiputro Ariswibowo, membeberkan, ada sejumlah pelanggaran yang dilakukan pasangan Asyik. Yakni, Pasal 69 huruf e, Pasal 72, Pasal 187 Ayat (2) dan (4) Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah.

"Debat tadi malam adalah tahapan kampanye, dan kami resmi melaporkan pasangan nomor urut 3," kata Dwiputro.

Sebelumnya, debat publik cagub Jabar di Balairung Kampus Universitas Indonesia (UI), Depok, Senin malam, sempat diwarnai kericuhan. Kericuhan yang berasal dari para pendukung terjadi setelah pernyataan penutup pasangan calon gubernur Sudrajat dan Syaikhu (Asyik) yang diusung Gerindra-PKS.







bikin ricuh bangga??








emoticon-I Love Indonesia (S) emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh mudah dihafal
Ditegur doang kok

Selow besok gitu lagi aja lalalala
Kader persilangan sapi x kuda,
gak heran...
KPU Jawa Barat membantah tudingan bahwa mereka lalai sehingga pasangan Sudrajat-Syaikhu dapat membawa dan membentangkan kaus di atas panggung debat. Akan tetapi, Yayat mengakui bahwa pihaknya kecolongan saat insiden terjadi.


Bukan lalai, tapi kecolongan emoticon-Big Grin
Asyik kata kata baruu
pks gerindrong kagak ada obatnye emoticon-Takut (S)
Gerombolan prabocor ini selalu main curang dan culas. Memalukan sekali. Segala cara dihalalkan. Berbahaya sekali bila sampai berkuasa.
Lah bukannya kata zonk itu briliant emoticon-Leh Uga
Jadi nih...#2019 pks bubar
Kalo kata nasbung pemujanya dimari sih gak melanggar kok emoticon-Traveller
parah sih, ga sesuai tempatnya , dan jelas jelas sengaja, ga punya harapan menang terus sengaja bikin heboh. kalo ga dihukum di lakuin lagi, kalo di hukum langsung teriak dizolimi
kalo kalah pilgub, kan kocak gara2 # haha
PeKaeS mah ga perlu diragukan lagi tololnya...
#TololkeDNA emoticon-Wakaka
cuma teguran tertulis? harusnya paslon ini didiskualifikasi atau istilahnya DITENDANG dari kontestasi emoticon-Cool
bikin rusuh aja
Quote:


Tenang gan.. apapun kata pemujanya.. pks dan gerindra bakal merana di pemilu jabar.. emoticon-Big Grin

Sarang nasbung sudah fix di DKI.. emoticon-Metal
Diubah oleh khayalan
Mestinya pas kejadian itu langsung ditegur dan disetop, bukan setelah rame baru ngeluarkan teguran tertulis.

Diliat dari manapun sangat tidak pantas dan etis, padahal kubu oposisi selama ini selalu teriak-teriak santun santun santun kan?

Pilpres aja belum dimulai, uda keburu nafsu ngomong "ganti presiden".

Padahal nanti kalo terpilih sebelum pilpres, bukankah otomatis menjadi anakbuah presiden?
demokrasi kok kelojotan rejim ini emoticon-Wakaka
Sapi dan kuda kalo dicalonin jadi gubernur ya gini lah kelakuannya. Govlog tiada terkira 😅

Atau bisa jadi dah pesimis gak bakal menang lawan paslon yg lain. Jadi misi dirubah jadi timses kampanye pilpres kubu sebelah 😅
tegoran doang ga cukup lah
pasti kumat lagi
eliminasi aja biar tau rasa
emoticon-Wakaka yang begitu mau jadi gubernur, goblok aja yang milih
Halaman 1 dari 4


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di