alexa-tracking

Bulog sebut stok beras aman untuk 6 bulan, kok pemerintah tambah impor 500.000 ton?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afb6957e05227e17e8b456f/bulog-sebut-stok-beras-aman-untuk-6-bulan-kok-pemerintah-tambah-impor-500000-ton
Bulog sebut stok beras aman untuk 6 bulan, kok pemerintah tambah impor 500.000 ton?
Bulog sebut stok beras aman untuk 6 bulan, kok pemerintah tambah impor 500.000 ton?

Merdeka.com - Perum Bulog kembali menegaskan bahwa stok beras nasional sangat aman menghadapi Ramadan dan Lebaran 2018. Stok beras yang berada di gudang Bulog saat ini tercatat melebihi 1 juta ton, yakni sekitar 1,2 juta ton.

Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Karyawan Gunarso menyampaikan, jumlah stok beras yang mereka kelola senantiasa berubah secara jumlah, dari waktu ke waktu.

"Stok Bulog itu kan ada dua, yang cadangan beras pemerintah (CBP) dan beras komersil. Itu jumlahnya tidak diam, setiap jam terus bergerak. Pengadaan serapan lokal bergerak," tutur dia di Kemenkominfo, Jakarta, Jumat (11/5).

Karyawan menegaskan, ketersediaan beras saat ini terhitung cukup, bahkan berlebih untuk Bulan Ramadan nanti, dan bisa menyanggupi kebutuhan beras nasional hingga enam bulan ke depan.

Dari data yang dihimpun Liputan6.com di situs bulog.co.id, jumlah cadangan beras yang mereka kelola per 8 Mei 2018 masih berjumlah di bawah 1,2 juta ton, yakni sekitar 1,09 juta ton.

"Rapat Koordinasi Nasional Februari 2018 memutuskan bahwa Perum Bulog harus memiliki cadangan beras pemerintah antara 1-1,5 juta ton. Begitu 1,5 juta ton tercapai, itu sudah sangat maksimal," ucapnya.

Perum Bulog saat ini memiliki sebanyak 1.553 gudang, dengan 133 di antaranya merupakan Gudang Daerah Terpencil (GDT). Keseluruhan gudang itu memiliki kapasitas daya tampung beras mencapai 4 juta ton.

Namun demikian, pemerintah Jokowi-JK kembali memutuskan untuk menambah impor beras sebanyak 500.000 ton.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membenarkan adanya tambahan importasi beras sebanyak 500.000 ton yang didatangkan dari Vietnam dan Thailand, yang diputuskan dalam Rapat Koordinasi di Kantor Menteri Koordinator Perekonomian.

Hal ini sebelumnya diberitakan pada laman The Voice Of Vietnam Online (vov.vn), yang menyebutkan bahwa Perum Bulog telah menandatangani kontrak untuk melakukan pembelian beras sebanyak 300.000 ribu ton dari Vietnam dan 200.000 dari Thailand.

"Iya, betul. Itu pemasukan April hingga Juli 2018," kata Enggar di Jakarta, dikutip Antara, Senin (14/5).

Dalam berita yang berjudul "Import Demand Continues Boosting Vietnam's Rice Export" tersebut, dinyatakan bahwa importasi tersebut merupakan yang kali ketiga sejak 2018. Chairman Asosiasi Makanan Vietnam (VFA) Nguyen Ngoc Nam membenarkan laporan itu.

Nguyen menyatakan bahwa Perum Bulog telah mengundang The Vietnam Northern Food Corporation dan The Vietnam Southern Food Corporation untuk menyuplai beras itu. Kontrak tesebut akan direalisasikan pada periode April hingga Juli 2018.

"Itu keputusan rakor, bukan keputusan saya. Kemudian Bulog yang melaksanakan. Ini untuk menambah cadangan beras pemerintah setidaknya hingga tahun depan. Jika tidak ada impor sejak awal, maka kita akan defisit," imbuhnya.

Sebelumnya, pada awal tahun 2018, pemerintah juga telah memutuskan untuk mengimpor beras dari Vietnam dan Thailand sebanyak 500.000 ton untuk memperkuat stok pemerintah dan menekan harga komoditas tersebut yang pada saat itu mencapai Rp 13.000 per kilogram Stok Perum Bulog pada 14 Mei 2018 tercatat sebanyak 1.262.782 ton.

Sebanyak 453.787 ton merupakan beras asal impor dan stok komersial sebanyak 106.186 ton. Sementara sisanya merupakan hasil dari serapan Perum Bulog sejak awal 2018

https://www.merdeka.com/uang/bulog-sebut-stok-beras-aman-untuk-6-bulan-kok-pemerintah-tambah-impor-500000-ton.html



Kalau tidak muncul berita di "Saigon Times" 2/4/2018, mungkin publik disini tidak tahu bahwa ada tambahan IMPOR BERAS dari Vietnam 500ribu ton (transaksi ketiga sepanjang 2018). Menjadikan total impor beras Negara swasembada ini capai 1 juta ton!

Gara2 si zonk dan fahri, pakde jdi gak bisa berbuat apa2 emoticon-Bata (S).. Mari kita sedih ntak emoticon-Imlek
Bulog sebut stok beras aman untuk 6 bulan, kok pemerintah tambah impor 500.000 ton?
teroris makan beras jg kale sebelum meleduk
Komen ts bikin nastaik yg goblok jadi makin goblok dan cuma bisa planga plongo baca ini berita emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
yah kena deh
gara-gara saigon sihemoticon-Betty
Bulog sebut stok beras aman untuk 6 bulan, kok pemerintah tambah impor 500.000 ton?
bisa jadi berapa sachet tuh beras
komisinya yg impor kemarin bikin nagih..
Mungkin yg saigon blom ditatar soal hoax membangun..
Quote:


coba bawa bukti teroris sekarang udah gak makan nasi emoticon-Big Grin
Udah tak, daripada kebingungan ngeles,
Niru ngelesnya majkan aja,
Negara lain juga impor,
emoticon-Stick Out Tongue
sedih ga gan ...?
mungkin utk operasi pasar kalo harga melonjak emoticon-Entahlah
Waduuuh....
Sedih bingit liat impor meroket...
Petani mati di negeri sendiri
emoticon-Turut Berduka
Quote:


Stok yang ada aman untuk menghadapi Ramadhan dan Lebaran 2018, dan cukup sampai 6 bulan ke depan
Impor utk menjaga harga dan untuk stok tahun depan
Kondisi cuaca Indonesia masih belum stabil, bisa jadi kejadian gagal panen karena kemarau panjang atau hujan lebat

Pemerintah itu bukan kayak TS yang baru sibuk ngebikin kloset pas mau berak
kalo beras mahal harusnya tanem sendiri bukan impor
Nyari saweran bray buat THR
Kasian penjbhataa yg punya simpenan d apartemen klo simpenan gk d kash duit THR
salah wowo, zonky dan pahri hamjah ini...
emoticon-Big Grin
Quote:


Ga bisa, pokoknya jokowi salah, pokoknya 2019 ganti presiden emoticon-Kagets











emoticon-Traveller
gilaaaaaaaaaaa
Quote:


Kalo beras mahal harusnya di tawar.. emoticon-Mad
Terkadang bingung liat nasbung..beras mahal gonggong kaya anjing kelaperan,beras murah stok banyak gonggong jg kayak anjing kejepit emoticon-Cape d...