alexa-tracking

Suka Ngerawat Motor Sendiri? Baca Tipsnya Disini Gan!

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afb081d32e2e639738b4567/suka-ngerawat-motor-sendiri-baca-tipsnya-disini-gan
Suka Ngerawat Motor Sendiri? Baca Tipsnya Disini Gan!
Hi Agan & Sista,


Gaada dari kita yang pasti gakenal sama yang namanya motor. Kendaraan roda dua ini emang udah jadi pilihan transportasi buat banyak orang. Alasan utamanya gak lain karena dinilai mudah digunakan, dan juga harga yang ditawarkan untuk mendapatkan motor saat ini emang bisa dibilang terjangkau banget.


Makanya gaheran gan keberadaan dari motor hingga saat malah makin eksis dan tak lekang dimakan zaman. Bahkan kalo ngomongin soal desain dan typenya saat ini  udah sangat beragam. Agan bisa nemuin mulai dari classic hingga yang paling canggih sekalipun. 


Dan, kalo ngomongin soal motor pasti gabakal lupa ngomongin soal cara ngerawatnya. Karena layaknya sebuah barang, sebagus apapun itu kalo gak dirawat bakal jadi sia-sia aja, setuju kan gan? Sebenarnya, cara ngerawat motor ini sendiri bisa dibilang gampang-gampang loh.


Dan, disini ane mau sharing sedikit tentang beberapa cara untuk ngerawat motor sendiri yang biasa ane terapin. Ada apa aja sih kira-kira?


Cekidot dulu deh, gan! emoticon-Big Grin


Suka Ngerawat Motor Sendiri? Baca Tipsnya Disini Gan!


1. Panaskan motor setiap hari


Masih banyak dari kita (termasuk ane dulu) yang jarang memanaskan motor ketika ingin beraktivitas sehari-hari. Padahal memanaskan motor ini punya peran penting untuk menjaga mesin motor tetap awet dan tarikannya menjadi enteng saat digunakan untuk berkendara.

 

Suka Ngerawat Motor Sendiri? Baca Tipsnya Disini Gan!


Mudah banget! Ya, emang cara ngerawat motor yang satu ini emang gampang banget tapi masih sering dilupain sama banyak orang (termasuk ane gan dulu). Dan cara itu adalah memanaskan motor. Memanaskan motor ini ternyata adalah cara mudah untuk langkah awal ngerawat motor?


Kenapa demikian? Karena siapa sangka kalo memanaskan motor ini bisa bermanfaat untuk motor yang agan gunakan. Pertama, membantu pelumasan oli di seluruh bagian mesin tetap berjalan lancar. Efek dari pelumasan yang baik bisa berdampak pada performa motor agan yang tetap prima saat digunakan.


Sering memanaskan motor juga merawat aki motor agan jadi tetap awet. Cara memanaskan motor bisa dibilang simple banget, agan cukup menggunakan kick starter/engkol ataupun dengan electric starter. Biasanya agan disarankan memanaskan 5-10 menit setiap harinya sebelum beraktivitas.


Suka Ngerawat Motor Sendiri? Baca Tipsnya Disini Gan!


2. Mengganti oli tepat waktu


Salah satu cara lain untuk ngerawat motor adalah dengan rutin mengganti olinya. Oli sendiri emang gabisa dilepas dari yang namanya motor, cairan pelumas yang satu ini punya fungsi yang bermacam-macam dan pastinya penting banget untuk motor yang agan gunain sehari – hari.


Mulai dari menjaga mesin motor tidak cepet panas, membuat bahan bakar jadi lebih irit sampe mengurangi gesekan antar komponen didalam mesin itu semua adalah fungsi dari oli. Meskipun penting banget fungsinya, nyatanya masih banyak orang yang bingung tentang waktu yang pas untuk mengganti oli.


Suka Ngerawat Motor Sendiri? Baca Tipsnya Disini Gan!

 

Umumnya sih, waktu yang disarankan untuk mengganti oli motor saat jarak tempuh motor sudah mencapai 30.000 km atau kurang lebih 1,5 hingga 2 bulan pemakaian. Tapi, agan juga mesti tau kalo disesuaikan dengan pemakaian agan untuk aktivitas sehari-harinya. Untuk mengganti oli sendiri agan bisa melakukannya sendiri.


Atau agan bisa juga ke bengkel resmi untuk diganti dengan tenaga yang emang ahli. Ngomongin soal oli, pemilihannya juga gaboleh sembarangan loh. Karena akan berpengaruh banget sama performa motor yang digunakan kalo memilih oli yang emang ga sesuai dengan spesifikasi motor agan.


Kalo ane sih biasanya pake Eni Oil i-Ride 4T Matic (dulunya dikenal dengan nama Agip), karena punya pengaruh yang signifikan dan cocok banget buat motor ane. Mesin motor ane jadi gak cepet panas, bahan bakarnya juga tetap irit dan tarikan juga tetap enteng saat berkendara di segala cuaca.


Suka Ngerawat Motor Sendiri? Baca Tipsnya Disini Gan!


3. Merawat aki

Kalo ngomongin soal merawat motor pasti gabisa ngelupain sama yang namanya merawat aki. Aki sendiri komponen penting untuk menjaga fungsi kelistrikan pada motor. Jangan main-main loh! Kalo aki sudah mulai gak berfungsi biasanya beberapa fungsi bakal mengalami kendala bahkan bisa sampe mati total.


Suka Ngerawat Motor Sendiri? Baca Tipsnya Disini Gan!

 

Merawat aki sebenarnya cukup gampang, dengan rajin memberikan air aki jika sudah mau habis dari pemakaian dari jangka waktu tertentu. Bahkan saat ini, oli juga sudah ada dengan jenis yang kering jadi agan gaperlu lagi bingung buat rajin ngecek apakah air aki sudah harus diisi ulang kembali.


Salah satu cara yang sangat mudah buat dilakuin untuk menjaga aki tetap awet adalah dengan memanaskan motor sehari-hari menggunakan engkol atau kick starter, karena siapa sangka hal simple ini bisa ngejaga aki motor agan loh. Usahakan mengguunakan electric starter pada saart keadaan yang darurat saja.


Suka Ngerawat Motor Sendiri? Baca Tipsnya Disini Gan!


4. Biasakan servis berkala

Hal yang satu ini bisa dibilang yang paling mudah tapi juga yang paling sering dilupain sama kita semua. Merawat motor agan yang paling mudah adalah dengan rajin membawanya servis berkala dalam beberapa waktu tertentu. Karena dengan lakuin hal ini, agan bisa ngedeteksi apa aja gangguan yang pada mesin motor.


Ini juga bisa salah satu langkah dini untuk menjaga sebelum kerusakan yang terjadi menjadi lebih besar. Lewat servis berkala sendiri agan juga bisa tau kapan kira-kira waktu pas untuk mengganti beberapa komponen di dalam motor yang sudah tidak berfungsi dengan baik. 

 

Suka Ngerawat Motor Sendiri? Baca Tipsnya Disini Gan!


Karena sebagaimana kita ketahui ada beberapa komponen di dalam motor yang harus diganti karena pemakaian di jangka waktu tertentu contohnya rantai motor, kanvas rem, hingga filter udara. Dan lewat servis berkala ini, seluruh komponen didalam mesin agan dibersihkan.


Tujuannya gak lain untuk menjaga performanya tetap enteng seperti semula agan membelinya gan. Oh iya nih, utamakan melakukan servis berkala di bengkel resmi, supaya agan juga bener-bener puas karena sparepart yang diganti memang asli bawaan dari produsen motor yang agan gunakan.


Suka Ngerawat Motor Sendiri? Baca Tipsnya Disini Gan!


4 hal diatas tadi adalah beberapa cara untuk merawat motor agan. Kalo dari agan sendiri, tau cara lain untuk merawat motor sendiri? Boleh banget nih, share pengalamannya di komentar ya!

emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir emoticon-Ngacir

image-url-apps
Jgn lupa isi bensin emoticon-Leh Uga
image-url-apps
kenapa ada sales oli di kaskus? emoticon-Bingung
KASKUS Ads
image-url-apps
motor jaman skrng kek nya udh ga perlu di panasin ya
#cmiiw emoticon-Embarrassment
image-url-apps
Quote:


Apalagi bensin pertamax emoticon-Leh Uga
motor itu ibarat pacar bray
selalu setia menemani kemana2
bedanya meski ditunggangi terus tapi ga hamil emoticon-Cool
image-url-apps
mau panas mau dingin motor ane tetap enak dipakai
×