alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PDIP Nilai Definisi Terorisme Batasi Ruang Gerak Aparat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afaec1a947868f15c8b4569/pdip-nilai-definisi-terorisme-batasi-ruang-gerak-aparat

PDIP Nilai Definisi Terorisme Batasi Ruang Gerak Aparat

PDIP Nilai Definisi Terorisme Batasi Ruang Gerak Aparat

 
Jakarta: Anggota Pansus RUU Terorisme Fraksi PDIP Risa Mariska tak sepakat dimasukannya definisi terorisme didalam revisi undang-undang terorisme. Definisi terorisme dikhawatirkan membatasi ruang gerak aparat keamanan.

"Kalau perbuatan itu tidak memenuhi unsur yang ada di dalam definisi ini tentu akan dilepaskan. Ini akan mempersempit ruang gerak dari aparat penegak hukum dalam melaksanakan tugasnya memberantas terorisme itu yang jadi masalah," kata Risa di Kompleks Senayan, Jakarta Pusat, Senin 14 Mei 2018.

Atas dasar itu, Fraksi PDIP menolak dimasukannya pasal definisi terorisme dalam RUU Terorisme. Definisi tersebut dinilai sudah dijelaskan di pasal 6 dan 7 undang-undang sebelumnya, UU nomor 15 tahun 2015.

Ia menilai subtansi undang-undang terorisme ini bukan pada tegas atau tidaknya UU tersebut. Namun, yang terpenting bagaimana membokar jaringan sel terorisme.

"Kalau soal ketegasan penindakan sebenarnya ini bukan tegas atau tidak tegas tapi bagaimana membongkar jaringan sel-sel teroris yang tersebar. Karena semakin hari semakin banyak," tutur Risa.

Sementara Ketua Pansus RUU Terorisme Muhammad Syafii  kokoh mengatakan bahwa pemerintah harus memasukkan definisi terorisme dalam rancangan draf revisi undang-undang terorisme. Hal itu bertujuan agar pemerintah memiliki logika hukum yang kuat menetapkan seseorang sebagai teroris. 

"Pemerintah tiba-tiba tidak setuju ada definisi. Kita kemudian tetap bertahan karena tidak ada logikanya. Kita persoalkan terorisme padahal kita tidak tahu terorisme siapa," kata Syafii.

https://www.medcom.id/nasional/polit...g-gerak-aparat
Diubah oleh firno99
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
Saling menghambat, semuanya sama aja. Di kaskus pada nyalahin Gerindra, padahal diam diam PKS PDIP dan Nasdem bersekutu main mata juga menghambat ruu terorisme. Masalahnya adalah mendefinisikan ulang terorisme.
Quote:


Bagaimana maksud agan PDIP menghambatnya gan?

Justru definisi terrorist yg dibuat2 oleh Pansus yg diketuai oleh Gerindra itu yg dapat menghambat gerak2 polisi menangkap para teroris sebelum melakukan aksinya.

Santoso aja dibilang pahlawan sama ketua Pansus dari Gerindra itu.

Polisi Kecewa DPR Sebut Santoso Pahlawan dan Cap Polisi Teroris
https://www.suara.com/news/2016/07/2...polisi-teroris
Ya harus ada definisi lah..
Jika gak ada definisi yg jelas nanti undang2nya bisa jadi pasal karet..macam pasal subversif dulu
Buruk muka cermin dibanting ini mah, ini emang partai isinya selaras semua
Quote:


Masalahnya definisi yg dibuat oleh ketua pansus dari Gerindra itu dapat menghambat gerak2 Densus melakukan tangkap tangan sebelum teroris2 itu beraksi gan, ya mosok tunggu ngebom dulu baru boleh ditangkap?

Santoso aja dianggap pahlawan sama dia.

Polisi Kecewa DPR Sebut Santoso Pahlawan dan Cap Polisi Teroris
https://www.suara.com/news/2016/07/2...polisi-teroris
Diubah oleh firno99
Trik b*ngsat dari pendukung teroris dgn memasukkan defenisi teroris membuat pemerintah dilema , disahkan malah mempersempit polri menindak. gak disahkan polri butuh beberapa poin di dlm ruu. Anggota dpr b*ngsat berusaha mendukung teroris secara halus. Solusinya perppu, tapi bisa dijadikan alat politik oleh lawan pemerintah. Politikus b*ngsat , terorisme pun dimanfaatkan
Diubah oleh re.eitan2
Quote:


Sudahlah, kalau mau aku babarin jadi panjang lagi. Aku cukup tau cara kerja kalian di kaskus. Kasian moderator kerja keras buat membanned kamu kamu sekalian. emoticon-Cape d...
Quote:


Jangan ngeles tak semua tahu polisi dijadiin centengnya si plonga-plongo. Mana sempet die ngejar teroris. emoticon-Hammer (S)
Quote:


ya babarin lah, berani nuduh tapi gak berani ngejelasin.

Ini forum terbuka toh.
Quote:


Lha..kalau si ketua pansus aja yg gak setuju kan bisa ada voting. Yg mayoritas di pansus itu dari partai mana?
Tapi definisi teroris itu memang harus jelas ada.
Quote:


Klo ga didefinisikan apa itu teroris, bagaimana bs tau itu kejahatan biasa ato kejahatan teroris?
FPI razia warung. Itu teroris bukan?
Geng motor yang jd begal. Itu teroris bukan?
OPM yang menyandra masyarakat. Itu teroris bukan?
Quote:


Coba definisinya menurut si ketua Pansus itu bagaimana? kok bisa dianggap dapat menghambat pergerakan densus untuk melakukan aksi tangkap tangan sebelum si teroris melakukan aksinya.
Quote:


Coba definisinya menurut si ketua Pansus itu bagaimana? kok bisa dianggap dapat menghambat pergerakan densus untuk melakukan aksi tangkap tangan sebelum si teroris melakukan aksinya

Udah sering dulu2 bro dari zaman SBY juga polisi malah digeber sama DPR dari fraksi Gerindra, PKS, PAN gara2 nangkep teroris sebelum melakukan aksinya,.
Diubah oleh firno99
Quote:


yup, harus jelas defenisinya jgn malah ntar jd pasal karet buat nyerang lawan politik

di negara kita udah banyak pasal karet
contoh pasal pencemaran nama baik, dah berkali-kali makan korban
kasus prita dll
Quote:


Mana gw tau..
Bukan gw yg bilang ketua pansus menghambat aksi tangkap teroris.
gw bilang apa.. jebakan batman oleh gerindra kan?

sekarang kalo mau disahkan jadi susah

gerindra anjing !!!
Quote:


Ya terus ngapain ente ngebelain tuh fraksi dari oposisi yg pengen ada definisi tertentu tentang teroris.

Gw mah udah sering lihat berita polisi malah dipanggil dan digeber sama DPR dari fraksi Gerinda, PKS, PAN dari zaman SBY dulu karena polisi nangkep teroris sebelum mereka melakukan aksinya.
Quote:


Coba dibaca lagi
Jakarta: Anggota Pansus RUU Terorisme Fraksi PDIP Risa Mariska tak sepakat dimasukannya definisi terorisme didalam revisi undang-undang terorisme. Definisi terorisme dikhawatirkan membatasi ruang gerak aparat keamanan.

dia tidak setuju didalam revisi UU memasukkan definisi teroris.
Quote:


Ya definisi teroris kan udah ada dan universal, nah sama DPR dari fraksi oposisi dibuat2 lagi, yg ini menurut fraksi PDIP dapat menghambat polisi menangkap teroris sebelum mereka melakukan aksinya.

Sering2 baca berita bro, sejak zaman SBY dulu lagi polisi malah dipanggil DPR dari fraksi Gerindra, PKS, PAN gara2 nangkap teroris sebelum mereka beraksi.

Dan malah didukung sama nasbung2 di medsos dgn bilang "kalau keluarga ente yg ditangkep ente mau gak?"
Diubah oleh firno99
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di