alexa-tracking

Yuk Kenali Cawagub Sutono Andalan PDIP di Lampung

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afae89298e31b85118b456f/yuk-kenali-cawagub-sutono-andalan-pdip-di-lampung
Yuk Kenali Cawagub Sutono Andalan PDIP di Lampung
Yuk Kenali Cawagub Sutono Andalan PDIP di Lampung
Lampung, mendampingi Herman HN, nama Sutono menjadi perbincangan publik, karena secara tiba-tiba menjadi calon Wakil Gubernur.
Sutono sang birokrat tulen itu sendiri sebelum mencalonkan diri merupakan Sekretaris Daerah Lampung, yang bisa dibilang sebagai tingkatan tinggi karir dalam jabatan karir PNS di pemerintahan provinsi.

Herman HN melepas karir sebagai pegawai negeri sipil (PNS) pada 2010 hendak mencalonkan sebagai Wali Kota Bandar Lampung, sementara Sutono baru saja menon aktifkan jabatannya.
Jebolan Ilmu Pertanian Bogor (IPB) pada jurusan Agribisnis, berusia 59 tahun. Ia tahu seluk belum dalam dunia pertanian. Herman HN sendiri dalam beberapa kesempatan mengkampanyekan program pertanian, serta diprediksi menyerahkan kepada wakilnya.
Herman menyebut, menjawab petani sebagai mayoritas warga Lampung dirinya akan punya banyak langkah dan program yang bisa membuat maju pertanian di Lampung, sebab dirinya mempunyai calon Wakil Gubernur yang ahli dalam hal pertanian.
“Wakil Saya, Pak Sutono itu ahli pertanian, lulusan IPB. Dia punya program Petani Pintar,” ungkap Herman.
Dirinya pernah menduduki jabatan strategis dalam kedinasan seperti menjadi Kepala Dinas Pertanian Pemprov Lampung, Kepala Dinas Kehutanan Provinsi. Sutono juga tercatat pernah menjadi Ketua Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (Perhiptani) Provinsi Lampung.
Dalam era kejayaan Sjachroedin ZP sebagai Gubernur Lampung dua periode (2004-2008 dan 2009-2014) yang salah satunya menjadi lumbung padi nasional,

Sutono termasuk pelaksana dan pembisiknya dan dipercaya dia bisa kembali mengulang keberhasilan tersebut.
"Iya betul, sudah kawanan sejak lama. Saya kepala biro keuangannya, beliau kepala biro penyuluhan atau apa saya lupa itu," akunya.
Herman sendiri tak menampik bila terpilihnya Sutono sebagai cawagub lantaran sudah kenal sejak lama.
"Ini kan rahmat dari Allah SWT, tahu-tahu Sutono jadi wakilnya," dia menambahkan.
Megawati Soekarnoputri sendiri yang langsung memberikan rekomendasi dan deklarasi pasangan nomor urut 2 ini karena ia mencari orang-orang yang memiliki semangat berjuang yang besar.
"Beliau ini menjabat sebagai Sekda, jadi tentu sangat mengenal seluk beluk birokrasi pemerintahan. Jadi sepanjang saya amati, sebagai Sekda Lampung itu boleh diacungi jempol. Jadi saya pikir beliau ini bisa membuat kemajuan bagi Lampung," kata Ketua Umum PDI Perjuangan Januari lalu.


Spoiler for "Sumber :":

what the shit he is emoticon-Bingung