alexa-tracking

Gogon, si pelopor reuni Srimulat itu tutup usia

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afac4bdc1d770e9098b4572/gogon-si-pelopor-reuni-srimulat-itu-tutup-usia
Gogon, si pelopor reuni Srimulat itu tutup usia
Gogon, si pelopor reuni Srimulat itu tutup usia
Foto dokumentasi pelawak Srimulat Gogon saat hadir dalam acara syukuran film komedi Finding Srimulat di Jakarta, Selasa (10/4/2012)
"Hidup tidak pernah bisa ditentukan."

Itulah salah satu pesan terakhir Margono, nama asli tokoh yang lebih populer dengan nama Gogon. Pelawak yang terkenal lewat grup lawak Srimulat ini meninggal dunia pada Selasa (15/5/2018) saat berumur 58 tahun.

Sebelum meninggal, Gogon sempat memberikan pesan terakhir kepada asistennya Item Sahifah. "Semua harus siap, dan kalau saya sewaktu-waktu setelah tampil meninggal, teman-teman media tolong dikabari, dan kalian semua yang rukun," ujar Gogon.

Senin (14/5) sore, Gogon masih tampil di Lampung untuk meramaikan acara kampanye pasangan calon kepala daerah Lampung, Ridho Ficardo-Bachtiar Basri. Gogon tampil bersama rekan seprofesi seperti Doyok, Kadir, dan Didi Kempot.

Gogon sudah lama mengidap penyakit jantung. "Gogon di akhir ketemu kita, gerak selangkah saja ngos-ngosan. Cuma orangnya agak 'keras' kalau disuruh berobat. Dia cuma bilang kata dokter, jantung," ujar Polo, rekannya sesama komedian di kelompok Srimulat.

Selasa (15/5) dini hari, Gogon terkena serangan jantung. Ia pingsan dan tak lama kemudian dinyatakan meninggal di Rumah Sakit Kotabumi, Lampung, pada pukul 05.00 WIB.

Jenazah Gogon langsung diterbangkan ke Jawa Tengah untuk dimakamkan di Makam Bukur Ireng, Bendan Banyudono, Boyolali, pada Rabu (16/5) pukul 11.00 WIB.

Kematian Gogon yang relatif mendadak itu sontak membuat warganet dan beberapa pesohor mengucapkan dukacita melalui media sosial. Beberapa mengunggah meme dan mengulang lawakan-lawakannya yang terkenal.
RIP Mas Gogon ..... pic.twitter.com/pO1yVNhPC4
— Bicara Box Office (@bicaraboxoffice) May 15, 2018 The show Mas Gogon... pic.twitter.com/x4nWtJoaMq
— Srimulatism (@srimulatism) May 15, 2018 "waktu adalah jam" kata Gogon.Dan sekarang jam mas Gogon telah berhenti berdetak. Selamat jalan. https://t.co/zyIE8RRoFV
— aхмад (@nurdiansyah_edw) May 15, 2018 RIP Gogon.. #srimulat #ripgogon pic.twitter.com/cUtPRnvy3m
— Yulius Kristanto emoticon-Smilie (@pakdedungpret) May 15, 2018 Apa yang terkenang dari alm. GOGON? pic.twitter.com/UNejQpkHnj
— Srimulatism (@srimulatism) May 15, 2018
Gogon lahir di Surakarta, Jawa Tengah, pada 31 Desember 1959 dengan nama Margono. Pada 1970-an, ia bergabung dengan kelompok lawak Srimulat.

Seperti anggota lain seangkatan dengannya seperti Tarzan, Tessy, Nunung, Timbul, Kadir, dan Doyok, Gogon punya keunikan tersendiri dengan rambut botak berjambul dan kumis seperti komedian lawas Charlie Caplin.

Potongan rambut unik itu punya cerita tersendiri. Saat itu Gogon hendak dipecat dari acara stasiun televisi nasional. Rekannya, Kadir, mengusulkan agar Gogon mencukur habis rambutnya untuk memberi nuansa lebih segar. “Terus dia menyisakan jambulnya sedikit itu. Itu sejarahnya," ujar Tarzan kepada Metrotvnews.com.

Srimulat manggung di mana-mana dan populer di seluruh Indonesia sebelum bubar pada 1989. Pada 1995, Gogon mengusulkan reuni kelompok yang berdiri sejak 1950 itu.

"Jadi begini, pada waktu saya menjabat sebagai sutradara di Srimulat, sempat dipesan. Pak Teguh Slamet Rahardjo, yang pendiri Srimulat itu bilang, 'Gon, kalau kamu meneruskan karier kamu, tolong bawa Srimulat'," kenang Gogon pada 2015.

"Akhirnya, saya punya gagasan membuat reuni Srimulat, saya punya gagasan pertama kali mengumpulkan teman-teman untuk reuni."

Dekade 2000-an, Gogon sempat tersangkut kasus narkotika dan obat-obatan terlarang. Ia ditangkap bersama istrinya Tri Kusni Handayani di kediamannya di Neglasari, Tangerang, Banten, pada 22 Agustus 2007 karena terbukti memiliki ekstasi.

Setahun berikutnya, ia divonis 4 tahun penjara dan denda Rp150 juta oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Tangerang.

Pada 2013, Gogon sempat main dalam film layar lebar Finding Srimulat. Film ini disutradarai oleh Charles Gozali, serta dibintangi oleh Reza Rahadian dan Rianti Cartwright.
Gogon, si pelopor reuni Srimulat itu tutup usia


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...itu-tutup-usia

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Gogon, si pelopor reuni Srimulat itu tutup usia Pertumbuhan kredit topang kinerja BRI awal tahun

- Gogon, si pelopor reuni Srimulat itu tutup usia Pemerintah batasi kenaikan harga BBM nonsubisidi

- Gogon, si pelopor reuni Srimulat itu tutup usia Operasi penangkapan terduga teroris belum berhenti

emoticon-Turut Berduka

mengenai umur, tidak semua orang tahu dan dapat memperkirakan emoticon-Sorry

setelah kabar duka dari Ki Enthus, sekarang dari om Gogon emoticon-Turut Berduka