alexa-tracking

Pengamat Intelijen, Tidak Tepat Salahkan BIN untuk Saat Ini

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afab01f5c779860598b4567/pengamat-intelijen-tidak-tepat-salahkan-bin-untuk-saat-ini
Pengamat Intelijen, Tidak Tepat Salahkan BIN untuk Saat Ini
Pengamat Intelijen, Tidak Tepat Salahkan BIN untuk Saat Ini
Pasca insiden kerusuhan narapidana terorisme di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat dan rentetan teror bom di Surabaya, Jawa Timur, banyak kalangan yang mengkritik kinerja Badan Intelijen Negara (BIN).
 
Padahal, menyalahkan intelijen dalam konteks ini dinilai kurang tepat. Karena setiap negara memiliki kebijakan kontra terorismenya masing-masing. 
 
Hal itu sebagaimana yang diungkapkan oleh pengamat politik internasional, Arya Sandhiyuda. Menurutnya, banyak kewenangan yang masih terbatas untuk dimiliki oleh intelijen Indonesia.
 
Kalau kita lihat umumnya negara maju di dunia, pemerintah memiliki kebijakan kontra terorisme yang memiliki empat fokus, di antaranya pencegahan (prevention), pengejaran (pursuit), perlindungan (protection) dan kesiapsiagaan (preparedness).
 
Umumnya, pihak intelijen hanya fokus pada dua permasalahan pertama. Tapi sayangnya, dalam konteks Indonesia itu pun kewenangannya belum penuh.
 
Jadi, menyalahkan intelijen dalam beberapa kejadian terorisme terkini kurang tepat. Intelijen paling maksimal jelas memiliki tanggung jawab peran kunci di dalam pursuit, pengejaran dan preventing, pencegahan. Lainnya, tidak.
 
Di dua peran itu pun tidak bisa sendirian dan dalam beberapa hal secara regulasi masih terbatas. Keterbatasan peran intelijen dalam kontra terorisme perlu dipahami dengan hati-hati.
 
Dengan demikian, menurut Arya, menyalahkan BIN sebagai koordinator intelijen nasional pun untuk saat ini sangatlah tidak tepat.
 
Pasalnya, di sisi lain banyak juga keberhasilan BIN yang berdampak luas ke publik, namun diperankan oleh lembaga atau aktor keamanan nasional lainnya. Mengingat, intelijen banyak bekerja dalam senyap dan tidak terpantau oleh masyarakat luas.
 
Melalui penjelasan Arya di atas, kita harus memahami kinerja BIN saat ini. Kita juga perlu adil dalam menilai BIN berdasarkan kewenangan yang diberikan kepada lembaga tersebut.
Klo BNPT kerjanya apa, bro?!
tetap aja bisa, gimana ceritanya pengajian yang di awasi malah anteng anteng aja

dan aliran aliran baru pindahan dari ISIS bisa kebobolan dan ngebom,

bomber sekarang beda udah sama generasi amrozi cs,
Pak Ansyaad Mbai dan Pak Gories Mere emang paling keren. Si budi gunawan ini aku kurang suka, dari awal terpilih aja aku ga suka. Mending kalau mau tarik lagi Pak AMHP. kalo pak AMHP maju lagi pasti bagus. Akui sajalah kalau Budi Gunawan jelek kok.
Quote:


Gw lebih demen waktu dipegang jendral marciano
Aman

Kudu.loreng yg handle
Quote:


Marciano yg wakil BNPT ya gan emoticon-Matabelo
Kalo di polisi aku suka Gories Mere, seharusnya Gories Mere lah yg disebut ahli kontra terorisme, bukan si tito. Kalau aku pribadi lihat si tito, orangnya terlalu cepat menyimpulkan sesuatu, dan sering plin plan. Kurang suka aja
Quote:


knp gak nyambung ... ini trit tentang BIN sekarang , bukan polri emoticon-Cape d...
paham ...BIN terapasung UU, susah gerak
tetep loreng kayaknya lebih piawai masalah ginian,

loreng intel rata2 masih kepengaruh doktrin LB Moerdani.
Cuma satu kelemahan Loreng masalah ginian, mrk rata2 sidang dan exe di tempat.
Lalu apa yg harus diperbaiki? Ada nya teroris tanda keamanan kita bobol
beda klo terjadi di pemerintahan yg dulu,udah dihujat dimedsos