alexa-tracking

PKT Dana Desa Diyakini Gairahkan Daya Beli di Desa Hingga 90 Triliun

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afa8b92e0522773548b456a/pkt-dana-desa-diyakini-gairahkan-daya-beli-di-desa-hingga-90-triliun
PKT Dana Desa Diyakini Gairahkan Daya Beli di Desa Hingga 90 Triliun
PKT Dana Desa Diyakini Gairahkan Daya Beli di Desa Hingga 90 Triliun

JPP, JAKARTA – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) optimistis proyek Dana Desa yang dikerjakan secara Padat Karya Tunai (PKT) dapat menggairahkan dan menciptakan daya beli di desa hingga Rp90 triliun.

Pasalnya, pengerjaan proyek Dana Desa secara swakelola dengan upah harian atau mingguan dapat menjadi faktor pendorong warga desa untuk meningkatkan pendapatan mereka.

“Mulai tahun ini Padat Karya Tunai adalah kewajiban, karena tahun ini Dana Desa wajib dilakukan swakelola. Itu sudah ada peraturannya, jadi wajib dilaksanakan. Dan 30 persen dari nilai proyek itu wajib digunakan untuk membayar upah yang dibayarkan secara harian atau maksimal mingguan,” ujar Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo.

Menteri Eko menyampaikan itu usai mendampingi Presiden Joko Widodo pada Rakornas Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintah Desa, Pusat, dan Daerah di Jakarta, Senin (14/5/2018).

Untuk mendukung hal tersebut, lanjut Menteri Eko, penyaluran Dana Desa telah mengalami perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Dijelaskannya, Dana Desa tahap pertama tahun ini telah diturunkan lebih awal, yakni bulan Januari, yang sebelumnya diturunkan Bulan April. Sehingga, pengerjaan proyek Dana Desa dapat dilakukan lebih awal.

“Pak Presiden minta agar Dana Desa benar-benar dimanfaatkan, agar semua proyek Dana Desa menggunakan material lokal dan menggunakan sistem Padat Karya Tunai. Sehingga Rp187 triliun Dana Desa bisa berputar di desa dan bisa menghidupkan ekonomi di desa,” tuturnya.

Menteri Eko menambahkan, tujuan diturunkannya Dana Desa tidak semata-mata untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur desa, melainkan juga untuk menghidupkan ekonomi perdesaan. Dengan begitu, angka kemiskinan di desa akan terus berkurang.

Kepada 7.200 peserta Rakornas yang terdiri dari kepala desa terbaik, pendamping desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) tersebut, Menteri Eko juga mengingatkan bahwa Dana Desa harus diprioritaskan ke dalam empat program.

Empat program tersebut yakni Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), Embung Desa, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan Sarana Olahraga Desa. (des)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/pembangun...gga-90-triliun

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- PKT Dana Desa Diyakini Gairahkan Daya Beli di Desa Hingga 90 Triliun Menkeu Dorong Pengelolaan Dana Haji Penuhi Aspirasi Umat

- PKT Dana Desa Diyakini Gairahkan Daya Beli di Desa Hingga 90 Triliun Audit Teknologi Untuk Peningkatan Daya Saing dan Kemandirian Bangsa

- PKT Dana Desa Diyakini Gairahkan Daya Beli di Desa Hingga 90 Triliun BPOM Luncurkan Program Penguatan UMKM

×