alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Menteri Enggar Akui Ada Tambahan Impor Beras 500 Ribu Ton
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afa4e8a54c07a38258b4569/menteri-enggar-akui-ada-tambahan-impor-beras-500-ribu-ton

Menteri Enggar Akui Ada Tambahan Impor Beras 500 Ribu Ton

Menteri Enggar Akui Ada Tambahan Impor Beras 500 Ribu Ton


Pemerintah mengakui adanya tambahan importasi beras sebanyak 500.000 ton didatangkan dari Vietnam dan Thailand, yang diputuskan dalam Rapat Koordinasi di Kantor Menteri Koordinator Perekonomian.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita membenarkan pemberitaan pada laman The Voice Of Vietnam Online (vov.vn), yang menyebutkan bahwa Perum Bulog telah menandatangani kontrak untuk melakukan pembelian beras sebanyak 300.000 ribu ton dari Vietnam dan 200.000 dari Thailand.

“Iya, betul. Itu pemasukan April hingga Juli 2018,” kata Enggartiasto, di Jakarta, Senin (14/5), seperti diberitakan Antara.

Dalam berita yang berjudul “Import Demand Continues Boosting Vietnam`s Rice Export” tersebut, dinyatakan bahwa importasi tersebut merupakan yang kali ketiga sejak 2018. Chairman Asosiasi Makanan Vietnam (VFA) Nguyen Ngoc Nam membenarkan laporan itu.

Nguyen menyatakan bahwa Perum Bulog telah mengundang The Vietnam Northern Food Corporation dan The Vietnam Southern Food Corporation untuk menyuplai beras itu. Kontrak tesebut akan direalisasikan pada periode April hingga Juli 2018.

“Itu keputusan rakor, bukan keputusan saya. Kemudian Bulog yang melaksanakan. Ini untuk menambah cadangan beras pemerintah setidaknya hingga tahun depan. Jika tidak ada impor sejak awal, maka kita akan defisit,” kata Enggartiasto.

Sebelumnya, pada awal tahun 2018, pemerintah juga telah memutuskan untuk mengimpor beras dari Vietnam dan Thailand sebanyak 500.000 ton untuk memperkuat stok pemerintah dan menekan harga komoditas tersebut yang pada saat itu mencapai Rp13.000 per kilogram

Stok Perum Bulog pada 14 Mei 2018 tercatat sebanyak 1.262.782 ton. Sebanyak 453.787 ton merupakan beras asal impor dan stok komersial sebanyak 106.186 ton. Sementara sisanya merupakan hasil dari serapan Perum Bulog sejak awal 2018.

Urutan Terlama
Halaman 1 dari 2
Tritnye sepi bre lage sibuk bahas teroris
Huehuejue
kata nasbung ini dialihkan isunya dgn isu teroris
salah satunya diatas ane
Ini bukan impor, ini cuma belinya aja kebetulan diluar sono
Dimana salahnya ya? Negara seluas ini dan sama suburnya sama vietnam dan Thailand yg gak lebih besar dari Kalimantan. Kok bisanya kita "minta makan" sama mereka.

Udah gak cocok lagi lagunya koesplus kali gini
tritnya sepi, soalnya para pasukan nasi lg sibuk manfaatin brita teroris buat menjelek2kan kubu lawannya emoticon-Big Grin

btw, ane penasaran gmana kelanjutan crita bagi2 traktor ke petani? ada hasilnya?
Quote:


pertanyaan agan coba ditanyaken ke ipb, mgkn ipb punya jawabannya secara ilmiah emoticon-Malu emoticon-Ngacir
sebenarnya gak masalah impor asal gak monopoli dari bulog .

masalah harga tuh di distribusi dan jelas Bulog gagal tapi tetap mau monopoli .

the real mafia tuh Bulog sebenernya .
Quote:


gak ada masalah soal produksi gan kita produsen terbesar ke 3 di dunia soal beras, tapi jgn lupa konsumsi kita 2 kali lipat dari produksi .

wajar sih impor tapi sayang masih di monopoli BUMN makanya harga beras kita lebih mahal dari tetangga .
Wow, banyak uang nih pakde. Beras pun diimpor. Atau jangan2 ngutang juga,? Muka kutang
Presidenya wong cilik emoticon-Ngakak
diasibukimpor emoticon-Leh Uga
Diubah oleh bebasbaned
emang udah rencana dari akhir tahun kmrn kan?

baru skrg realisasinya?

kan udh saran FAO jg, trus waktunya disesuain ama panen petani lokal biar mereka ga keganggu jua;l padi nya.

trus buat tmengendalikan harga beras juga katanya. n skrg mau lebran jg sih

benar salahnya ya kita liat saja.
Wkwkwkkw
Quote:


Kita dari dulu banyakan buruh taninya. Juragannya udah pada banyak beralih ke usaha yg puterannya lebih cepat. Sedangkan yg masih niat tani nggak dihiraukan sama pemerintah. Pencitraannya aja ada proyek ini itu. Kenyataan dibawah sana emang mereka merasa nggak tersentuh. Emang pemerintah ngga niat dibidang pertanian. Apalagi penguasa sekarang yg lebih senang dengan e-commerce. Lebih fokus dengan jualan aja. Barang ya impor. Yg jelas2 produsen tulang punggung negara dicuekin. Negara kita sekarang udah jadi negara sales. Cuma jualan tok. Tapi nggak produksi.
Bebas impor woi...
Quote:


Bener juga ya, ga ada berita kelanjutannya
[QUOTE=ivoox.id;5afa4e8a54c07a38258b456a]
Menteri Enggar Akui Ada Tambahan Impor Beras 500 Ribu Ton


Pemerintah mengakui adanya tambahan importasi beras sebanyak 500.000 ton didatangkan dari Vietnam dan Thailand,

Impor harus dimuliakan..stop petani lokal..
Ngoahahahahaha

Menteri Enggar Akui Ada Tambahan Impor Beras 500 Ribu TonMenteri Enggar Akui Ada Tambahan Impor Beras 500 Ribu TonMenteri Enggar Akui Ada Tambahan Impor Beras 500 Ribu Ton

Quote:


Hobi Jokowi bagi-bagi traktor ke petani berujung polemik

PERISTIWA | 19 Maret 2015 08:14
Reporter : Muhammad Hasits

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sering kali memberikan bantuan traktor pada petani saat melakukan kunjungan ke daerah. Jokowi memberikan traktor pada petani di antaranya di Lampung, Subang dan wilayah di Jawa Timur. Jokowi ingin dalam waktu dekat Indonesia bisa swasembada beras.

Cara memberikan bantuan juga tak biasa seperti pada presiden-presiden sebelumnya. Jika biasanya pejabat memberikan bantuan secara simbolis, hal itu tidak dilakukan Jokowi. Presiden memilih memberikan langsung sesuai jumlahnya. Seperti di Subang Jokowi memberikan bantuan 1.099 traktor secara langsung.

Namun persoalan muncul di Ponorogo, Jawa Timur. Di sana petani protes karena tak dapat traktor. Petani harus gigit jari karena traktor tak jadi dibagikan sesuai dengan janji manis presiden.

Jokowi berkunjung ke Ponorogo Jumat (6/3) dua pekan lalu waktu acara panen raya. Tak hanya panen raya, Jokowi juga membawa ratusan traktor untuk dibagikan ke petani saat panen raya di Kecamatan Jetis dan Pulung. Ratusan traktor sudah dipajang saat Jokowi datang.

Usai kunjungan Jokowi, sebagian besar traktor yang dipajang di pinggir Jalan Raya Kecamatan Jetis menuju Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo diangkut kembali truk tronton.

"Katanya akan dibagikan kepada desa-desa di Ponorogo, namun kenyataannya ditarik kembali. Padahal di Ponorogo ini ada 21 kecamatan di 279 desa dan 26 kelurahan. Kami juga tidak tahu alasan penarikan tersebut. Padahal kalau mendapatkan kami akan senang," kata Bairun Kepada Desa Tanjungsari Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo pada merdeka.com, Selasa (17/3) lalu.

Tak hanya petani, para politikus Senayan juga ikut menyentil Jokowi. Ketua Komisi VI DPR Hafidz Thohir menganggap perbuatan Presiden Jokowi membohongi publik. Dia juga meminta supaya DPR segera memanggil Menteri Pertanian Amran Sulaiman buat memberikan klarifikasi.

"Ya, pembohongan publik itu. Harus dipanggil ke DPR (Menteri Amran Sulaiman)," kata Hafidz Thohir.

Terus menjadi polemik, kemarin Presiden Jokowi langsung buka suara sebelum melakukan kunjungan kerja ke Indramayu. Preside menjelaskan, traktor yang ada di Ponorogo tak seluruhnya diserahkan kepada satu desa saja, namun dibagikan ke lima kabupaten lainnya.

"Siapa yang narik, itu kan dikumpulkan 1.300, enggak mungkin 1.300 untuk satu desa. Itu untuk lima kabupaten ya pasti dinaikin lagi ditaruh kabupaten-kabupaten, disebar," ujar Jokowi di Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (18/3) kemarin.

Jokowi menambahkan, dia tak mau memberikan penyerahan sekadar upacara simbolis saja dengan menyerahkan tiga atau lima unit traktor kepada warga. Ia hanya ingin memastikan seluruh traktor sudah siap untuk dibagikan saat mendatangi Ponorogo.

"Kumpulkan semuanya, oh barangnya ada setelah selesai dibagikan. Lalu dinaikkan, dibagikan, dan dibawa pulang ke masing-masing kabupaten," tandasnya.

https://m.merdeka.com/peristiwa/hobi-jokowi-bagi-bagi-traktor-ke-petani-berujung-polemik.htmlMenteri Enggar Akui Ada Tambahan Impor Beras 500 Ribu Ton
Quote:


Numpang ngakak
Quote:


ditarik lg bro, udh kyk leasing
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di