alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Posting Ujaran Kebencian, PNS Bisa Dipecat
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5afa34fac0cb17136a8b457d/posting-ujaran-kebencian-pns-bisa-dipecat

Posting Ujaran Kebencian, PNS Bisa Dipecat

Jakarta - Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberi peringatan keras kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang melakukan ujaran kebencian. BKN menyatakan, akan memberikan sanksi tegas.

Hal itu dilakukan untuk mencegah sebaran radikalisme. Terlebih, rentetan bom bunuh diri baru saja terjadi dan menimbulkan korban jiwa.

Masyarakat pun dilibatkan untuk mencegah meluasnya radikalisme. Masyarakat bisa melaporkan PNS melakukan ujaran kebencian di sejumlah kanal.

Lantas, apa sanksi tegas yang bakal diterima PNS? Bagaimana caranya melaporkan PNS yang melakukan ujaran kebencian? Berikut berita selengkapnya.

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana bersuara keras perihal maraknya aksi teror bom yang terjadi dalam dua hari belakangan ini. Dia tak ingin paham radikalisme berkembang di tanah air.

Ia pun memberi peringatan tegas kepada jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Untuk mencegah meluasnya radikalisme, saya akan memberikan sanksi tegas kepada mereka yang menyebarkan ujaran kebencian, intoleransi, permusuhan dan perpecahan," kata dia dalam seruannya yang diterima detikFinance, Senin (14/5/2018).

Kepada para PNS, dia meminta untuk saling mengingatkan dan mencegah agar paham radikalisme yang berujung pada aksi terorisme.

"Ingatkan dan laporkan mereka yang akan memperkeruh suasana atau melakukan berbagai bentuk pemecah belah persatuan lainnya," tegasnya.

Dia juga mengajak para PNS agar selalu menjaga keberagaman dan melarang adanya upaya memecahbelah RI dengan mengedepankan perbedaan.

"Jaga persatuan dan kebhinekaan Indonesia. Bagi kita para PNS, menjaga Pancasila, UUD 45 dan NKRI adalah sumpah yang harus dilaksanakan," kata dia.

Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terbukti melakukan ujaran kebencian bisa dipecat. Hal itu sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Kabiro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, regulasi tersebut mengatur sanksi PNS. Hukumannya, kata dia, bertingkat dan paling berat bisa dipecat.

"Hukuman paling beratnya apa? Pemberhentian tidak dengan hormat alias dipecat. Kita akan lihat tingkatannya," kata dia kepada detikFinance di Jakarta, Senin (13/5/2018).

Ridwan mengatakan, aturan itu tidak hanya mengatur netralitas PNS, namun juga bisa digunakan untuk mengatur ujaran kebencian.

"Kepala BKN cuma ingin menegaskan lagi tidak cuma, nggak hanya netralitas lho, ujaran kebencian yang meresahkan, itukan baru. Tapi itu bisa di-refer ke PP 53 tentang Disiplin PNS," ungkapnya.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mengimbau masyarakat untuk melaporkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang menebar ujaran kebencian. Langkah ini untuk mengantisipasi sebaran paham radikalisme, terlebih belakangan marak aksi teror bom.

Kabiro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan, masyarakat bisa memanfaatkan sejumlah kanal jika mengetahui PNS melakukan ujaran kebencian.

"Kepala BKN ingin menegaskan, nggak hanya netralitas lho, ujaran kebencian, yang meresahkan," kata dia kepada detikFinance di Jakarta, Senin (13/5/2018).

Ridwan mengatakan, masyarakat bisa melaporkan masalah tersebut melalui lapor.go.id. Kemudian, bisa memanfaatkan sejumlah media sosial BKN di Twitter twitter.com/bkngoid, Facebook facebook.com/bkngoid. Kemudian, masyarakat juga bisa melaporkan ke email humas@bkn.go.id.

Tak hanya itu, Ridwan juga mengatakan masyarakat bisa melaporkan PNS yang bersangkutan ke pemerintah daerah hingga instansi yang menaunginya.

"Sebenarnya tidak yang istimewa dengan pelaporan PNS yang lain, bisa berjenjang, katakanlah kalau daerah bisa gubernur, walikota, bupati bisa ke inspektoratnya," ungkapnya.

ayo laporkan

Bagi yang menemukan ujaran kebencian pro radikalisme yang menjadi akar terorisme yang menjadi ancaman bagi negara saat ini jangan ragu untuk segera melaporkan ke kanal-kanal yang sudah disediakan.

Mari kita berantas bersama virus radikalisme yang menggerogoti bangsa kita

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Dapat dr sebelah

Pelbagai saluran pengaduan itu adalah https://twitter.com/BNPTRI; https:twitter.com/CCICPolri; serta https://twitter.com/DivHumas_Polri.

"Bagi saudara yang menemukan akun pendukung khilafah, terorisme, radikalisme, silakan lapor," demikian cuitan tersebut.

sweeping antek hti dan ngisis di pesbuk dulu bray
emoticon-Ngacir
Quote:


asik nih sekarang kalo ketemu pns tengil emoticon-Big Grin
Kalau kayak Victor Laiskodat itu boleh ya? Soalnya yang diserang mayoritas. Mayoritas harus sabar dan toleran, kalau minoritas harus fitnah dan play victim.


Quote:

Laiskodat bukan pns dul emoticon-Big Grin
btw emang dia menyerang dimana?
Emangnya bener mayoritas masyarakat Indonesia pro khilafah?
Kalo benar berarti pelaku bom kemaren ga salah dong, kan mereka kepingin khilafah emoticon-Big Grin
Ada bom meledak baru diberitain kaya gini, pns radikalnya pasti tahan jari ga bikin status
save as emoticon-Leh Uga
Quote:


Kn gak harus new post. Kmrn juga ada yg pake seragam. Bkin sebagai contoh... Kapokmu kapan
Mau Tebar TEROR? Belajarlah sama tukang sirem AIR KERAS, sampe hari ini KAGA ADA yg Tau dimana?emoticon-Wink
Quote:


Ini trit nya bahas apa lu komen apa.
Laiskodat jelas2 hatespeech, dan dia anggota DPR, didiemin aja.
Ada kata2 gue bilang mayoritas dukung khilafah? Nastak kok gobloknya gak ketulungan. Dari awal sampe akhir komen nya gak ada yang nyambung.
Quote:


pengecualian bagi mereka gan..
emoticon-Traveller


Quote:

dia kan menyerang faham khilafah dan pendukungnya dul emoticon-Big Grin
Kenapa pada kebaran jenggot kalo bukan pendukung faham itu?emoticon-Big Grin
Ini trit bahas pns radikal dan lu malah tanya soal si viktor yang bukan pns.emoticon-Big Grin
Gue jelasin baek-baek kenapa lu goblok2in gue njing?
Kecuali lu BINATANG harusnya lu bisa nangkep apa omongan gue DUNGU !!

PNS yg udah kena aliran sesat banyak om...


Quote:

saatnya bersih-bersih emoticon-Cool
Posting Ujaran Kebencian, PNS Bisa Dipecat


emoticon-Sundul Gan (S)

nah kan bagus gitu, makan uang negara kok ingkar ama Negara, cok

Posting Ujaran Kebencian, PNS Bisa Dipecat
Diubah oleh kakidal27
Quote:


harusnya minoritas yg harus sabar dan toleran, mayor yg play victim dan fitnah.

mau sabar ampe mana? udah berapa x teror bomb karena ulah bisinger? lagi2 yang disalahkan ulah cinak/ ulah kapir dan tidak ada hubungannya dengan si bising.
ga usah kuatir dipecat, rejeki alloh yang ngaturemoticon-Leh Uga
Kampanye hitam kah?


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di