alexa-tracking

Surat Terbuka Untuk Buyer Tokopedia Jocliedian Lilihata - WASPADA UNTUK SELLER LAIN

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af9c10fd675d464568b4567/surat-terbuka-untuk-buyer-tokopedia-jocliedian-lilihata---waspada-untuk-seller-lain
Surat Terbuka Untuk Buyer Tokopedia Jocliedian Lilihata - WASPADA UNTUK SELLER LAIN
Setelah sekian lama jadi silent reader di Surat Pembaca Kaskus, akhirnya saya buat juga.
Seumur - umur baru kali ini dapet buyer yang sulit  untuk diajak berkomunikasi dengan baik, sehingga terciptalah surat terbuka ini. Sebelumnya saya merupakan penjual aktif di Tokopedia, khusus untuk produk software antivirus.

  • 11 Mei 2018

Ada order masuk ke akun Tokopedia saya, untuk pembelian produk Norton Security Premium 2 PC 1 Tahun, sebagai catatan pembelian ini dilakukan langsung, tanpa konfirmasi stock ke saya terlebih dahulu. 
Spoiler for "Bukti tidak ada diskusi sebelumnya":


Seperti biasa, saya melakukan order ke supplier saya, namun info dari supplier server norton utk reseller sedang down. Hal ini saya sampaikan ke pembeli malam itu.
Spoiler for "Bukti Chat":

  • 12 Mei 2018

Pembeli kembali konfimasi ke saya menanyakan status pembeliannya, namun karena saya rasa sudah terlalu lama dan pihak supplier saat itu belum ada respon (hingga hari ini juga belum ada respon) saya memutuskan membatalkan pesanan pembeli, dengan harapan dana dapat kembali ke pembeli dan pembeli dapat mencari produk di tempat lain. Tidak lupa saya mengucapkan permohonan maaf ke pembeli.

Spoiler for "Bukti chat":


  • 14 Mei 2018

Saya dikagetkan dengan banyaknya spam pada diskusi calon pembeli saya. Semua diskusi di spam oleh pembeli ini dengan tulisan "penjual tidak profesional saya beli norton premium katanya ada, taunya langsung di alihkan ke seller lain secara sepihak dan saya harus menghadapi transaksi berbelit2" ke hampir lebih dari 100 diskusi dari berbagai calon pembeli di halaman toko saya. 
Hal ini sangat merugikan saya karena membuat calon pembeli lain was-was bertransaksi dengan saya. Sedangkan pembeli ini transaksinya sudah saya batalkan, dan menyatakan di pernyataanya bahwa "katanya ada" padahal pembeli tidak pernah menanyakan ketersediaan stock sama sekali sebelumnya. Mengenai transaksi yang dialihkan, itu adalah keputusan dari sistem tokopedia sendiri. Bukan keputusan saya selaku seller. Tindakan terakhir saya terhadap transaksi pembeli ini hanya " TOLAK PESANAN - STOCK HABIS"

Spoiler for "Pembatalan Transaksi":

Spoiler for "Spam Diskusi 1":

Spoiler for "Spam diksusi 2":

Spoiler for "Spam diskusi 3":

Spoiler for "Spam Diskusi 4":


Tidak lama saya chat pembeli, karena spamming tersebut berlangsung kurang lebih selama 10 menit, tidak ada respon. Kemudian saya call di reject dan akhirnya saya mencoba menghubungi melalui whatsapp


Spoiler for "Chat Whatsapp 1":


Tidak lama, saya mengirimkan screenshot harga ke dari website resminya melalui email, saya berikan 2 SCREENSHOT dari Website hasil paling atas pencarian di google dengan keyword "NORTON SECURITY PREMIUM"


Spoiler for "Screenshot yang saya attach, dan saya email ke pembeli":


Pembeli menjawab bahwa link yang saya berikan abal - abal dan semakin menjadi jadi. Menuduh saya mau ngerjain dan semacamnya. Ngatain saya bohong dan sebagainya. Saya sudah berusaha sopan di awal, tapi semakin disopanin semakin nyolot. Bisa dinilai bagaimana lucunya pembeli satu ini, TIDAK SAYA POTONG SEDIKITPUN

Spoiler for "Chat Tokopedia":


Surat terbuka ini saya buat dengan tujuan :
1. Memenuhi ucapan saya akan membuat surat terbuka untuk pembeli, sebagaimana surat ini juga ditunggu oleh pembeli.
2. Menunjukkan ke seller ecommerce lainnya bahwa ada tipikal buyer macam ini. Sudah berusaha sabar malah makin nyolot jawabnya emoticon-Big Grin

Kepada pembeli :
Saya tunggu respon anda, terima kasih.

Sekian dan terima kasih.

Best regards,
Revantine Store



kaga ada gunanya elu cari pembelaaan disini
mendingan langsung ngomong ama cs toped aja

lagian ntu mahluk ngomong di diskusi ky gimana juga kaga pengaruh ama statistik toped elu

yang ada malah thread curhat elu disini selamanya ada di internet emoticon-Big Grin


Quote:


Sebelum buat ST, saya sudah chat ke CS Toped. Jawaban standar disuruh melaporkan menggunakan tombol laporkan di sebelah diskusi.

Ke statistik ga ngaruh, tp ke calon pembeli pasti merasa terganggu dengan diskusi spt itu. Apalagi nadanya menjatuhkan.

Ini yang dirusuh bukan cuma 1-2 diskusi. HAMPIR 100 DISKUSI ditulis seperti itu sama pembeli. Siapa yang ga jengkel?

Quote:


elah gan, si TS kan minta pendapat, gpp kali, gw juga suka nemu yg bikin emosi kaya gt
wew
Buyer ny itu jarang blanja ol jd gtau bsa cari barang pengganti otomatis..buyer ny suruh k sni bre biar rame emoticon-Ngakak
Sesama seller tkopedia, mari kita beri pelajaran buyer resek....
hello bung buyer toko jaman now udah ga menganut pembeli adalah raja

jaman now itu prinsipnya pembeli adalah temen....
artinya harus sama2 enak,.....

BUYER RESEK
BELI CIKI
CIKINYA DOWN (JATUH)

NANGIS
Jgn2 itu toko saingan kali. Beli antivirus aja da kyk mau mati. Rada2 tuh org
Kayak gini mah dibikin SP gk bakal merubah apapun.Saran gw yah kalau jualan, berusaha sabar aja.

Jualan offline maupun online mah udah biasa berhadapn dengan customer yg aneh2
Dari sekian banyak pembeli, pasti ada aja 1-2 orang yg galak, lemot, sombong, judes,dll

Jadi kalau jualan yah sabar aja, gk usah terlalu baper
Gk mgkn kita berharap selalu dapet pembeli yg ramah , baik & cerdas


Quote:

Saya jg sdh sering gan ngalami customer rese. Cuma yang saya masalahkan, pembeli ini melalukan SPAM ke kolom diskusi saya hampir 100 lebih. Yang mana diskusi ini bisa dilihat banyak calon pembeli lainnya.
Namanya jualan online memang harus sabar, tapi kalau sudah keterlaluan harus di publish jg biar sadar
ane juga kesel klo belanja pake cc tpi dicancel buyer gegara produknya ga ada, tau kan refubd cc lamanya gimana? cuman ane ga se..... buyer ini aja.

tuk ts, selama produk nangkring di etalase pembeli taunya produknya ada. ane juga pernah jadi dropshipper, resiko dropshipper itu klo barang ga ready di supplier ente ya ente cari lah di supplier lain. takut rugi? emoticon-Ngakak

Sebenarnya ga ada bedanya tu buyer sama ente, bedanya dia nyepam trus ente mewek dimari masalah beginian doang, apa ga nyepam juga namanya?


Hikmah dari ane klo jadi dropshiipper ya jadi lah dropshipper yg baik.


Quote:


Betul gan. Sekarang prinsipnya sama sama enak.
Kalo mau diperlakukan seperti raja jadi konsumen di hotel bintang 5 atau beli mobil saja. Pasti diperlakukan spt raja. Skrg buyer kalau bertindak semena mena spt ini dibiarkan makin jadi nantinya
1. Transaksi saya batalkan, dengan harapan dana kembali ke pembeli. Disini saya ga memperlambat transaksi loh, dia transaksi hari ini, besoknya saya cancel. Padahal saya masih ada waktu 4 hari utk memperlambat transaksi kalau saya mau. Tinggal cari penjual lain apa susahnya?

2. Namanya dagang ya kita cari profit bro. Please NOTE ya, gw disini ga input resi palsu, transaksi cuma gw hold 1 hari. Sekarang kalo ada opsi Tolak Pesanan, ga kita pake kemudian belain rugi waduh ente harus belajar dagang bro.
Sama kaya orang dateng ke toko lu. Barangnya habis. Masa lu mau maksain beli di toko lain dengan harga lebih mahal ? Kenapa ga suruh pembelinya cari di toko lain aja ? Toh uang juga udah dikembalikan.

3. Sorry bro, kalau memang NIATNYA BAIK, komplain itu melalui pesan / whatsapp. Kontak saya jelas disana. BUKAN SPAMMING MENJATUHKAN KE LEBIH DARI 100 DISKUSI DI TOKO SAYA. Spamming itu mengirim pesan yang sama berkali2, saya hanya buat 1 SP utk menjelaskan permasalahan. Jadi beda bro

Quote:

Spoiler for amankan:




Quote:

Ente emang ga input resi palsu, tpi pas buka toko ente pilih kerersediaan stok di mana? Klo ente pilih stok tersedia ya ente harus tanggung jawab dong. Klo dari awal udah ga "pegang" barang trus ente bilang stok tersedia apa bukan bohong namanya? Mau ga di sini gw bilang toko lo tukang bohong?

Lain ya ceritanya klo ente masukin pilihan ketersediaan produk ke pre order atau di deksripsi produk ente tulis "ketersediaan produk tergantung stok di supplier".

Opsi batalin versi ane itu ketika ada orderan banyak (di semua merket place ga cuma di toko di toped) ngelebihin stok yg ada di toped, artinya awalnya dia emang udah pegang barangnya ga cocok buat dipake dropshipper yg dari awal stok ga ada tpi klik pilihan stok tersedia.

Di sini ane ga benerin tingkah buyer ente, emang brengsek dia. Tpi apa beda brengseknya dengan toko ente yg ngakunya stok tersedia (pas buka toko) pdhal ngga. Toko model begini juga harusnya dimusnahin dari toped nurut ane.
Dopost
Quote:


FYI bro, di Tokopedia sendiri penolakan pesanan dari sistem tersedia ada 5 opsi, 1. Persediaan barang habis , 2. Salah harga atau berat , 3. Toko sedang tutup, 4. Kendala Kurir, 5. Permintaan pembeli.
Kalau ngikut asumsi lo bro, harusnya opsi no 1 tidak disediakan oleh Tokopedia.

Ini jualan online bro, barang lo ratusan. Yakali bro lo update barang satu satu tiap hari. Sedangkan untuk transaksi online
duit dibalikin lu tinggal ketik di kolom search dengan keyword yang sama sudah ketemu penjual yang lain. Apa perlu spamming di toko orang?

Lain cerita lu beli barang sama gw, transaksi lu gw hold sampai berhari hari dengan berbagai alasan, terus ujung2nya gw cancel sesuka hati. Disini buyer cuma habisin waktu bahkan GA LEBIH DARI 1 HARI, duit juga udah dipulangin. Beberapa hari kemudian spamming di toko orang.

Tambahan :
Ini gw rasa masalah kesabaran ya bro, gw rasa dengan tipe penjelasan lo spt ini, kalau lu yang transaksi di gw, dan gw cancel pasti lo juga komplain. At least mungkin lo komplain gw melalui chat / whatsapp. Itu wajar, hak pembeli.
Yang gw masalahin, cara komplain buyer ini kurang ajar. Spamming di semua diskusi calon pembeli gw.
Quote:

Opsi 1 persedian habis, itu maksudnya persediaan di toko elo bro, bukan di supplier. Dari awal elo buka toko kan emang biasa order ke supplier setelah terima order. Artinya, elo dari awal kan bukan seller langsung, elo tuh cuma calo di sini. Yg dibold, ane ga benerin cara buyernya, cuma kalo ente awalnya udah kasih penegesan stok ente di pre order atau di deksripsi produk ga cuma bilang tanya stok dulu tapi blang stok ada di supllier mungkin akan lain cerita.

Oh ya, trit ini ente komplain cara buyer protes dengan nyepam itu kan? Di situ ente rugi apa sih? Kena denda toped ratusan juta?

Ente komplain buyer brengsek ane cuma mo nyinggung ente kalo jualan yg bener, jadilah dropshipper yg bener. Kalo ga ada barang di 1 supplier ya cari di supplier lain. Kalo ga mau rugi ga usah dagang. Cara jualan ente ini yg ngancurin citra "dropshipper" yang bener emoticon-Ngakak

BTW di SP pada anti sama dropshipper, tumben pada kaga nongol dimari emoticon-Bingung


Quote:

Kalo pake asumsi lo ya bro. Opsi 1 harusnya ga disediakan sama toped. Apa bedanya barang habis di gw sama di supplier? Stock saya ga pre order karena memang biasanya in stock, ulasan ttg produk tsb juga udah ada. Artinya transaksi gw juga sebelum2nya mulus2 aja. Transaksi yang gw lakukan sesuai prosedur ya bro.
Gw nolak pesanan dengan keterangan stock habis. Ga ada pasal yang gw langgar disini.
Ini subjektif bro, anggapan gw tentang stok habis itu kaya gini, sedangkan lo seperti itu. No problem.

Rugi reputasi. Calon customer jadi ragu saat beli kalau liat diskusi yang menjatuhkan spt itu. Lo sebenernya jualan ga sih bro? Kok lo kayanya ga ngerti guna “citra baik” dalam berjualan online.

Elah bro, Kalo emg gw jualan ga bener, di tokopedia gw juga udah ancur reputasinya.

Gw ingetin ya buat pembeli, kalo mau komplain. YANG SOPAN. Ga usah komen aneh2 ke calon pembeli lain. Kalo gw ga naggepin komplainan pembeli silahkan koar2 dimana2. Ini ga ada komplain, ga ada chat tiba2 ngerusuh ke mana mana.

Dah ya, pemahaman lo sama gw beda. Ga akan ketemu mau debat kaya gmn juga. Thank you for the feedback bro.
Quote:
Turut prihatin ya gan,
Ini agan sbnrya bisa adukan atau blacklist si buyer aneh tsb . Pengalaman saya jd seller memang kita ga bs menyenangkan semua buyer. Aga kudu ambil TIMDAKAN keras thd buyer tsb.
Jika memang ada ksalahan paham baiknya minta maaf selesai gan.
Sbnrya memang masih ada sisi lemah tokped terutama para seller tdk memiliki leluasa akan haknya melindungi dr testian jelek or spam di forum.

Saran buat tokped moderator :
Jikalau momod nya selama ini bicara nya terlalu normatif/ga tegas/slow reply, tolong Tokped kudu berikan tools buat seller" yg sdh miliki rekam jejak/nilai/statistik kecepatan respon kirim paket secara baik, yakni tool buat skip/hidden spam/bad testimonial . Seller yg sdh niat jualan pasti kecewa/galau jika tiba" ada spam/bad testi krena spek barang dll sdh dijelaskan di lapak. Ini gw rasa PR tokped kedepan.

Buat buyer, selalu baca spek baik" dan be smart buyer! Tinggal cari seller yg miliki rekam jejak baik dan fast reply kan beres, kcuali jika buyer cuma cr barang termurah, so abaikan soal servis goblok seller nya sprti slow respon dll.



Salam

Quote:


Ente kan gak indikasikan kalo ente itu dropship, ya jelas saja semua buyer berhak mikir bahwa barang selalu ready stock.

Ya wajar saja kalo ente dapet komplen 100 biji.

Kalo ente dropship, ya cantumkan barang PO, dropship, tersedia di supplier, apa kek kata katanya.

Salah ente sendiri.

Kalo gak mau dimaki maki gara gara stok abis yang kata ente bukan salah ente ya ente cari di supplier lain. Rugi sekali (mungkin) tapi gak bakal dapet 100 komplen. Atau lain kali sedia stok barang 1-2 biji.

Sekali lagi, ya salah ente sendiri dropship tapi gak mau jujur kalo dropship.
emoticon-Blue Guy Bata (L), kampret, semwa gak tau aturan.
gak kek gw emoticon-Malu gw orang bijak, jujur, nan mutualisme.