alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Terungkap! Ini Motif Serangan Bom Surabaya-Sidoarjo
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af98c8012e257b41c8b4568/terungkap-ini-motif-serangan-bom-surabaya-sidoarjo

Terungkap! Ini Motif Serangan Bom Surabaya-Sidoarjo

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengungkap motif penyerangan sel JAD di Surabaya dan Sidoarjo. Apa motif sebenarnya?

Kapolri memulai dengan menjelaskan investigasi yang dilakukan Polda Jatim di-backup oleh Mabes Polri terkait tiga bom gereja di tiga lokasi di Surabaya.

"Dalam waktu singkat, kita sudah bisa mengungkap pelakunya satu keluarga atas nama Saudara Dita, berikut istri dan dua anak laki-laki dan dua anak perempuan yang terlibat dalam serangan itu. Kita sudah mengidentifikasi kelompoknya, yaitu JAD dari sel Surabaya dan kemarin saya sampaikan juga motifnya yang terkait dengan serangan ini karena adanya instruksi dari ISIS sentral karena mereka terdesak kemudian memerintahkan sel lainnya untuk bergerak," ungkap Kapolri dalam konferensi pers di Mapolda Jatim di Surabaya, Senin (14/5/2018).




"Kita tahu, selain serangan di Surabaya, juga ada serangan di Paris di hari Minggu yang lalu, pelakunya ditembak mati oleh polisi. Di tingkat lokal, saya menyampaikan diduga pembalasan dari kelompok JAD karena pemimpinnya, Aman Abdurrahman, yang ditahan dalam kasus pendanaan dan pelatihan paramiliter bersenjata di Aceh, kemudian yang bersangkutan divonis dan harusnya keluar bulan Agustus lalu kemudian ditangkap kembali karena diduga keras terkait dengan perencanaan, pendanaan, kasus bom Thamrin di Jakarta awal tahun 2016," imbuh Kapolri.
Baca juga: Polisi: Tiga Keluarga di Balik Teror Bom di Surabaya-Sidoarjo

Kepemimpinan Aman kemudian dialihkan kepada tokoh pimpinan JAD Jawa Timur yang bernama Zaenal Anshori. Zaenal beberapa minggu kemudian ditangkap oleh Mabes Polri dalam kaitan dengan pendanaan untuk memasukkan senjata api dari Filipina selatan ke Indonesia.

"Otomatis proses hukum yang bersangkutan dan itu membuat kelompok-kelompok jaringan JAD yang ada di Jawa Timur, termasuk yang ada di Surabaya ini, memanas dan ingin melakukan pembalasan," terang Kapolri.

"Sehingga kembali saya tegaskan kerusuhan di Mako Brimob itu tidak sekadar masalah makanan yang tidak boleh masuk dari keluarga kepada para tahanan, tapi juga karena ada dinamika internasional tadi serta upaya untuk melakukan kekerasan pembalasan atas ditangkapnya pimpinan mereka," lanjut Kapolri.
Baca juga: Kapolri: Ini Pertama Kali Bom Bunuh Diri Wanita Berhasil

Dita bersama istri dan empat anaknya yang beraksi mengebom tiga gereja di Surabaya pada Minggu (13/5) kemarin adalah pimpinan JAD Surabaya. Bom yang digunakan merupakan jenis TATP high explosive, peledak yang sama yang digunakan pelaku bom di Mapolresta Surabaya pada Senin (14/5) pagi ini dan meledak di Rusunawa Wonocolo di hunian milik Anton dan keluarga di Sidoarjo.

"Pelaku Anton ini merupakan teman dekat Saudara Dita, pelaku bom bunuh diri di Gereja di Jl Arjuna. Mereka aktif berhubungan dan pernah berkunjung ke lapas napi terorisme tahun 2016," kata Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam konferensi pers di Mapolda Jatim, Senin (14/5).

Pada Senin pagi ini, terjadi lagi ledakan di Mapolresta Surabaya. Dua motor yang membawa lima orang dalam satu keluarga diledakkan di halaman Mapolresta Surabaya. Akibat kejadian ini, ayah, ibu, dan dua anak meninggal. Sedangkan satu anak lagi yang masih kecil selamat karena terlempar. Akibat aksi teror ini, empat polisi dan enam warga jadi korban luka-luka. Kapolri mengungkap aksi ini dilakukan kelompok yang sama.

Kapolri pun kemudian mengungkap alasan JAD sel Jawa Timur tersebut menyerang Surabaya dan Sidoarjo. "Yang nanya kenapa aksinya di Surabaya, ya karena mereka menguasai daerah ini. Kenapa mereka melakukan ini, karena pimpinan mereka di Jawa Timur ditangkap, selain Aman Abdurrahman ditahan di Mako Brimob, juga karena instruksi dari ISIS sentral yang terdesak," pungkasnya.


Hanguskan TEROSIS

Urutan Terlama
kenapa gak pemimpin yg ditangkap diledakin aja lagi
sesuai tujuan mereka hidup untuk meledak
Ada benarnya ini didukung kekuatan asing.

ISIS, that is. Tegaskan lagi pada makhluk blangsak di sana, KAMI TIDAK TAKUT emoticon-Blue Guy Bata (L)
Beraninya ente racunin warga tanah air buat bikin rusuh macam di Suriah.
Tidak ada panasbung yang bukan teroris emoticon-Blue Guy Bata (L)
Teror is is religion of piss
Misi mereka cuma 1 , kentod sama 72 bidadari/binaraga emoticon-Leh Uga
Ane berharap ngk cuma pemerintah, tp MUI, para ulama, ormas2 Islam kek Muhammadiyah, NU turut lebih aktif dlm pencegahan terorisme, supaya ngk ada lg putra/putri bangsa ini yg termakan ideologi ISIS,
kerak neraka menunggumu
teroris emoticon-Blue Guy Bata (L) ga paham isi otak lu apaan ampe tega berbuat keji gitu, nyesel dah nyokab bokab lu brojoli lu pade
Ternyata jatim emang sarang teroris bukan jabar

emoticon-Lempar Bata
nasbung siap menutupi aib para syuhada emoticon-Shakehand2
Quote:


MUI kok diharapkan ,soal fatwa haram koruptor aja gak berani .. apalagi mau haramkan teroris ....
emoticon-Leh Uga
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Kata kakanda brewok sama Sekjen PBNU intelejennya yang payah, maklum Terungkap! Ini Motif Serangan Bom Surabaya-Sidoarjo

Atas ane langsung membela saudara seiman emoticon-Leh Uga
Dita itu cewe ato cowo sih
menurut bapak ZONK gmana ?

Habisi

Kita pernah sikat pki, dll masa kita tunduk sama teror dan profokator yang ingin merubah negeri ini dan landasan Pancasila yang ingin dirubuhkan sesuai paham mereka

Saatnya kita berdiri untuk melawan !!!



×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di