alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Ketua DPR: RUU Terorisme Sudah 99 Persen Siap Disahkan, tapi.
2.6 stars - based on 5 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af9815632e2e6c02d8b4567/ketua-dpr-ruu-terorisme-sudah-99-persen-siap-disahkan-tapi

Ketua DPR: RUU Terorisme Sudah 99 Persen Siap Disahkan, tapi.

JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta DPR RI segera mensahkan Revisi Undang-Undang (RUU) Terorisme menyusul maraknya aksi teror dalam sepekan terakhir. Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengatakan, RUU Terorisme sudah 99 persen rampung dibahas dan siap dibawa ke sidang paripurna.

Namun, kata dia, pemerintah justru meminta agar pengesahan RUU tersebut ditunda karena belum ada kesepakatan mengenai definisi terorisme. Padahal, UU itu penting sebagai payung hukum untuk mengoptimalkan penanggulangan terorisme.



Hal itu disampaikan Bamsoet menyusul adanya desakan dari publik termasuk Kapolri agar RUU Terorisme disahkan menyusul adanya tragedi kerusuhan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat dan bom bunuh diri di Surabaya.



DPR sebenarnya 99 persen sudah siap ketuk palu sebelum reses masa sidang yang lalu. Namun pihak pemerintah minta tunda karena belum adanya kesepakatan soal definisi terorisme," kata Bamsoet kepada wartawan, Minggu (13/5/2018).


RUU Terorisme memang sempat menimbulkan pro-kontra terutama terkait wacana melibatkan TNI dalam penanggulangan terorisme. Ada pihak mendukung TNI dilibatkan karena dalam kesatuan militer kini memiliki unit-unit antiteror bahkan di tiap-tiap matra. Tapi, ada juga pihak yang menentang karena dikhawatirkan bisa melampaui kewenangan militer.

Bamsoet menegaskan, begitu definisi teroris itu disepakati maka DPR segera mengesahkan RUU Terorisme menjadi undang-undang pada masa sidang mendatang. "Jika pemerintah sudah sepakat tentang definisi terorisme, RUU Terorisme bisa dituntaskan pada masa sidang mendatang," tutur politikus Golkar itu.

Sementara Ketua Presidium Indonesian Police Wacth (IPW) Neta S Pane mengungkapkan, tragedi kericuhan di Rutan Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat yang kemudian disusul peristiwa bom bunuh diri di tiga gereja Surabaya tidak ada hubungannya dengan RUU Terorisme.

Dalam UU yang lama sudah dikelas bahwa TNI diperbantukan kepada Polri untuk turut membantu memberantas teroris dan bentuk ancaman keamanan lainnya di Indonesia.



Berkaitan dengan maraknya kasus terorisme belakangan ini karena memang para teroris memindahkan sasarannya ke polisi sehingga terjadilah kericuhan di Mako Brimob, dari tragedi itu kemudian memancing teroris lainnya untuk membalas dendam dengan melakuk amaliah penyerangan di gereja Surabaya.

"Saya kira tidak ada kaitan dengan itu (RUU Terorisme) karena di UU sudah jelas TNI itu diperbantukan, jadi diperbantukan untuk membackup Polri memberantas gangguan keamanan," kata Neta kepala Okezone




sumur : https://news.okezone.com/read/2018/05/14/337/1897919/ketua-dpr-ruu-terorisme-sudah-99-persen-siap-disahkan-tapi




di sini jelas ya yg menghambat nya itu siapa

ga usah nyalahin oposisi

oposisi kursi di dpr juga kecil

kalau koalisinya berani dan.kompak juga kelar


para nastaik dungu ga usah cuap2 ga jelas emoticon-Big Grin
Urutan Terlama
seleketep

lagi2 kowi.bokis

https://m.detik.com/news/berita/4019265/jokowi-jika-juni-dpr-tak-sahkan-ruu-terorisme-saya-keluarkan-perppu emoticon-Big Grin
Diubah oleh ishgard
Sudah jelas penghalangnya ada pemerintah dan partai pendukungnya. Panastaik malah onani otak pakai kliping fitnah
Yg paling vokal menunjukkan ketidaksetujuan nya itu kan oposisi, yg bilang tidak ada urgensi nya jg oposisi, yg minta penundaan jg oposisi

Gw bacain dah

Gerandong, PSK, PAN

DPR nunggu pemerintah

Pemerintah nunggu Jokowi

Jokowi nunggu siapa...???



Masa masih nunggu restu Mega

ini masalah duwit anggaran gan, lari ke polri ato lari ke tni emoticon-Leh Uga
Quote:


menunggu #2019GantiPresiden
Dua2 nya blm ada titik temu dipengertian teroris.

Dpr (include pdip) mau ketuk palu versi dia.
Pemerintah mau dpr ketuk utk versi pemerintah.

skak mat buat jokowi
Quote:


Bukan gitu Gan
Lari diambil polri aja semua

Atau dibagi 2 polri sama TNI

emoticon-Big Grin

Karna hampir mustahil n ga mungkin penanggulangan teror TNI sendirian tnpa kepolisian

ini moso harus ada definisi terorisme, lagian kaya gini g bakal ketemu kalo soal definisi, cb pemerintah bil definisi terorisme pelakuan dari satu agama, pasti jadi makanan empuk buat oposisi ini karena mereka pasti membawa umat2 juga, makany kalo ada seperti btuh definisi terorisme mpe 2 juta taun kedepan g bakal kelar uu
Ini lho definisi teroris menurut pemerintah:

"Terorisme adalah perbuatan yang menggunakan kekerasan atau ancaman kekerasan, yang menimbulkan suasana teror atau rasa takut secara meluas, menimbulkan korban yang bersifat massal, atau menimbulkan kerusakan atau kehancuran terhadap objek-objek vital yang strategis, lingkungan hidup, fasilitas publik atau fasilitas internasional"



Ini beritanya:

Revisi UU Terorisme
Ini Pengertian Terorisme Versi Pemerintah

Menurut Enny, dalam pembahasannya, DPR meminta pemerintah memasukkan frasa mengenai tujuan politik atau ideologi dalam pengertian terorisme. Ini kemudian menjadi perdebatan baru dan membuat RUU Terorisme tak jadi disahkan pada akhir masa persidangan DPR kemarin.

"Pada saat diminta dimasukkan di situ, aparat penegak hukum keberatan, apa makna tujuan politik atau ideologi itu, apa batasannya? Kalau nanti pada saat kami (aparat) menangkap, ternyata tidak ada bukti bahwa dia ada kaitan dengan tujuan ideologi atau politik, berarti kita lepaskan mereka, tak bisa kita gunakan UU Terorisme," ucap Enny.

DPR mintanya ditambahkan itu, tapi hanya satu-dua fraksi saja, yang lainnya sudah sepakat apa yang disepakati pemerintah, oke, itu yang dipakai. Itu akhirnya pada saat menjelang reses kemarin, itu nggak selesai dibahas. Baru sekarang ini akhirnya tadi kesepakatan kami pemerintah, kita tetap satu suara, inilah yang merupakan pengertian teroris," jelas Enny.


Dari beritanya bisa disimpulkan: DPR meminta tujuan politik atau ideologi dimasukan dalam pengertian terorisme. Ini yg kemudian menjadi perdebatan baru. Dan aparat penegak hukum jd keberatan, klo tersangka teroris gak punya tujuan politik atau ideologi, gak bisa ditangkap donk?

Jd yg bikin lama RUU terorisme DPR atau pemerintah?


https://m.detik.com/news/berita/4020148/ini-pengertian-terorisme-versi-pemerintah




Ikut menyimak sambil memperhatikan akun akun provokator ya
lagi kondisi duka malah pada lempar2an bola panas... emoticon-Mad
coba definisi teroris menurut DPR apa? mari di sandingkan dengan definisi menurut Pemerintah. biar rakyat yang menilai mana yang cocok.
cuman gitu doang aja masih dibikin perdebatan
solusinya gampang aja, tinggal tambahain pasal 1,3,4..dst.. kan beres..
anggota hewan emang kaga kreatif dah ..


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di