alexa-tracking

Dollar AS Terus Menguat, Pengamat Sebut BUMN Non Perbankan Bisa Kolaps

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af96c4cddd770e53e8b4579/dollar-as-terus-menguat-pengamat-sebut-bumn-non-perbankan-bisa-kolaps
Dollar AS Terus Menguat, Pengamat Sebut BUMN Non Perbankan Bisa Kolaps
Dollar AS Terus Menguat, Pengamat Sebut BUMN Non Perbankan Bisa Kolaps

#2019GantiPresiden. Kita mengutuk aksi Terorisme jg dalangnya. Berdukacita dgn para korban. Tp kita jg tidak buta semua kejadian ini oleh sang dalang skenario busuk utk menutupi kehamcuran negara oleh hutang, dollar naik.

Senin, 14 Mei 2018 | 07:09 WIB

      



JAKARTA, KOMPAS.com - Penguatan dollar AS terhadap rupiah diprediksi terus menguat dalam beberapa waktu ke depan. Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang bergerak di bidang non finansial pun diperkirakan bakal terpukul dengan kondisi tersebut.

Pasalnya, BUMN non finansial saat ini kebanyakan memiliki utang dalam bentuk valas atau valuta asing.

"Yang kita khawatirkan kalau kondisi fundamental memburuk, ada pengetatan ekonomi atau moneter global ini dolar bisa bergerak naik terus Rp 14.100, Rp 14.200 dan sangat mungkin menuju 15.000 pada akhir 2018," ujar Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bima Yudhistira, di Jakarta, Minggu (13/5/2018).



 (13/5/2018)

Bank Indonesia (BI) melansir data bahwa total utang BUMN baik finansial maupun non finansial menembus angka Rp 4.343 triliun.

Baca juga: IHSG Ditutup Menghijau dan Rupiah di Bawah Rp 14.000 per Dollar AS

Bima menerangkan, dari jumlah tersebut sekitar Rp 610,7 triliun diderita oleh BUMN non finansial atau bisa dikatakan dari BUMN yang terlibat dalam pembangunan infrastruktur.

"Tapi kalau kita cek dari Rp 610,7 triliun total utang BUMN non perbankan, 60 persen utang dalam bentuk valas. Kalau sampai dolar Rp 15.000 maka BUMN kita yang akan kolaps dan itu bukan main-main," ungkap Bima.

Menurut Bima, Rini Soemarno selaku Menteri BUMN tak bisa tinggal diam dan menganggap semuanya seolah-olah tidak terjadi.

"Kalau ramalan itu terbukti dan 60 persen BUMN non keuangan itu berbentuk valas maka ini problem yang sangat serius dan ini bagaimana kalau ini terus dibiarkan dan seolah nggak ada permasalahan dalam manajemen BUMN termasuk manajemen keuangannya," katanya.

Adapun membengkaknya utang BUMN non finansial terjadi karena penugasan yang terkesan dipaksakan oleh pemerintah sehingga membuat pekerjaan mereka cenderung ugal-ugalan.

"Konsekuensi dari penugasan yang tidak pada tempatnya, tidak diatur dalam APBN berimplikasi pada membengkaknya utang BUMN," ucap Bima.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018...an-bisa-kolaps
Terindikasi CEBONG TERORIS nya
Wkt ahog songong Teroris kmn?
Quote:


Bukane teroris bkin mata uang jd gk stabil ya. Soalnya investasi kembang kempis.investor mikir2.
berita jaman kapan nih bre


Tadi siang 13.956
doakan aja tersleding terus ye bre
gue cuman info

#tolaksolatkanteroris
Quote:


Yg suka demo berjilid2 kalian, yg suka tereak jangan jadi antek asing aseng kalian, yg suka tereak boykot produk investasi asing aseng kalian, yg buat si terroris gak bisa ditangkap sebelum melakukan terror karena terkendala UU itu junjungan kalian.

Lah kalian pula yg ribut kalau rupiah melemah

Padahal kelakuan kalian itu yg menyebabkan demikian.
emang bumn ga belajar dr tahun 98 utk melakukan lindung nilai?
Thread seperti ini pasti sepi dan tenggelam.

Padahal ini urgent dan BERBAHAYA lho

Pada belum pernah transaksi dollar sih ya, jadi ga sadar bahayanya

emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Fokus ke teror bom aja
Fokus ke penguatan dolarnya kalo sudah gak ketolong lagi
Quote:




klo.ude kolep baru mewek ye

rakyat indonesia harus mikirin teroris mau dollar 20rb yg penting teroris emoticon-Big Grin

jgn bilang lemahnya rupiah krna teroris emoticon-Big Grin
Mau belanja dollar ahk emoticon-Traveller
Quote:


Yg demo jilid2, ga hutang, ga jual asset negara, ga bawa imigran TKA, ga naek chopper buat ciyra, ga planga plongo, ga gnti istora mnjdi blibli arena....

Ngoookkkk emoticon-babi
Quote:


Nilai mata uang negara sangat berkaitan dengan tingkat keamanan negara tersebut. Karena apabila negara tersebut terbilang tidak aman maka Investor asing akan segan untuk menanamkan modalnya di negar tersebut. Apabila suatu negara yang bukan produsen minyak mentah tidak mempunyai investor maka tidak akan ada perusahaan, tidak ada perusahaan tidak ada pekerjaan. Tidak ada pekerjaan ekonomi menurun dan berpengaruh kepada mata uang.

Ini pelajaran ekonomi dasar.
Bray, di bp kalo nggk bawa berita teroris, bakal di cap pendukung teroris,
emoticon-Stick Out Tongue
Quote:


Ini kan teroris ekonomi