alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Beritagar.id /
Perppu Antiterorisme dan Indonesia Siaga 1
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af963c5529a45f3308b457b/perppu-antiterorisme-dan-indonesia-siaga-1

Perppu Antiterorisme dan Indonesia Siaga 1

Perppu Antiterorisme dan Indonesia Siaga 1
Presiden Joko Widodo menyampaikan arahan saat Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa, Pusat dan Daerah Tahun 2018 di Jakarta, Senin (14/5).
Rentetan teror yang terjadi belakangan ini kembali menyoroti pentingnya payung hukum bagi kepolisian sehingga dapat menindak tegas dalam pencegahan maupun tindakan terorisme. Kepolisian pun telah menetapkan Indonesia dalam status Siaga Satu.

Mendesaknya payung hukum penanganan tindak pidana teroris itu disampaikan Presiden Joko Widodo. Presiden meminta DPR segera merampungkan revisi UU Tindak Pidana Terorisme pada Juni 2018.

"Kalau nantinya bulan Juni, akhir masa sidang ini belum segera diselesaikan, saya akan keluarkan Perppu," kata Jokowi melalui laman Sekretariat Kabinet, Senin (14/5/2018).

DPR dan pemerintah menggodok perubahan Undang-undang tentang pemberantasan tindak pidana terorisme sejak Februari 2016. Jokowi menegaskan revisi itu penting karena merupakan sebuah payung hukum yang penting bagi Polri untuk bisa menindak tegas dalam pencegahan maupun tindakan.

Presiden menegaskan, pemerintah akan melawan terorisme dan membasmi sampai ke akar-akarnya. "Saya sudah perintahkan kepada Kapolri untuk tegas, tidak ada kompromi dalam melakukan tindakan-tindakan di lapangan untuk menghentikan aksi-aksi teroris ini," kata Presiden.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengusulkan Perppu menggantikan UU nomor 15 tahun 2003 tentang pemberantasan tindak pidana terorisme.

"Bila proses revisi terlalu lama, kami mohon Presiden mengajukan Perppu (UU Terorisme)," kata Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian di RS Bhayangkara Surabaya, Minggu (13/5/2018) melalui Antaranews.

Tito mengatakan polisi mengetahui sel jaringan teroris, tetapi tak dapat melakukan tindakan karena mereka belum melakukan aksi. Tito memohon dukungan anggota DPR agar revisi UU Antiterorisme tidak berlarut-larut karena korban sudah banyak berjatuhan.

Tito mengatakan ada 500 orang kembali dari Suriah, di antaranya pelaku pengeboman di Surabaya, tetapi kepolisian tidak bisa berbuat apa-apa kalau kalau tidak melakukan pidana.

Rancangan revisi Undang-undang pemberantasan tindak pidana terorisme diajukan pemerintah, pasca-teror bom Thamrin yang terjadi pada 14 Januari 2016.

Di DPR, pembahasan revisi itu melalui Panitia Khusus UU Antiterorisme. Ketua Pansus adalah Muhammad Syafi'i dari Fraksi Gerindra. Sedangkan wakil ketua Pansus Hanafi Rais (PAN), Syaiful Bahri Ansori (PKB), dan Mayjen TNI (purn) Supiadin Aries (NasDem).

Rencana pengesahan perubahan UU Antiterorisme itu beberapa kali ditunda, termasuk dalam paripurna 26 April 2018 lalu. Karena itu, banyak yang mempertanyakan kinerja panitia khusus dalam membahas undang-undang itu.

Meski ada "ancaman" dari Presiden, Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Wiranto optimistis revisi UU Antiterorisme dapat segera diundangkan tanpa perlu Perppu. Wiranto pun mengundang sejumlah pertinggi partai pendukung pemerintah seperti Sekjen PDI-P Hasto Kristiyanto, Sekjen PPP Arsul Sani, Sekjen PKB Abdul Kadir Karding, Sekjen Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus dan Sekjen PSI Raja Juli Antoni.

"Kendala tentang revisi Undang-Undang Terorisme sudah kita sepakati dan selesaikan bersama, sehingga dalam waktu singkat revisi itu mudah-mudahan dapat segera kita undangkan," kata Wiranto melalui Antaranews.

Wiranto mengatakan opsi perppu yang sempat mencuat mengingat rentetan ledakan bom yang dilakukan kelompok teroris tidak digunakan. Menurut Wiranto, konsep terakhir dari revisi UU antiterorisme akan segera diselesaikan.

Adapun anggota Pansus RUU antiterorisme, Arsul Sani memastikan pengesahan revisi UU yang tengah dibahas antara pemerintah dan DPR akan dilakukan sebelum Lebaran 2018.

Siaga 1 seluruh Indonesia

Mabes Polri telah menetapkan status siaga 1 di seluruh Indonesia untuk peningkatan keamanan internal maupun eksternal. Dengan status siaga 1 kepolisian, yang terkena dampak adalah polisi sendiri, seperti cuti bisa dibatalkan dan mungkin ada pengerahan berbagai satuan kepolisian.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Polri, Inspektur Jenderal Setyo Wasisto mengatakan status kepolisian se-Indonesia siaga satu.

"Seluruh kepolisian di Indonesia sudah dimintakan siaga satu dalam rangka meningkatkan keamanan baik internal maupun eksternal. Semua objek vital menjadi sasaran pengamanan kita sesuai dengan daerah masing-masing," kata Setyo Wasisto saat jumpa pers di Mabes Polri, dikutip iNews, Senin (14/5/2018).

Menurutnya, siaga satu tersebut dengan cara meningkatkan jumlah personel dan kegiatan di internal kepolisian karena segala kemungkinan bisa saja terjadi. Namun dia meminta masyarakat untuk tetap tenang.

"Untuk masyarakat silakan beraktivitas seperti biasa, kami akan menjaga. Kapolri sudah memerintahkan seluruh jajaran tetap meningkatkan keamanan hingga semua berlangsung dengan baik," ujar Setyo.

Selain itu, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak menyimpan dan menyebarkan gambar atau video aksi terorisme. Dia meminta semua gambar atau video yang ada di telepon atau gadget masing-masing di hapus.

Setyo menambahkan, agar masyarakat mengonfirmasi setiap mendapatkan informasi aksi teroris ke pihak berwajib. Karena, kata Setyo, banyak sekali berita-berita hoaks yang beredar di masyarakat.
(function(d, s, id) { var js, fjs = d.getElementsByTagName(s)[0]; if (d.getElementById(id)) return; js = d.createElement(s); js.id = id; js.src = "//connect.facebook.net/en_US/sdk.js#xfbml=1&version=v2.6&appId=1643543942554049"; fjs.parentNode.insertBefore(js, fjs);}(document, 'script', 'facebook-jssdk'));Perppu Antiterorisme dan Indonesia Siaga 1


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...onesia-siaga-1

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Perppu Antiterorisme dan Indonesia Siaga 1 Teror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomi

- Perppu Antiterorisme dan Indonesia Siaga 1 Tokoh lintas agama minta negara tak boleh kalah dari terorisme

- Perppu Antiterorisme dan Indonesia Siaga 1 Berbenah jika pejabat akan datang

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di