alexa-tracking

Tito Pastikan Terduga Pelaku Bom Surabaya Bukan Alumni Suriah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af961c59a0951be528b4567/tito-pastikan-terduga-pelaku-bom-surabaya-bukan-alumni-suriah
Tito Pastikan Terduga Pelaku Bom Surabaya Bukan Alumni Suriah
Jakarta, CNN Indonesia -- Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan terduga pelaku bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya tidak pernah berangkat ke Suriah. Pernyataan itu sebagai klarifikasi atas pernyataannya pada Minggu (14/5), bahwa pelaku bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya pernah ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

"Dalam keluarga yang meninggal ini tidak ke Suriah. Ini setelah saya konfirmasi kembali kemarin dengan tim densus yang menangani dikroscek kembali," kata Tito kepada wartawan di Mapolda Jawa Timur, Senin (14/5).

Meski demikian, Tito tak membantah ada keterkaitan antara jaringan teror di Suriah dengan keluarga yang melakukan bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya.

Keterkaitan itu, kata Tito, terletak pada hubungan antara keluarga pelaku bom bunuh diri di tiga gereja Surabaya dengan sebuah keluarga yang pernah dideportasi oleh pemerintah Turki beberapa waktu lalu.

Keluarga yang dideportasi Turki itu, menurut Tito, berperan sebagai ideolog dalam jaringan teror yang dibangun keluarga pelaku bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya.

"Satu keluarga ini adalah salah satu ideolognya kelompok ini, itu yang baru pulang satu keluarganya, ditangkap oleh Turki dan dideportasi ke Indonesia. Nah, pimpinan dari keluarga ini, yang ditangkap Turki ini karena mau ke Suriah itulah yang menjadi ideolog utama kelompok ini," kata Tito.

Tito tak menyebut nama keluarga yang dideportasi Turki ke Indonesia itu. Alasannya, polisi masih mencari keberadaan keluarga tersebut.

"Sedang kami cari," ujarnya.

Serangkaian bom meledak di Surabaya sejak Minggu lalu. Teror bom pertama terjadi di tiga gereja yakni di Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel, Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jalan Diponegoro, disusul serangan bom ketiga di Gereja Pantekosta di Jalan Arjuno.

Bom bunuh diri di tiga gereja itu membuat 13 orang tewas dan 41 orang luka-luka.

Hanya berselang beberapa jam, bom meledak di Rusunawa Wonocolo, Kabupaten Sidoarjo, menewaskan tiga orang dan melukai dua anak-anak. Kemudian, teror terakhir terjadi di Mapolrestabes Surabaya pada pagi tadi.

Belasan pelaku tewas dalam rangkaian bom di Surabaya dan Sidoarjo, sementara puluhan lain mengalami luka-luka termasuk dari kepolisian. Polisi masih terus menyelidiki pemicu aksi teror ini. (wis)

https://m.cnnindonesia.com/nasional/20180514152649-20-298096/tito-pastikan-terduga-pelaku-bom-surabaya-bukan-alumni-suriah

Alumni gak alumni tangkap semua toti
image-url-apps
Padahal sdh diamini oleh para komentator kemarin
image-url-apps
loh pak? kok sedang dicari? berarti ga diawasi kemaren pas plng dari sana?
KASKUS Ads
image-url-apps
Quote:


Loh bro itu pentingnya RUU terorisme makanya biar bisa dicegah kalo belum disahkan ya kek gini
image-url-apps
Golongan otak dongok, pengen mati bawa-bawa orang..
image-url-apps
Quote:


Kalau pengawasan aj (dimana tinggal, lari kemana, kegiatannya apa dll) , gw pikir ga perlu UU teroris itu bro? Nah, kalau diciduknya (interogasi, disel dll), setelah kegiatan org2 itu mengarah ke tindakan terorisme, itu yg diatur UU ini bro, kalau ga salah gt... CMIIW
Semoga penjelasannya terang benderang
image-url-apps
lah, ideolog utamanya berkeliaran....bahaya tuh kalo sampe dapat korban lagi

Semoga cepat tertangkap
image-url-apps
Quote:


ideologi sumbernya mana??? emoticon-Big Grin
image-url-apps
Tito Pastikan Terduga Pelaku Bom Surabaya Bukan Alumni Suriah
Quote:


Jadi ujung-ujungnya tetap satu network emoticon-Ngakak

Ah, palingan lulusan Suriah ntar jadi ustad atau guru ngaji, menyebarkan paham teroris kemana-mana.

Kan legal dan diperbolehkan hukum? Kalo gak terima berarti kriminalisasi ulama emoticon-Big Grin
image-url-apps
Quote:

astajim, kok tau emoticon-Kagets
image-url-apps
katanya kemarin iya, sekarang kok nggak ?
image-url-apps
Quote:


Harusnya minimal wajib lapor ke Polda setempat setiap hari. Sudah terbukti desersi ke "negara" lain harusnya sudah cukup utk jd bahan diskresi polisi utk melakukan pengawasan khusus. Wajib lapor ke Polda/Polres tiap hari, digeledah rumahnya, disadap telponnya, dipantau kegiatannya. Sehari aja kelewat gak laporan, langsung masukin DPO.

Coba misal ada orang yg ketahuan jadi agen ganda Australia misalnya. Masak tetep mau dijadiin WNI lagi? Tanpa pengadilan pula.
bukan alumni aja dah kaya' gini.. emoticon-Traveller
image-url-apps
Lagian keluar masuk suriah jg tidak semudah itu kayaknya.
image-url-apps
Bahkan dalam memberikan keterangan pun masih plin plan. Bagaimana mau menjaga keamanan masyarakat dari teroris?
image-url-apps
Quote:


Iya gan, bisa jg seperti itu. Cm gw pikir dr dulu polkis udah nglakuin pengawasan lebih, meskipun diam diam, ke org2 yg pernah ke suriah itu, tp kl ngebaca pers confference nya pak Tito, sepertinya itu ga dilakukan sama sekali gan
PA 212 KAH?

PA(baca Pea): Pendek Akal
Quote:


kok gampang bgt jadi ustad ya?

nggak perlu sertifikasi segala macam.

guru TK aja perlu menempuh pendidikan tertentu.
×