alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Citizen Journalism /
Kapolres Banyuasin Hadiri Apel Gabungan Kesiap Siagaan Karhutlah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af95906a09a39c3748b456a/kapolres-banyuasin-hadiri-apel-gabungan-kesiap-siagaan-karhutlah

Kapolres Banyuasin Hadiri Apel Gabungan Kesiap Siagaan Karhutlah

Kapolres Banyuasin Hadiri Apel Gabungan Kesiap Siagaan Karhutlah
Bertempat dilapangan Upacara Pemkab Banyuasin Senin (14/5/2018) pukul 08.00 wib, telah berlangsung kegiatan Apel Gabungan dalam rangka Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan menghadapi karhutlah Kab. Banyuasin dan Penandatanganan MoU (MOU) dengan Stakeholder terkait tahun 2018, selanjutnya dilaporkan sbb :

Kegiatan apel tersebut dihadiri oleh AKBP Yudhi Surya Markus Pinem, S.Ik (Kapolres Banyuasin), Kasdim 0430/Ba diwakili oleh Kapten Inf Kusnandar (Pasi Intel Dim 0430/Ba), Danyon Arhanud 12/SBP diwakili oleh Kapten Arh M. Arif (Danraipur Q), Bpk. LA. Kamis (Kajari Banyuasin), DR. H. Firmansyah (Sekda Banyuasin), Bpk. Heriyadi H.M Yusuf (Wakil Ketua DPRD Banyuasin), DR. H.M Senen Har, M.Si (Ass I Setda Banyuasin), Bpk. Adi Nopriyansyah (Kadaops Manggala Agni Banyuasin), Bpk. Erwin Ibrahim (Kakominfo Banyuasin), Bpk. Zulkifli Idris (Kepala Bappeda Banyuasin), Kapten Inf Saryo (Danramil 430-05/Betung), Kapten Inf Elmi Dinata (Pasi Ops Dim 0430/Ba).

Pimpinan apel oleh Ir. SA. Supriono MM (Bupati Banyuasin), Komandan Apel dijabat oleh Lettu Inf Pringgo (Pasiter Kodim 0430/Ba) dan Perwira Apel dijabat oleh AKP Arifin (Kasat Sabara Polres Banyuasin).

Kemudian dilanjutkan pemeriksaan Pasukan, laporan ketua Apel Apel Gabungan kesiapsiagaan personil dan peralatan menghadapi karhutlah Kab. Banyuasin, oleh Drs. H. Indra Hadi, M.Si (Kaban BPBD Kesbangpol Kab. Banyuasin) :

1) Dasar Pelaksanaan :

a) Surat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor : S.1/Menlhk/Setjen/PP 4/1/2017, tanggal 3 Januari 2017, tentang Kewaspadaan Kebakaran Hutan dan Lahan Tahun 2017.

b) Surat Keputusan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 102/KPTS/BPBD- SS/2018, tanggal 1 Februari 2018 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Asap Akibat Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2018.

c. Surat Keputusan Bupati Banyuasin Nomor: 130/KPTS BPBDKESBANGPOL/ 2017 tanggal 14 Februari 2018 tentang penetapan status siaga darurat bencana asap akibat kebakaran hutan, Kebun dan lahan Kabupaten Banyuasin tahun 2018.

2) Tujuan Pelaksanaan :

a) Meningkatkan kesiapan personil dan peralatan pemadaman kebakaran hutan, Kebun dan lahan dalam menghadapi kebakaran hutan, kebun dan lahan di Kabupaten Banyuasin tahun 2018.

b) Meningkatkan peran dan fungsi masing- masing OPD, stakeholder terkait dalam pencegahan dan pengendalian kebakaran hutan, Kebun dan lahan di Kabupatern Banyuasin.

c) Mencegah dan mengendalikan kebakaran hutan, kebun dan lahan secara dini bersama-sama pemerintah, masyarakat dan dunia usaha.

3) Waktu dan Tempat Pelaksanaan : hari senin tanggal 14 Mei 2018 bertempat di Halaman Kantor Pemerintahan Kabupaten Banyuasin.

4) Peserta / Personil Apel Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan Kabupaten Banyuasin Tahun 2018 diikuti oleh peserta / personil yang berasal dari :

a) Polres Banyuasin sebanyak 1 Pleton.
b) TNI sebanyak 1 Pleton.
c) Pol PP Banyuasin sebanyak 1 Pleton.
d) Damkar Banyuasin sebanyak 1 Pleton.
e) Manggala Agni sebanyak 1 Pleton.
f) URC Kesehatan sebanyak 1 Pleton.
g) TRC BPBD Banyuasin sebanyak 1 Pleton.
h) Tagana Dinsos sebanyak 1 Pleton.
i) Masyarakat Peduli Api sebanyak 1 Pleton.
j. Pramuka 1 Pleton.
k. ASN OPD Pemkab Banyuasin.
l. Satgas Perusahaan Perkebunan dan Kehutanan.

5) Peralatan Apel kesiapsiagaan Personil dan Peralatan Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan Kabupaten Banyuasin, pada hari ini digelar Peralatan yang berasal dari OPD dan Instansi Vertikal serta yang berasal dari perusahaan perkebunan nasional / swasta yang ada di Kabupaten Banyuasin antara lain: Dari BPBD Banyuasin Dari Pol PP Damkar Dari TNI/Polri Dari Manggala Agni Dari Perusahaan Perkebunan nasional / swasta di Kabupaten Banyuasin. Pos Komando Pos Komando pemadaman Karhutbunla yang disiagakan dalam rangka pencegahan dan pengendalian karhutbunla tahun 2018, sudah tersebar di berbagai lokasi dalam Kabupaten Banyuasin antara sebagai berikut posko lapangan terpadu BPBD Banyuasin berlokasi :

a) Desa Sungai Pinang Kecamatan Rambutan.
b) Desa Sungai Dua Kecamatan Rambutan.
c) Kelurahan Talang Keramat Kecamatan Talang Kelapa.

Ketiga lokasi tersebut dekat dengan Jakabaring tempat perhelatan Asian Games 2018 dan Bandara Sultan Mahmud Badarudin II, guna mendukung kelancaran Asian Games Tahun 2018.

d) Posko Manggala Agni tersebar di 10 posko.
e) Posko Desa Peduli Api (DPA) di 79 lokasi desa.
f) Posko Lapangan Perusahaan Perkebunan / Kehutanan nasional /swasta.
g) Posko Regu Kelompok Tani Peduli Api.

f. Amanat Pembina Apel yang dalam kesempatanya Bupati Banyuasin Ir.SA Supriono MM menyampaikan :

1) Pencegahan karhutbunla lebih diutamakan di lapangan dalam bentuk sosialisasi, pemberdayaan masyarakat, penguatan kapasitas kelembagaan, pembasahan lahan gambut melalui pembuatan sekat kanal dan embung- embung air Tahun 2015, merupakan tahun terburuk dalam sejarah bencana Kebakaran Hutan, Kebun dan lahan, sampai bulan Desember 2015 terdapat 1.594 hotspot dan hingga November 2016 hanya terdapat 53 hotspot, Sampai pertengahan Juli 2017 titik api baru terpantau 11 titik dan dapat dikendalikan.

2) Tahun 2018 sampai dengan bulan April 2018 belum terdeteksi adanya Hotspots. dalam upaya pencegahan kebakaran lebih dini, sejak 14 Februari 2018 telah ditetapkan Status Siaga Darurat Bencana asap.

3) Di Sumatera Selatan umumnya dan Kabupaten Banyuasin Khususnya merupakan salah satu Kabupaten penyumbang terbesar timbulnya bencana asap. Alhamdulillah berkat konsolidasi, koordinasi yang intensif dan dukungan dari berbagai pihak yang ada di Kabupaten Banyuasin disertai kondisi cuaca yang kondusif, kebakaran hutan, kebun dan lahan di Kabupaten Banyuasin Tahun 2016/2017 turun sangat signifikan.

4) Pelaksanaan pengendalian karhutbunla di Kabupaten Banyuasin telah dilengkapi dengan Perda Provinsi Sumatera Selatan Nomor 8 Tahun 2016 Tanggal 21 April 2016 tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan/atau Lahan. Adapun langkah-langkah pengendalian karhutbunia yang harus segera dilakukan yaitu :

a) Melakukan Cek Lapangan (Groundcheck) titik panas (Hotspot) sesegera mungkin untuk memastikan kejadian kebakaran hutan, kebun dan lahan, bilamana terjadi kebakaran agar dilakukan pemadaman dini. Bilamana kejadian kebakaran tersebut tidak dapat dipadamkan maka dilakukan pemadaman lanjut dengan melibatkan seluruh sumberdaya pengendalian kebakaran yang ada di wilayah kita.

b) Mengantisipasi kejadian kebakaran hutan, kebun dan lahan sedini mungkin dengan menggerakan seluruh jajarannya sampai tingkat desa serta mengaktifkan pengawasan tersebut setiap indikasi kejadian kebakaran hutan, kebun dan lahan.

c) Mengkoordinir semua potensi daerah sampai persiapan pengendalian kebakaran hutan, kebun dan lahan serta meningkatkan koordinasi antara pihak baik dengan pemerintah Kabupaten/Kota, TN/POLRI, Lembaga Swadaya Masyarakat, Swasta dan masyarakat dalam pengendalian kebakaran pusat, hutan, kebun dan lahan.

d) Sosialisasi penyuluhan tentang dampak kebakaran hutan, kebun dan lahan dan kampanye pencegahan kebakaran hutan, kebun dan lahan yang diprioritaskan pada dearah rawan kebakaran hutan, kebun dan lahan dengan melibatkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang peduli terhadap pencegahan kebakaran kebun,hutan dan lahan.

e) Menggerakan posko pengendalian kebakaran hutan, kebun dan lahan hingga instansi pada level bawahnya.

f) Melakukan patroli intensif pada daerah rawan kebakaran hutan, kebun dan lahan serta segera memadamkannya apabila terjadi kebakaran.

g) Pada daerah-daerah rawan kebakaran hutan, kebun dan lahan yang berada di daerah gambut yang terdapat kanal agar segera membuat sekat kanal (canal blocking), sedangkan pada daerah yang bertanah mineral agar dibangun sumur bor dan embung.

h) Memastikan semua sarana prasarana penanganan kebakaran hutan, kebun dan lahan untuk kebutuhan pemadaman dalam kondisi siap pakai.
Apel selesai dilanjutkan dengan acara tambahan yaitu

1) Penandatanganan (MOU) kesepakatan dengan Stakholder terkait :

- RUFAN SAFARI, PT. SUTOPO LESTARI JAYA.
- RUDY, PT. TANJUNG KASIH LESTARI.
- B. MANALU, PT. CAHAYA SAWIT SEJAHTERA.
- FIYETRA HELMI, PT. SWADAYA INDOPALMA.
- ARMANDO, PT. SUMATERA ANUGERAH JAYA.
- RAZAL DAN AMRI DAMANIK, PT. AGRO PALINDO SAKTI.
- IMAM PURWONO, PT. TUNAS BARU LAMPUNG. TBK.
- DWI PIRANN, PT. RAJA PALMA.
- PASMIN, PT. TUNAS JAYA NEGERIKU.
- ARIPIN, PT. CIPTA LESTARI SAWIT.
- HERIYATNO, PT. KASIH AGRO MANDIRI.
- AGUS SUMARWAN, PT AGRONUSA BUMI LESTARI.
- HULIL AMRI, PT. ANDIRA AGRO.
- ARMAN, PT. DAYA SEMESTA AGRO PERSADA.
- SUNANTO, PT. RIZKY SETIA ABADI.
- WELDY PUJI PH, PT. AGRO MITRA MAS LESTARI.
- BAMBANG, PT. SUKSES SAWIT GASING.
- HARTONO, PT. AGRINDO RAYA.
- HERMAN, PT. PULAU SUBUR.
- GANDI, PT. PRIMA BUMI SEJAHTERA.
- JANSOPIAN, PT. AGRO NUSA ALAM PERKASA.
- SUBROTO, PT. BAHAGIA JAYA PERDANA.
- AZRORI, PT. MULIAGUNA ALAM SEJAHTERA.
- ZULHENDRI, PT. SAWIT MAS SEJAHTERA DAN RAWAMANGUN NYAMAN.
- TURMAN SIHOTANG, PT. MAHKOTA ANDALAN SAWIT.
- MUHAMMAD NASIR, PT. CITRA SEMBAWA.
- AHCMAD ENDANG HEDRA, PT. HAMITA UTAMA KARSA.
- WISNU BUSTAMAN, PT. SRI ANDAL LESTARI.
- SULISTYA, PT. PATRI AGUNG PERDANA.
- H. YUSLI BIN H.YUSOF, PT. KARYA SAWIT LESTARI.

2) Penandatanganan TURUT BERDUKA CITA atas gugurnya 6 (Enam) anggota Polri dalam aksi Terorisme.

3) Peninjauan Peralatan dan Simulasi pemadaman Karhutbunla oleh Manggala Agni, Sat Pol PP serta perusahaan perkebunan.

Pada pukul 09.50 wib, Apel Gabungan dalam rangka Kesiapsiagaan Personil dan Peralatan menghadapi karhutlah Kab. Banyuasin dan Penandatanganan MoU (MOU) dengan Stakeholder terkait tahun 2018 selesai dalam keadaan tertib dan aman.(Ti)

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di