alexa-tracking

Menjaga Etos Kerja dan Stamina Saat Puasa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af95765947868bd6f8b4574/menjaga-etos-kerja-dan-stamina-saat-puasa
Menjaga Etos Kerja dan Stamina Saat Puasa
Menjaga Etos Kerja dan Stamina Saat Puasa

Bulan Ramadan sejatinya bulan produktivitas disertai etos kerja yang tinggi. Bukan sebaliknya, bermalas-malasan hingga bolos kerja seperti yang dicontohkan para oknum pegawai. Berikut kiat tetap bugar saat berpuasa :

1. Pola Istirahat

Mayoritas orang masih tetap aktif bekerja dan menjalani aktivitas meski tengah berpuasa. Tetap bugar selama menjalankan puasa tentu menjadi harapan banyak orang. Pola istirahat yang benar adalah salah satu kunci untuk tetap fit saat menjalani ibadah puasa. Mau tidak mau harus bangun sahur, kemudian makan, otomatis pola istirahat kita terpotong saat sahur. Ini bisa disiasati dengan istirahat lebih awal. Setelah itu bangun sahur dan bisa tidur sebentar lagi setelah sahur.

Selain pola istirahat yang benar, kunci lain untuk tetap fit adalah menjaga pola makan yang benar. Hindari konsumsi gula dan karbohidrat berlebih agar tidak cepat mengantuk setelah sahur. Ketiga, perlunya suplemen tambahan agar tetap fit saat berpuasa.

2. Pola Makanan

Mengonsumsi makanan dan minuman yang salah dapat membuat Anda sakit bahkan lemas saat berpuasa. Sebaliknya, konsumsi yang tepat saat sahur dan berbuka dapat menjadikan tubuh Anda tetap bugar dan sehat meskipun tengah menjalani ibadah puasa.

Sangat dianjurkan untuk menghindari bahan makanan yang banyak mengandung gas karena dapat merangsang pengeluaran asam lambung dan ini sangat dilarang bagi mereka yang mengalami sakit mag. Makanan yang banyak mengandung gas antara lain makanan berlemak, sayuran seperti sawi dan kol, buah nangka, kedondong, dan pisang ambon, serta minuman bersoda.

Selain makanan dan minuman yang banyak mengandung gas, makanan yang banyak mengandung lemak juga harus dihindari karena tubuh akan bekerja keras untuk mengolah lemak, hasilnya tubuh menjadi cepat kehilangan energi.
Makanan berserat baik seperti buah dan sayur selain yang mengandung gas, sangat dianjurkan karena makanan berserat mampu membuat tubuh menahan rasa lapar. Tubuh kita memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna makanan yang banyak mengandung serat, sehingga rasa lapar juga datang lebih lama.

Menjaga Etos Kerja dan Stamina Saat Puasa


3. Perbanyak Air Putih


Banyak-banyak minum air putih pada saat sahur dan berbuka sangat dianjurkan untuk mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh, terutama di siang hari. Banyak minum air putih pada malam hari itu baik, ini berguna untuk mencukupi kebutuhan cairan pada tubuh karena tubuh membutuhkan delapan gelas sehari. Sedangkan saat berbuka, pilih makanan yang ringan, berserat, manis, serta mengandung mineral, vitamin, dan karbohidrat.
pola makan jelas harus diperhatiin emoticon-Malu
Quote:



betul sekali
minum yang cukup gan pas saur, biar enak
Quote:



Minum susu juga biar kuat gat
Quote:


Oh iya bener ganemoticon-Big Grin
Jujur pada diri sendiri dan yakin Allah maha melihat.
Maksudnya jangan mampir ke warteg siangnya.
emoticon-Leh Uga

Menjaga Etos Kerja dan Stamina Saat Puasa