alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
PLN RUGI! Harga Batubara dan BBM Naik
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af94035d89b09c26c8b456a/pln-rugi-harga-batubara-dan-bbm-naik

PLN RUGI! Harga Batubara dan BBM Naik

PLN RUGI! Harga Batubara dan BBM Naik

JAKARTA (INDOPETRO)-PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) menangguk kerugian sebesar Rp 6,49 triliun pada kuartal I 2018. Kinerja keuangan PLN mengalami penurunan dibanding kuartal I 2017 yang berhasil meraup laba bersih Rp 510,17 miliar.

Mengutip laporan keuangan PLN untuk periode tiga bulan yang berakhir 31 Maret 2018 dan 2017, jumlah beban usaha PLN naik menjadi Rp 70,35 triliun dari Rp 60,63 triliun pada periode yang sama tahun lalu.

Kenaikan beban usaha terutama dari biaya bahan bakar dan pelumas yang melonjak dari Rp 27,66 triliun di kuartal I 2017 menjadi Rp 33,52 triliun pada kuartal pertama tahun ini. Biaya pembelian tenaga listrik juga meningkat dari Rp 15,15 triliun menjadi Rp 18,14 triliun.

Pendapatan usaha PLN sebenarnya juga meningkat, namun tak mampu menutup kenaikan beban usaha. Penjualan tenaga listrik di 3 bulan pertama 2018 mencapai Rp 62,91 triliun, sementara di periode yang sama tahun lalu Rp 57,53 triliun. Pendapatan dari penyambungan pelanggan juga bertambah menjadi Rp 1,77 triliun dari sebelumnya Rp 1,619 triliun. Begitu juga pendapatan lain-lain sebesar Rp 387,65 miliar yang lebih baik dibanding Rp 326,49 miliar pada kuartal I 2017 lalu.

Untuk menekan kerugian PLN, Kementerian ESDM menerbitkan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 1410 K/30/MEM/2018 untuk merevisi Kepmen ESDM Nomor 1395 K/30/MEM/2018 yang menetapkan patokan harga batu bara untuk kelistrikan di dalam negeri sebesar USD 70 per ton.

Harga batu bara khusus untuk PLN sebesar USD 70 per ton berlaku mulai 12 Maret 2018, tidak berlaku surut. Menurut perhitungan kasar PLN, patokan harga batu bara ini menciptakan efisiensi sekitar Rp 14 triliun untuk tahun ini.

Menanggapi kerugian perusahaan setrom negara tersebut, Fahmy Radhi, ekonom senior Universitas Gajah Mada (UGM), Yogyakarta mengatakan faktor utama penyebab kerugian PLN adalah kenaikan harga batu bara dan BBM. Sebab hingga 12 Maret 2018, PLN harus membeli batu bara dengan harga pasar yang sempat menembus USD 100 per ton.

Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 1395K/30/MEM/2018 yang mengatur harga batu bara untuk kelistrikan di dalam negeri sebesar maksimal USD 70 per ton diberlakukan per 12 Maret 2018, tidak berlaku surut. Sementara 57% listrik PLN berasal dari pembangkit batu bara.

“Saya menduga kerugian itu lebih disebabkan karena pembelian batu bara. PLN masih beli dengan harga segitu, kerugian itu sudah pasti tidak bisa dihindari karena awalnya berlaku surut tapi dibatalkan,” katanya, Jumat (11/5/2018).

Selain batu bara, kata Fahmy, pembelian bahan bakar minyak (BBM) juga berpengaruh. Meski porsi penggunaan BBM dalam bauran energi listrik hanya 6%, tapi harga minyak mentah yang terus merangkak naik hingga kisaran USD 70 per barel tentu menambah beban PLN.

Fahmy menilai, PLN juga berada di posisi sulit. Sebagai BUMN, PLN harus menjaga agar tarif listrik untuk masyarakat tetap terjangkau. Tarif listrik tak boleh naik, sementara harga biaya bahan bakar meroket. “Kondisi ini menyulitkan PLN,” lanjutnya.

Kendati demikian, Fahmy optimistis keuangan PLN akan kembali hijau pada kuartal II 2018 karena penetapan kebijakan harga batu bara khusus kelistrikan sudah berjalan.

Urutan Terlama
Masa sih rugi emoticon-Bingung
Btw pertamax kah
Udah monopoli, rugi mulu emoticon-Cape d...

Kasih aja ke swasta
Saya pribadi juga rugi loh, bbm naik wakkakakak
emoticon-Selamat
roket terus dibawa2 .. roketnya dah meledug noh di surabaya emoticon-Ngakak (S)
korup mulu gmn ga rugi
Perusahaan listrik tapi gak punya listrik emoticon-Wakaka

pln cuma tukang tagih, tukang meteran, tukang kabel, emoticon-Wakaka

listriknya dari wakanda emoticon-Wakaka
buat mengurangi kerugian, pasokan listrik dari pembangkit dikurangi doong


Pasokan listrik Jawa surplus hampir 40%
https://industri.kontan.co.id/news/pasokan-listrik-jawa-surplus-hampir-40

udah surplus banyak, ehh pembangunan sarana pembangkit masih bakal dilanjut juga...

http://www.dunia-energi.com/proyek-p...tengahan-2018/
Proyek PLTU Suralaya Unit 9 dan 10 Mulai Konstruksi Pertengahan 2018
Minggu, 25 Maret 2018
Diubah oleh tukangkredit
pakek aja teknologi nuklir ato panel surya biar kagak merugi terus emoticon-Big Grin
Quote:


biaya bikin panel surya per 1000 watt masih di kisaran 7jt-10jt gan , itu di luar biaya lahan
butuh lahan minimal 15 meter persegi untuk panel 1000 watt.. kalo di rumah lu butuh 2200 watt, lahannya butuh setidaknya 35 meter persegi
pembebasan tanahnya amit amit ribet
Diubah oleh tukangkredit
ditempat ane, sehari nyala sehari gk

mana sekitar 7 jam matinya emoticon-Mewek

padahal sebelumnya selalu untung emoticon-Hammer2
dia yg menguasai dia yg rugiemoticon-Ngakak
kelemahan PLN kurang difersifikasi bisnis gak ada upaya ekspansi usaha , terlalu tergantung Ama batu bara

Batubara naik gila gilaan yanmodyar udh

beda Ama Pertamina dari hulu ke hilir ditangani , satu sektor rugi masih bisa ditutup Ama profit sektor lain anak usaha (rumah sakit, infrastruktur) ekspansi bisnis kelola blok migas luar negeri juga ada

Gue rasa malah PLN yang butuh perombakan dirreksi soalnya mentok di ide

bisa lah ekspansi ke tambang batubara kelola sendiri atau joint venture dengan BUMN lain kayak bukit asam kalo emang batubara gak bisa ditinggalkan , diversifikasi usaha ke bidang lain menurut saya boleh juga

cuman gak ada yg bahas pas taun 2014 - 2016 lharusnya profit gila gilaan secara pas taun itu batubara jatuh jatuhnya
Diubah oleh sthepcurry
Solusinya gampang ,naekin donk tarif listrik
Teratasi deh 😱
kalo rugi nih minta bantuan pengusaha minyak
PLN RUGI! Harga Batubara dan BBM Naik
lah emang pernah untung
lah emang pernah untung
Jadi kapan listrik naek?emoticon-Traveller
kpn bubarnya neh pln😂😂😂
Udah monopoli, tiap tahun listrik naik terus.. masih ngeluh rugi... kalo fribuminya gak becus ngurus mending jual aja.... salam santun, salan sefemahaman dan fribumi


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di