alexa-tracking

Teror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af917d494786895778b457f/teror-bom-diyakini-tak-berpengaruh-terhadap-ekonomi
icon-hot-thread
Teror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomi
Teror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomi
Petugas menata pecahan dolar Amerika Serikat di salah satu gerai penukaran mata uang di Kwitang, Jakarta Pusat, Selasa (8/5/2018). Rupiah justru menguat pada Senin (14/5/2018) setelah teror bom di Surabaya.
Rangkaian serangan bom yang menguncang Indonesia diyakini banyak pihak tak mampu menggoyang ekonomi Indonesia.

Pada Senin (14/5/2018), hari pertama perdagangan dibuka, rupiah justru menguat terhadap US dolar.

Menurut kurs acuan Bank Indonesia alias JISDOR, nilai tukar rupiah dipatok pada level 13.976, menguat 0,51 persen dibanding penutupan Jumat pekan lalu. Sedangkan menurut Bloomberg Index, pada pukul 11.00 WIB, rupiah malah menguat 28 poin atau sebesar 0,28 persen dibanding Jumat pekan lalu.

Ekonom Institut Development of Institute Bhima Yudhistira Adhinegara berpendapat serangan teror berdampak kecil pada investasi. Investor saat ini lebih mencermati data data ekonomi makro dan tren kenaikan bunga acuan The Fed, bank sentralnya Amerika Serikat.

?"Saya optimistis penanganan dari aparat keamanan untuk mengembalikan kondisi di Surabaya bisa berjalan cepat. Jadi, efek yang ditimbulkan ke kepercayaan investor juga kecil," ujar Bhima kepada Pikiran Rakyat Minggu (13/5/2018).

Bhima mencontohkan, saat Mako Brimob dikuasai napi teroris, hal itu tidak berdampak ke sentimen pasar. "IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) pada 9 Mei 2018 ditutup naik 2,31 persen dan pada 11 Mei 2018 naik 0,83 persen," ujarnya.

Kepala Riset PT Koneksi Kapital Marolop Alfred Nainggolan menilai ada sejumlah faktor yang menyebabkan aksi tersebut tidak akan mengguncang pasar modal.

Pertama, Indonesia telah mengalami berbagai aksi teror dan seluruh aksi tersebut bisa diungkap oleh pemerintah.

Lalu, peristiwa tersebut terjadi di luar jam kerja bursa, sehingga daya kejut bisa lebih direda.

"Aksi teror seperti yang dulu terjadi di JW Marriot misalnya dulu juga hanya pengaruh ke indeks selama beberapa menit atau intraday. Setelah itu indeks normal kembali," katanya kepada Bisnis.com, Minggu (13/5/2018).

Ketiga, investor yakin terhadap kemampuan pemerintah untuk segera mengungkap dalang dari aksi tersebut. Kepercayaan inilah yang menjadi dasar stabilitas pasar modal dalam beberapa tahun terakhir.

Hari ini, IHSG dibuka melemah 0,04 persen dibanding penutupan Jumat lalu, di level 5.993,46. Hingga jelang penutupan sesi I, IHSG masih bergerak melemah.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Rosan P. Roeslani menilai aksi bom bunuh diri di Surabaya, Jawa Timur tidak akan berdampak banyak bagi dunia usaha, termasuk investasi dalam negeri.

"Prospek investasi tetap terbuka luas karena dukungan perbaikan birokrasi dan pembangunan infrastruktur yang digalakan pemerintah," katanya, Minggu (13/5/2018) seperti dikutip dari gatra.com.

Rosan menilai, masyarakat dan dunia usaha yakin aparat keamanan dapat mengusut tuntas dan menumpas aksi terorisme ini hingga ke akar-akarnya.

Menurut Bhima, iklim dunia usaha di lokasi surabaya juga tidak terlalu terdampak. Prospek bisnis di surabaya masih cerah dengan tingkat populasi kelas menengah yang semakin besar.

Tahun 2017 lalu pertumbuhan ekonomi Jawa Timur 5,45 persen. Angka tersebut lebih tinggi dari rata-rata nasional yang mencapai 5,1 persen. "Pengembangan kawasan industri disekitar Surabaya juga bagus. Dampak dari teror hari minggu ini kecil sekali. Pelaku usaha saya kira sangat rasional melihat prospek jangka panjang," ujarnya.

Rosan meyakini, dampak dari bom di Surabaya tidak akan mengganggu fundamental ekonomi di dalam negeri yang saat ini sangat solid dan stabil.

"Para investor yang masuk ke Indonesia mempunyai long term view dan mereka meyakini perekonomian kita dan iklim investasi makin baik," katanya.
Teror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomi


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...rhadap-ekonomi

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Teror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomi Tokoh lintas agama minta negara tak boleh kalah dari terorisme

- Teror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomi Berbenah jika pejabat akan datang

- Teror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomi Bom meledak di rusunawa Wonocolo, 3 orang tewas

macacih?
emoticon-Leh Uga
iya tapi moral yg di guncang
Hmm begitu ya bree
Mudah2an aja emoticon-nyantai
pengalihan isu rupiah tembus 14 ribu emoticon-Leh Uga
nyimak
sesaat aja lah

TIPS
Cara paling cepat memutus hubungan dengan terorisme:

1. Jangan pilih partai-partai politik yang bersimpati dengan HTI/ISIS dan menunda-nunda pengesahan UU Anti Terorisme.

2. Jangan pilih para politisi dari partai-partai politik yang bersimpati dengan HTI/ISIS dan menunda-nunda pengesahan UU Anti Terorisme.

3. Tidak mendengarkan ceramah para penceramah yang sering menghina pemerintah, menyebarkan kebencian, dan memprovokasi massa.

4. Keluar dari grup-grup percakapan yang berisi kebencian, fitnah, hoax, provokasi, dan selalu menyalahkan pemerintah.

5. Menguatkan kebhinnekaan dan persatuan untuk melawan segala bentuk teror yang mengganggu kehidupan berbangsa dan bernegara kita.

6. Mendukung dan percaya pada langkah-langkah yang akan diambil pemerintah dan aparat keamanan demi melindungi seluruh rakyat dan tumpah darah Indonesia.

7. Membentengi keluarga kita dan lingkungan terdekat untuk mencegah segala bentuk intoleransi, radikalisme, dan terorisme terutama di sekolah-sekolah, kampus-kampus, dan tempat kerja. Jangan sampai anak cucu cicit kita jadi teroris!

#BersatuLawanTerorisme
#KitaHentikanIntoleransiSekarangJuga
#SaatnyaNegaraTegas
#TindakTegasTeroris
#KamiTidakTakut
#KamiBersamaPOLRI


Teror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomiTeror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomi
Teror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomi
Teror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomi
Teror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomiTeror bom diyakini tak berpengaruh terhadap ekonomi
Tinggal tunggu aja rupiah 15.000/$
yaudah, ane mejeng dulu emoticon-Cool
Baguslah kalo begitu
.
.
.
.
.

Kata Nasbung ini adalah Pengalihan Isu Rupiah tembus 14.000/Dollar emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga emoticon-Leh Uga
teloris manusia gagal yg iri liat org lain hidup bahagia
Dollar stabil nih
Hmmmmmm
Nanti ada Awam yang bilang, gara2 ini dollar jadi naik..... emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
numpang mejeng
ga berpengaruh dr hongkong
kmaren minggu gw liat mall2 sepi gt emoticon-Gila
ekonomi sih gak gitu ngaruh, yg ngaruh banget itu sekarang ke paradigma masyarakat kepada islam itu sendiri.
Sekarang bakal semakin parno liat yg cadar2an, celana cingkrang, pengajian2 tertutup. Pasti masyarakat merasa terancam kalo ada pengajian yg sifatnya agak mencurigakan. Jadi Efek terbesarnya ya ke umat Islam di Indonesia sendiri. bakal makin lebar itu perpecahan kalo nggak segera dikuatkan lagi persatuan dan kesatuan
investor takut nanamen modal di indonesia jadi lumayan ngaruh
gembok emoticon-Hansip