alexa-tracking

Jokowi tak Mau Perbedaan Memecah Belah

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af90c9431e2e65c468b4583/jokowi-tak-mau-perbedaan-memecah-belah
Jokowi tak Mau Perbedaan Memecah Belah
Jokowi tak Mau Perbedaan Memecah Belah

Jakarta: Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada para kepala daerah tentang keberagaman. Indonesia memiliki 17 ribu pulau, 714 suku, dan 1.100 bahasa.


'Inilah anugerah Allah bagi Indonesia. Berbeda, beragam, majemuk tapi tetap satu dalam bingkai NKRI,' kata Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Program Pembinaan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Pusat dan Daerah Tahun 2018 di JIexpo, Kemayoran, Jakarta, Senin, 14 Mei 2018.


Jokowi mengatakan Indonesia memiliki 514 kabupaten atau kota, 34 provinsi, dan 74.957 desa. Ia sudah menginjakkan kaki di seluruh provinsi dan hampir ke semua kabupaten kota di Indonesia. Di sana, ia mengaku merasakan betul perbedaan di Tanah Air.


'Dari ujung di Sabang sampai di Merauke, ke Pulau Miangas dan Rote di Selatan. Saya lihat betul betapa perbedaan kita, tidak ada negara yang perbedaannya sebesar negara kita,' ujar Jokowi.


Suku di Indonesia juga sangat banyak. Tidak ada negara lain yang memiliki anugerah itu. Misal, Singapura hanya ada empat suku, dan Afghanistan tujuh suku.


Kepala daerah bertugas menjelaskan soal keragaman itu kepada masyarakat. Penyampaian itu penting guna membuka wawasan soal perbedaan di Tanah Air.


'Bayangkan, dari ujung barat sampai timur betapa perbedaan kita ini betul-betul sangat besar. Ini harus kita pahamkan kepada rakyat dan bapak ibu berada di ujung depan ke masyarakat betapa kita berbeda-beda,' ucap dia.


Ia mengingatkan gelaran Pilkada 2018 dan Pileg serta Pilpres 2019 yang sedang dan akan digelar. Ia meminta kepala daerah menjaga masyarakat agar tidak terpecah karena perbedaan pilihan politik.


'Jangan sampai hanya karena pilihan bupati, wali kota, gubernur, presiden, kita ini jadi retak. Tidak boleh,' tegas Jokowi.


Jokowi tak mempermasalahkan perbedaan sikap politik. Namun, ia menginginkan masyarakat ingat akan persaudaraan. Ia tak mau antarmasyarakat atau antarkampung tak saling sapa karena pemilu.


'Jangan dikomporin, dipanasin, tidak saling sapa. Rugi besar bangsa ini kalau hal tersebut diteruskan. Ajarkan beri pembelajaran kedewasaan kematangan etika berpolitik. Ini tugas bapak ibu saudara semua karena berada di ujung dalam melaksanakan tugas ini. Siap?' kata Jokowi disambut teriakan siap dari para kepala daerah yang hadir.

Sumber : http://news.metrotvnews.com/politik/...-memecah-belah

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Jokowi tak Mau Perbedaan Memecah Belah Dua Perjuangan NasDem pada Pemilu 2019

- Jokowi tak Mau Perbedaan Memecah Belah NasDem Incar 6 Kursi DPR dari Sumut

- Jokowi tak Mau Perbedaan Memecah Belah Surya Paloh Yakin Poros Ketiga tak Terbentuk