alexa-tracking

Perempuan dalam Pusaran Terorisme

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af90423c1d770df738b456d/perempuan-dalam-pusaran-terorisme
Perempuan dalam Pusaran Terorisme
Perempuan dalam Pusaran Terorisme

Jakarta: Puji Kuswati, pelaku bom bunuh diri yang membawa serta dua putrinya meledakkan salah satu gereja di Surabaya, Jawa Timur, hanya satu dari sekian banyak perempuan yang terlibat dalam aksi terorisme.


Sebelum Puji, nama Dian Yulia Novi lebih dulu berkecimpung dalam aksi teror bom meskipun aksinya meledakkan Istana Negara gagal.


Faktanya, Pengamat Terorisme Al Chaidar menyebut peran perempuan sebagai 'pengantin' atau eksekutor bom bukan hal baru di Indonesia. Sejak 2014, perempuan mulai masuk dalam pusaran terorisme meskipun jumlahnya masih sedikit.


'Kalau dulu terorisme domainnya laki-laki, tidak ada perempuan. Tapi sejak 2014 khususnya bom panci yang dibawa Dian Yulia Novi (menjadi pemantik) meskipun tidak jadi meledak,' ujar Chaidar, dalam Breaking News, Senin, 14 Mei 2018.


Chaidar mengungkap jumlah teroris perempuan semakin lama semakin meningkat meskipun tak signifikan. Dalam perkembangannya, aksi terorisme yang melibatkan anggota keluarga juga menjadi fenomena baru.


Jika aksi terorisme yang dilakukan laki-laki mudah dideteksi, tidak demikian dengan perempuan. Aksi terorisme yang dilakukan pelaku perempuan cenderung lebih sulit terpantau. Komunikasi yang terbatas dan akses ke media digital yang begitu sedikit menyulitkan polisi untuk melakukan deteksi. 


'Mereka jarang menggunakan media sosial atau alat komunikasi digital, lebih banyak komunikasi langsung. Saya kira memang jadi tantangan sendiri bagi polisi,' katanya. 


Chaidar menilai pelibatan perempuan dalam aksi teror bom menunjukkan bahwa ajaran-ajaran radikalisme yang dijejalkan oleh pimpinan teroris terhadap pasukannya mulai menguap.


Menurut dia, hanya 'ulama' busuk yang memanipulasi ayat dan hadis sesuai dengan interpretasinya untuk membuat perempuan dan anak-anak mau menjadi 'pengantin' dalam aksi teror bom.


'Kalau alasannya untuk mengelabui aparat, masih banyak cara lain. Menggunakan perempuan bahkan anak-anak adalah perusakan terhadap ajaran agama dan tidak bisa ditoleransi,' tegas dia.



Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiw...aran-terorisme

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Perempuan dalam Pusaran Terorisme 3 Orang Tewas Akibat Ledakan di Rusunawa Wonocolo Sidoarjo

- Perempuan dalam Pusaran Terorisme Pemilik Unit Rusun Sumber Ledakan Ditembak Mati

- Perempuan dalam Pusaran Terorisme Rusunawa Wonocolo Dikosongkan Sementara

metrotvnews memang pantas dengan gelar situs berita terbaik, mantap
×