alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Sri Gethuk Air Terjun Yang Penuh Misteri
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af8dda0dcd770b5048b4567/sri-gethuk-air-terjun-yang-penuh-misteri

Sri Gethuk Air Terjun Yang Penuh Misteri



Sri Gethuk Air Terjun Yang Penuh Misteri

Yogyakarta memang daerah yang menarik untuk dikunjungi, banyaknya plot tempat wisata dan keramahan penduduknya banyak turis asing maupun lokal untuk mengunjungiya, tapi tahukah kalian bahwa ada tempat-tempat misteri di Yogyakarta terutama di daearah gunung kidul.

Gunungkidul, Yogyakarta, memiliki sebuah air terjun cantik yang berselimut misteri yakni air terjun Sri Gethuk. Warga Desa Bleberan, lokasi air terjun berada, meyakini keberadaan bidadari hingga raja siluman pada salah satu tempat keramat di Yogyakarta ini. Hal ini pula yang melatarbelakangi terbentuknya nama air terjun yang konon pernah digunakan sebagai tempat mandi pembesar Kerajaan Mataram ini.

Sri Gethuk Air Terjun Yang Penuh Misteri

Air terjun ini memang satu dari objek wisata alam yang terletak di Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Air terjun ini berada di tepi Sungai Oyo sehingga untuk menikmatinya harus menyelusuri sungai dengan rakit. Sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan berupa tebing tebing kapur dikanan-kiri dan rimbunnya pepohonan. Jika di musim kemarau, air sungai akan sangat jernih berwana kehijauan dan tenang. Air Terjun Sri Gethuk memiliki tinggi sekira 25 meter dengan 3-5 terjunan air terjun tergantung musim. Air yang tak pernah kering itu jatuh tak membuat kolam namun langsung merayapi bebatuan kapur yang rapi ditepi sungai. Air terjun ini sedang dalam tahap pengembangan untuk menjadi destinasi wisata andalan Kabupaten Gunungkidul selain dari pantai dan pegunungan karst.

Kata Sri pada air terjun Sri Gethuk diberikan atas keyakinan adanya tujuh orang bidadari cantik yang menghuni air terjun ini. Sementara kata Gethuk berasal berasal dari alat musik tradisional karawitan kethuk.

Sri Gethuk Air Terjun Yang Penuh Misteri

Pada malam-malam tertentu akan terdengar suara alunan kethuk dari air terjun. Namun ketika dihampiri, alunan suara tersebut akan menghilang. Warga meyakini bahwa alunan suara kethuk yang terdengar dari air terjun keramat itu dimainkan oleh ketujuh bidadari yang menghuninya.

Tidak hanya tujuh orang bidadari, warga meyakini pula bahwa air terjun keramat di Yogyakarta ini juga dihuni oleh seorang raja siluman bernama Anggo Menduro. Bersama dengan para bangsa jin lainnya diceritakan bahwa raja siluman ini menempati kerajaan jin yang berada pada dua bukit yang mengapit jalannya aliran sungai yang menuju air terjun Sri Gethuk. Lebih lanjut diceritakan, suara kethuk yang terdengar pada air terjun memiliki hubungan dengan kegemaran sang raja siluman akan seni musik. Selain alunan kethuk, terkadang akan terdengar pula alunan musik dangdut, keroncong serta campursari.

Sri Gethuk Air Terjun Yang Penuh Misteri

Meski dikatakan sebagai tempat angker di Yogyakarta, namun tidak sedikit pula yang memanfaatkan air terjun Sri Gethuk sebagai lokasi untuk melakoni kegiatan spiritual. Dikatakan bahwa terdapat warga luar Bleberan mengunjungi tempat ini pada hari tertentu sembari menaburkan bunga ke air terjun. Ada pula yang datang untuk bertapa pada pagi hari sebelum pengunjung air terjun keramat di Yogyakarta ini mulai ramai.

Untuk kalian yang ingin berwisata yang terpenting adalah perbekalan dan juga tahu tata krama, karena di tempat yang asing tentunya banyak penghuni misteri di dalamnya.

Wisata Misteri

emoticon-Angel

Sri Gethuk Air Terjun Yang Penuh Misteri


sumber : http://www.tempatangker.com/indonesia/yogyakarta/air-terjun-sri-gethuk-gunungkidul-yogyakarta/

Diubah oleh: .nona.
Urutan Terlama
Baru denger ane breee.
tjakep gan lokasinya... emoticon-Matabelo


Sri Gethuk Air Terjun Yang Penuh Misteri


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di