alexa-tracking

Bom meledak di rusunawa, 3 orang tewas

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af8d2edd89b0994278b4578/bom-meledak-di-rusunawa-3-orang-tewas
Bom meledak di rusunawa, 3 orang tewas
Bom meledak di rusunawa, 3 orang tewas
Sejumlah Polisi mengidentifikasi rumah terduga pengebom gereja di kawasan Wonorejo Asri, Rungkut, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018) malam. Di saat yang sama, bom meledak di rusunawa Wonocolo, Sidoarjo, Jawa Timur.
Rentetan bom meledak Minggu (13/5/2018) malam di rumah susun sewa (rusunawa) Wonocolo, Sepanjang, Sidoarjo, Jawa Timur. Para penghuni rusunawa mendengar lima ledakan sejak pukul 21.20. Rangkaian ledakan ini membuat 2 orang tewas di tempat. Sedangkan 1 orang, yang diduga pemilik bom, tewas ditembak polisi.

Kepala Bidang Humas Polda Jatim Frans Barung Mangera menjelaskan total tiga orang yang tewas dan tiga luka-luka. Para korban adalah sekeluarga terduga pemilik bom.

Frans menceritakan, polisi mendengar ledakan dari Rusunawa Wonocolo sekitar pukul 21.20. Mereka langsung meluncur ke lokasi untuk memeriksa asal suara ledakan itu. Ledakan berasal dari unit nomer 2 Blok B lantai 5, yang dihuni AF (47 tahun) beserta keluarganya.

Polisi menyebut, saat tiba di lokasi kejadian, petugas menemukan AF sedang memegang alat pemicu bom. "Petugas tak mau ambil risiko, sehingga dilumpuhkan," ujar Frans di lokasi kejadian, Senin (14/5/2018) dini hari, seperti dikutip dari Kompas.com.

Polisi juga menemukan istri dan anak AF, PS (47) dan LAR (17) tewas karena ledakan. Sedangkan 2 anak AF lainnya, FP (11) dan GHA (11) terluka. Sementara satu anak lainnya, AR (15) selamat. AR yang membawa adiknya ke rumah sakit saat ledakan pertama. "FP (11) dan GHA (11) ini yang kami rujuk sekarang di RS Bhayangkara," kata Frans.

Menurut Frans, polisi juga menemukan tiga bom rakitan yang masih aktif di lokasi kejadian. "Kemudian bahan (peledak) yang cukup banyak di bawa ke Brimob (Polda Jatim)," ujar Frans, seperti dinukil dari CNN Indonesia.

Frans menyatakan ledakan bom rakitan di dalam kamar AF masih diselidiki. Dia menduga, bom rakitan tersebut tak sengaja meledak hingga akhirnya menewaskan istri dan anak AF.

"Akan dilakukan penyelidikan karena kalau meledak di rumah berarti ada unsur ketidaksengajaan dan itu meledak sendiri," tuturnya.

Tetangga AF, M Nur Sholeh (25), menyebut AF dan keluarga tinggal di blok itu sejak 2015. AF memiliki 4 anak. Sehari-hari berjualan kue dan menyuplai warung-warung kopi sekitar rusun.

"Dia (AF) mengantar kue pagi hari, biasanya pada saat subuh," kata penghuni Blok B lantai 2 itu, Senin (14/5/2018) seperti dikutip dari detikcom.

Pengurus rusunawa Lidya Susanti mengaku mengenal AF. Dia diketahui berasal dari Tandes, Surabaya.

Lidya mengungkapkan, Keseharian keluarga tersebut dikenal baik. PS sehari-hari membuat kue, sedangkan AF menjualnya berkeliling. "Kalau sama saya suka menyapa. Tapi kalau info dari tetangga itu tertutup. Gak terlalu akrab paling suka ngobrol kalau bayar tagihan saja," kata Lidya seperti dikutip dari republika.co.id.

Polisi menduga, bom di rusunawa Minggu malam terkait dengan rangkaian bom di tiga gereja di Surabaya, Minggu pagi. "Bisa saja, hubungannya ada," ujar Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Machfud Arifin. Dua lokasi ini jaraknya sekitar 12 km.

Pemerintah Kota Surabaya meliburkan sekolah mulai dari TK hingga SMA, di wilayahnya pada Senin (14/5/2018).

Wali kota Surabaya, Tri Rismaharini menyampaikan kebijakan meliburkan sekolah itu dikeluarkan agar siswa bisa tetap tinggal di rumah dan tidak terbawa dengan kondisi saat ini. "Iya. Saya perintahkan para kepala sekolah untuk meliburkan siswanya selama satu hari," ujarnya, Minggu (13/5) malam.
Bom meledak di rusunawa, 3 orang tewas


Sumber : https://beritagar.id/artikel/berita/...-3-orang-tewas

---

Baca juga dari kategori BERITA :

- Bom meledak di rusunawa, 3 orang tewas Pelaku bom bunuh diri diduga sekeluarga, korban tewas 13 orang

- Bom meledak di rusunawa, 3 orang tewas 4 Terduga teroris tewas ditembak di Cianjur

- Bom meledak di rusunawa, 3 orang tewas Polisi tangkap dua perempuan di dekat Mako Brimob

gila bener