alexa-tracking

Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Teken Kerja Sama dengan BPJS

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af88969de2cf292368b456f/dirjen-bina-pemdes-kemendagri-teken-kerja-sama-dengan-bpjs
Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Teken Kerja Sama dengan BPJS
Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Teken Kerja Sama dengan BPJS

JPP, JAKARTA - Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Pemdes Kemendagri) Nata Irawan menandatangani Perjanjian Kerja Sama tentang Fasilitas dan Penyelenggaraan Program Perlindungan Jaminan Sosial dan Ketenagakerjaan Bagi Aparatur Pemerintahan Desa dengan Direktur Kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) E. Ilyas Lubis.

Perjanjian kerja sama ini merupakan tindaklanjut nota kesepahaman yang telah ditandantangani Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo dengan Direktur Utama (Dirut) BPJS Agus Susanto.

“Ini merupakan bentuk tanggung jawab dari pemerintah untuk mewujudkan hadirnya negara kepada para perangkat desa,” ujar Nata Irawan seusai penandatanganan perjanjian kerja sama di Gedung Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jakarta, Selasa (8/5/2018).

Menurut Nata, Kemendagri memandang penting untuk memberikan perlindungan kepada aparatur desa. Pasalnya, mereka bekerja 24 jam sehari dan menangani hampir semua urusan pemerintahan.

Penting bagi Kemendagri untuk memastikan aparatur desa dapat bekerja dengan tenang, lebih baik, dan berprestasi.

“Tentunya penghargaan seperti ini sangat penting dan harus kita realisasikan supaya dia (aparatur desa) bisa bekerja dengan tenang, bisa bekerja dengan baik, dan prestasi lebih baik lagi,” ujar Nata.

Adapun jumlah aparatur pemerintahan desa yang siap menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, Nata menjelaskan, tersebar di 74.957 desa. Nantinya, perjanjian kerja sama perlindungan jaminan sosial dan ketenagakerjaan bagi aparatur desa yang telah ditandatangani antara Ditjen Bina Pemdes dengan BPJS akan disosialisasikan ke daerah.

Dalam waktu dekat, lanjut Nata, sosialisasi akan dilakukan di tiga regional, yakni Malang, Lampung, dan Yogyakarta dengan mengundang jajaran aparatur yang menangani desa di tingkat provinsi. Setelah itu, baru dilakukan sosialisasi untuk level kabupaten, kecamatan, dan desa.

Terkait pembiayaan BPJS Ketenagakerjaan untuk aparatur pemerintahan desa, Nata mengatakan akan segera dibuat aturan mainnya. “Nanti secara teknis ada aturan main dan akan kita sampaikan ke Mendagri,” ujarnya.

Nata pun berharap dengan adanya perjanjian kerja sama perlindungan aparatur desa dengan BPJS ini, kinerja pelayanan perangkat desa terhadap masyarakat ke depan menjadi lebih baik.

“Ujungnya diharapkan makin meningkatkan pelayanan yang baik oleh perangkat desa. Sebab, sebelum lahirnya UU Desa, pelayanan kepada masyarakat desa sudah mulai membaik,” ujar Nata. (dgr/nbh)


Sumber : https://jpp.go.id/nasional/pemerinta...ma-dengan-bpjs

---

Kumpulan Berita Terkait NASIONAL :

- Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Teken Kerja Sama dengan BPJS Persiapan Asian Games 2018 Rampung pada Juni

- Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Teken Kerja Sama dengan BPJS Menag: Semua Aspek Kehidupan Bangsa Ini Kaya Dengan Nilai Agama

- Dirjen Bina Pemdes Kemendagri Teken Kerja Sama dengan BPJS Mencegah Perkimpoian Anak Harus Libatkan Banyak Pihak