alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Indonesia Update /
Kemenag Imbau Umat Kristiani-Katolik Tetap Tenang
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af8601b947868d24b8b456f/kemenag-imbau-umat-kristiani-katolik-tetap-tenang

Kemenag Imbau Umat Kristiani-Katolik Tetap Tenang

Kemenag Imbau Umat Kristiani-Katolik Tetap Tenang

JPP, JAKARTA - Serangan bom bunuh diri terjadi di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018) pagi. Ketiga gereja tersebut antara lain Gereja Katolik Santa Maria Tak Bercela Ngagel, Gereja Kristen Indonesia Surabaya, dan Gereja Pantekosta Pusat Surabaya.

Terkait kejadian ini, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat (Dirjen Bimas) Katolik Kementerian Agama (Kemenag) Eusabius Binsasi dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (13/5/2018), mengimbau kepada seluruh umat Katolik di mana pun berada untuk tetap tenang dan menahan diri agar tidak terprovokasi oleh kejadian yang sangat melukai hati umat ini.

"Jangan takut, tetapi terus meningkatkan kewaspadaan menghadapi ancaman terorisme dan membantu kerja aparat keamanan dengan melaporkan hal-hal yang mencurigakan di sekeliling," ujarnya. 

Selain itu, Eusabius juga meminta umat Katolik untuk tetap menjaga persatuan, merawat kebinekaan, dan teguh mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Selanjutnya, Ia mengajak pula seluruh umat Katolik menjadi duta perdamaian di tengah-tengah masyarakat, mendoakan keamanan bangsa dalam intensi-intensi pribadi dan lingkungan, mendoakan korban baik yang meninggal maupun yang terluka, serta mendoakan dan mengampuni pelaku sebagaimana ajaran kasih yang diajarkan Yesus Kristus.

"Semoga peristiwa ini tidak terjadi lagi. Kepada aparat keamanan kiranya dapat bekerja keras dan cepat mengungkap peristiwa ini serta menjamin keamanan masyarakat Indonesia dalam melakukan berbagai aktivitasnya," harap Eusabius .

Senada dengan Eusabius, Dirjen Binmas Kristen Kemenag Thomas Pentury juga mengajak umat Kristiani untuk tetap tenang dan tidak bertindak sendiri-sendiri.

"Serahkan seluruh penanganan aksi teror kepada aparat keamanan dan tidak bertindak sendiri-sendiri. Yakin bahwa pemerintah akan menyelesaikan aksi teror ini. Dan pimpinan gereja untuk terus membina umat dengan ajaran kasih yg diajarkan Yesus," tuturnya.

Lebih lanjut Thomas mengimbau agar umat Kristiani tetap tekun melaksanakan Ibadah Minggu, serta selalu berdoa untuk keselamatan bangsa. "Berdoa untuk selalu ada penghiburan bagi jemaat yang duka cita," ajaknya. (agm)


Sumber : https://jpp.go.id/humaniora/sosial-b...k-tetap-tenang

---

Kumpulan Berita Terkait HUMANIORA :

- Kemenag Imbau Umat Kristiani-Katolik Tetap Tenang Seluruh Napiter Terlibat Kerusuhan Dipindahkan ke Nusakambangan

- Kemenag Imbau Umat Kristiani-Katolik Tetap Tenang Sikap Pemerintah Selalu Tegas dan Tidak Pandang Bulu Hadapi Terorisme

- Kemenag Imbau Umat Kristiani-Katolik Tetap Tenang Seluruh Napi Teroris Telah Menyerahkan Diri

Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di