alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
KIAT-KIAT AGAR MUDAH BERSEDEKAH
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af84e9996bde62f498b456a/kiat-kiat-agar-mudah-bersedekah

KIAT-KIAT AGAR MUDAH BERSEDEKAH

Selamat datang di thread sederhana gue.


Selamat menikmati!emoticon-Cendol (S)


KIAT-KIAT AGAR MUDAH BERSEDEKAH


Spoiler for Repost:




Quote:



Termasuk gue.

Dulu, gue adalah orang yang sangat perhitungan, terutama dalam hal uang dan hal yang berbau dengan nilai materi. Kasarnya, gue orangnya super pelit. Gue gak mau ngasih sesuatu ke orang lain secara cuma-cuma kalau tidak mendapat imbalan dari orang yang gue kasih itu. Entah dari mana sifat ini datangnya, orang tua gak ada yang pelit. Malah rutin menyumbang ke pihak yang membutuhkan.

Ketika gue coba memberi sesuatu secara cuma-cuma kepada orang lain hati gue tidak tenang.

Ketika Jumatan pun, jarang banget gue memasukan uang ke dalam kotak amal yang dikelilingkan. Jika mengisi pun hanya seribu, gue merasa bahwa itu adalah uang terakhir dan gue taku kehabisan uang. Saat itu gue pikir, duit jajan juga gak ada, apalagi buat masukin uang ke kotak amal. Ya, uang jajan gue selalu habis tak terasa.

Di saat yang sama, gue sadar sifat pelit yang gue miliki dan sadar pula kalau itu salah. Dan seperti orang normal lainnya, gue ingin berubah.

Hari berganti hari, waktu terus berjalan. Ketika mulai menginjak akhir dari masa pubertas, tepatnya pada masa SMA, gue bertemu seseorang yang sedikit pola pikir gue. Sebut saja dia Karica. Sejauh yang gue perhatikan, dia orang yang cukup gampang memberi sesuatu kepada sesama secara cuma-cuma. Jangankan ke manusia, ke hewan pun dia begitu.


Quote:


Dipikir-pikir lagi, sangat tidak akan rugi kalau kita berbagi secara cuma-cuma (gratis). Contohnya kucing tadi, dia cuma minta makanan sisa dan makanan itu tidak terbuang sia-sia.


Spoiler for "Cerita 2":




Spoiler for "Cerita 3":



Dan masih banyak lagi hal-hal kecil yang mengubah pola pikir gue tentang berbagi. Yang tidak gue jelaskan di sini adalah dengan banyak mendengar kuliah tentang sedekah/berbagi secara tidak sengaja. Karena udah terlalu mainstream.


Spoiler for "Membiasakan diri":



Sejauh ini gue menarik kesimpulan bahwa keikhlasan hati memang sangat berpengaruh. Mungkin pada 6 bulan pertama gue kurang ikhlas ketika mengisi kotak amal itu. Enam bulan setelahnya, gue terbiasa dan sudah ikhlas 100% dan yakin apa yang telah gue berikan akan terganti dengan berbagai bentuk yang dibutuhkan. Terbukti sekarang, walaupun gue rutin bersedekah dengan nominal cukup besar bagi pelajar, gue tidak pernah kehabisan uang jajan. Dompet gue selalu terisi uang, setidaknya ketika gue membutuhkan uang, selalu ada yang membahagiakan tersimpan di dalam dompet. Jangan takut miskin ketika bersedekah.

Dipikir-pikir lagi, ketika masa 6 bulan pertama, gue sedang berada dalam fase belajar bersedekah. Dan seperti biasa, dalam belajar selalu ada hambatan. Tergatung kita menghadapinya, kalau kita benar-benar ingin belajar, kita pasti dapat melaluinya. Kalau tidak benar-benar, pasti akan kalah. 



Quote:




Spoiler for akhirnya:



Oh, iya, seumur hidup gue tidak pernah memberikan uang kepada pengemis seperti apa yang temen gue lakukan. Karena gue pikir, kalau pengemis itu masih bisa berusaha untuk mendapatkan uang. Misalnya kalau ada pengemis yang tangannya cuma satu, sebenernya dia masih bisa bekerja dengan keterbatasannya itu. Buktinya ada penulis yang kehilangan tangannya saat masih kecil tapi ia tak patah semangat. Lalu ada atlit atletik yang tidak mempunyai kaki utuh, hanya sampai lutut saja. Mereka masih bisa berusaha. Gue sangat percaya, Tuhan memberikan kekurangan pada hamba-Nya beserta kelebihannya. Bahasa gaulnya kaya gini: paket combonya Tuhan tuh gini kekurangan+kelebihan=mantap.


Quote:



Wali kelas gue saat kelas 10 dan 11 yang orangnya sama pernah bilang, kita harus belajar bersedekah dari sekarang agar sampai tua nanti kita terbiasa. Kalimat itulah yang membuat gue konsisten sampai saat ini. 


Spoiler for "Harapan TS":



Tulisan ini gue post di blog gue juga, linknya dimari estolagi.blogspot.com ditunggu oleh main2nya ke sanaemoticon-Hammer (S)

Ditunggu juga komentar di bawah dari kaskuser sekalian! It will helps me a lot! emoticon-Cendol (S)
Diubah oleh: estolagi
Urutan Terlama
mumet mocone gan, tulisane gede cilik gede cilik emoticon-Sorry
Post ini telah di hapus oleh Kaskus Support 12
Quote:


Penting jek iso diwoco bree
Quote:


Makasih sarannya gan, ane perbaiki tulisannya emoticon-Cendol (S)
pengalaman yg indah


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di