alexa-tracking

Kapolri Dorong Percepatan Revisi UU Terorisme

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af84b7bdad770b3608b457c/kapolri-dorong-percepatan-revisi-uu-terorisme
Kapolri Dorong Percepatan Revisi UU Terorisme
Kapolri Dorong Percepatan Revisi UU Terorisme

JPP, SURABAYA - Undang-Undang (UU) No.15 Tahun 2003 tentang Tindak Pidana Terorisme dinilai belum kuat untuk memberantas terorisme di Tanah Air karena sifatnya hanya responsif, sehingga aparat keamanan baru bisa menindak teroris jika mereka sudah melakukan tindak pidana.

Oleh karena itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dalam konferensi pers di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018), mendorong Dewan Perwakilan Rakyat untuk segera merampungkan revisi UU Terorisme. 

"Revisi UU (Terorisme) jangan terlalu lama, sudah satu tahun. Kenapa? Karena kita tahu sel-sel mereka, tapi kita tidak bisa menindak mereka kalau mereka tidak melakukan aksi. UU Nomor 15 tahun 2003 ini sangat responsif sekali, jadi kita bisa bertindak kalau mereka melakukan aksi atau sudah jelas ada barang buktinya. Kita ingin lebih dari itu," ujarnya.

Terkait itu, Kapolri menjelaskan, salah satunya misalnya adalah institusi pemerintah ataupun institusi hukum mampu menetapkan sebuah organisasi sebagai organisasi terorisme.

"Misalnya pengadilan menetapkan JAD-JAT (Jamaah Ansharut Daulah-Jamaah Ansharut Tauhid) sebagai organisasi teroris. Dan setelah itu ada pasal yang menyebutkan siapapun yang bergabung dalam organisasi teroris ini dapat dilakukan proses pidana. Itu akan lebih mudah bagi kita," terangnya.

Oleh karena itu, Kapolri mendorong agar DPR dapat mempercepat revisi UU Terorisme.

"Ini korban sudah berjatuhan. Negara membutuhkan power yang lebih. Kita tidak bisa apa-apa kalau misal mereka (teroris) tidak melakukan pidana. Kalau mereka tidak melakukan apa-apa, hanya tujuh hari kewenangan untuk menahan mereka, meng-interview mereka, setelah itu kita lepas. Setelah dilepas, kita monitor, mereka pun menghindar dari monitor kita. Itu persoalannya," tuturnya.

"Jadi sekali lagi kita harapkan Undang-Undang (Teroris) ini agar cepat direvisi," tandas Kapolri. (nba)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/hankam/3209...i-uu-terorisme

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Kapolri Dorong Percepatan Revisi UU Terorisme Sikap Pemerintah Selalu Tegas dan Tidak Pandang Bulu Hadapi Terorisme

- Kapolri Dorong Percepatan Revisi UU Terorisme Seluruh Napi Teroris Telah Menyerahkan Diri

- Kapolri Dorong Percepatan Revisi UU Terorisme Wakapolri Jelaskan Alasan Media Tidak Boleh Masuk Area Kerusuhan Napiter

×