alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / ... / Gosip Nyok! /
Jadi Pemalu Mah.. Susah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af841df642eb69b568b457b/jadi-pemalu-mah-susah

Jadi Pemalu Mah.. Susah

Di dunia ini, banyak orang-orang yang memiliki rasa malu yang berlebihan. Ia berfikiran tentang suatu ancaman yang mengancam dirinya, padahal ancaman tersebut tidak jelas. Ia berfikir bahwa hal-hal konyol akan menimpanya dan menikmati pikiran-pikiran tersebut di dalam pikirannya seolah-olah hal tersebut benar-benar terjadi. Ini agak mirip ketika kita menikmati suatu film horror di sebuah bioskop dan memikirkan kejadian-kejadian dalam film tersebut terjadi ketika pulang dari bioskop menuju rumah nantinya. Dan pada akhirnya, memutuskan untuk pulang dan bermalam di rumah teman.

Yah, agak-agak miriplah dengan rasa malu. Di mana ketika rasa malu tersebut muncul, seseorang menghawatirkan suatu ancaman yang dianggap akan benar-benar terjadi. Kadang seseorang akan memikirkan peristiwa yang pernah Ia alami di masa lalu akan terjadi di masa sekarang, meskipun situasi dan keadaannya berbeda. Misalnya, di masa lalu Ia pernah mengikuti upacara. Ketika itu, Ia ditunjuk untuk membacakan UUD 1945. Nah, ketika Ia tampil itulah.. Ia merasa gugup, tangan gemetar, serasa mau pingsan. Hal ini juga semakin kuat ketika pandangan teman-temannya tertuju kearahya. Dan akhirnya, peristiwa tersebut menjadi salah satu peristiwa yang paling berkesan dalam hidupnya, meskipun kesannya di sini dalam konteks negatif.

Nah, kemudian ini akan berdampak suatu hari di masa mendatang. Misalnya, ketika si pembaca UUD tersebut, ikut rapat dalam sebuah organisasi kemahasiswaan. Di sini Ia akan mengingat peristiwa di masa lalunya ketika tampil di Upacara tersebut. Ia akan mengingat bagaimana Ia khawatir, bagaimana teman-temannya berbisik satu sama lain menceritakan tentang kegagalannya, serta betapa konyolnya Ia ketika seluruh tubuhnya gemetar tak terkendali. Nah, ini akan membuat Ia merasa seakan-akan seperti di masa lalu. Karena terlalu memikirkan hal tersebut, Ia akhirnya jadi gugup dan tidak bisa mengutarakan ide dalam rapat.

Terkadang, terdapat dua situasi yang sangat membingunkan dalam rapat tersebut.
Situasi pertama, Ia tidak mengutarakan idenya, karena Ia merasa malu. Situasi kedua, Ia akan merasa malu pula ketika teman-teman seangkatannya berani mengutarakan semua pendapat mereka dan hanya Ia yang tidak melakukannya.

Ketika hal tersebut terjadi, ini malah jadi sangat menyedihkan. Di satu sisi, Ia tidak berani berbicara karena rasa malu, di sisi lain dalam keadaan yang sama, malah merasa malu ketika tidak berbicara melihat teman-temannya mengutarakan ide mereka. Betapa keaadaan yang sangat menyusahkan. Nah, ketika kedua hal tersebut terjadi dalam satu peristiwa, biasanya si pemalu akan berakhir pasrah tidak melakukan apa-apa sampai rapat selesai. Dan hal-hal seperti di atas akan terus terjadi dalam kehidupan si Pemalu sampai Ia berubah jadi si Percaya diri.

Seiring berjalannya waktu, si pemalu akan berusaha untuk merubah dirinya menjadi lebih percaya diri. Ia membaca berbagai artikel tentang pengembangan diri, bagaimana membiasakan diri untuk berfikir positif, bagaimana bersikap tarhadap pandangan orang-orang tentang dirinya, bagaimana agar Ia tidak merasa rendah dari orang lain, serta bagaimana mengatasi orang-orang yang menimbulkan ketidak percayaan dirinya. Ia juga mulai membaca buku yang berkaitan dengan rasa malu dan bagaimana agar Ia bisa berubah.

Begitulah yang dilakukannya sampai Ia merasa bosan membaca karena apa yang Ia baca adalah hal-hal yang Ia rasa sudah Ia ketahui dari dulu. Sesuatu yang sangat remeh. Ia menganggap semua hal tersebut biasa-biasa saja. Tidak ada cara yang istimewa. Sampai Ia berfikir untuk mengabaikan semua hal tersebut. Bayangkan saja, dari setiap artikel serta tulisan-tulisan di buku yang Ia baca, Ia menemukan bahwa untuk mengatasi rasa malu, seseorang harus terbiasa mengalami peristiwa yang membuatnya malu tersebut. Dalam artian, Ia harus menghadapinya secara langsung. Dan bagi si Pemalu ini, hal tersebut sangat sulit. Karena yang Ia harapkan adalah suatu cara di mana Ia tidak mengalami hal-hal seperti itu. Dan akhirnya Ia memutuskan untuk mengikuti suatu kelas kepercayaan diri. Atau semacam kelas public speaking gitu.

Di dalam kelas tersebut Ia belajar tentang cara berbicara di depan umum serta praktek langsung di dalam kelas di depan semua siswa kelas tersebut. Kadang, praktek dilakukan diberbagai tempat di mana orang-orang banyak berlalu lalang. Hingga pada akhirnya, Ia lulus dari kelas tersebut. Ia mulai merasa percaya diri, Ia mulai mengikuti komunitas, Ia mulai berubah jadi si Percaya diri. Dan pada akhirnya, Ia mulai sadar kalau apa yang merubahnya sekarang adalah sama dengan apa yang telah diutarakan dalam berbagai artikel dan buku yang Ia baca. Apa yang Ia pelajari dalam kelas khusus tersebut merupakan sesuatu yang Ia anggap biasa-biasa saja, ternyata malah merubah dirinya menjadi seperti sekarang.

Dan suatu ketika, Ia mulai memikirkan tentang kalimat yang Ia anggap remeh karena terlalu sering Ia dengar, "ya.. kalau tidak dicoba, mana bisa kita tahu"....
Diubah oleh: tokuchi.t
tersangka kasus korupsi dan terorisme aja banyak yg pede. emoticon-Ngakak
Quote:


Ah.. di luar aja yang keliatan pede. Di dalem mah, nggak.
Quote:


Spoiler for sukses:


emoticon-Ngacir
banyakin pergaulan gan


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di