alexa-tracking

Kapolri Sebut JAD-JAT Dalang Aksi Terorisme Surabaya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af83c07529a45302d8b4575/kapolri-sebut-jad-jat-dalang-aksi-terorisme-surabaya
Kapolri Sebut JAD-JAT Dalang Aksi Terorisme Surabaya
Kapolri Sebut JAD-JAT Dalang Aksi Terorisme Surabaya

JPP, SURABAYA - Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan kelompok Jamaah Ansharut Daulah dan Jamaah Ansharut Tauhid (JAD-JAT) menjadi dalang di balik serangan bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, Minggu (13/5/2018).

"Pertanyaanya (serangan) ini kelompok mana? Kelompok ini tidak terlepas dari kelompok JAD-JAT, Jamaah Ansharut Daulah, Jamaah Ansharut Tauhid, yang merupakan pendukung utama ISIS. Di Indonesia, JAT ini didirikan dan dipimpin oleh Aman Abdurrahman yang sekarang ditahan di Mako Brimob," kata Kapolri dalam konferensi pers di Surabaya, Minggu (13/5/2018).

Menurut Kapolri, kelompok pelaku bom bunuh diri di Kota Pahlawan yang diduga satu keluarga ini terkait dengan sel JAD yang ada di Surabaya. "Dia ketuanya, Dita Prianto ini," tambahnya.

Lebih lanjut Kapolri menuturkan bahwa motif dari aksi terorisme kali ini diduga adalah dikarenakan kelompok radikal ISIS yang saat ini posisinya sedang tertekan di dunia internasional.

"Di tingkat internasional ISIS ini ditekan oleh kekuatan-kekuatan baik dari barat, Amerika dan lainnya, Rusia dan lainnya, sehingga dalam keadaan terpojok. Sehingga (ISIS) memerintahkan semua jaringannya di luar, termasuk yang sudah kembali ke Indonesia untuk melakukan serangan di seluruh dunia. Termasuk di London juga ada terorisme dengan menggunakan pisau di sana," jelasnya.

Di Indonesia sendiri, lanjut Kapolri, ada dua macam kelompok terkait ISIS yang menjadi ancaman negara. Pertama, kata dia, adalah kelompok yang memang JAD dan JAT yang sel-selnya ada di beberapa tempat.

Sedangkan yang kedua adalah mereka yang kembali berangkat ke Suriah dan kemudian kembali ke Indonesia, atau yang tertangkap otoritas di Turki atau Yordania kemudian kembali ke Indonesia.

"Jumlah yang sudah brangkat ke Suriah lebih dari 1.100. 500 lebih masih di Suriah, ada 103 yang meninggal di suriah, dan 500 lagi dideportasi kembali ke Indonesia. Ini yang menjadi tantangan kita. Mindset (pola pikir) mereka masih ideologinya ISIS," ungkap Kapolri. (nba)


Sumber : https://jpp.go.id/polkam/hankam/3209...risme-surabaya

---

Kumpulan Berita Terkait POLKAM :

- Kapolri Sebut JAD-JAT Dalang Aksi Terorisme Surabaya Wakapolri Jelaskan Alasan Media Tidak Boleh Masuk Area Kerusuhan Napiter

- Kapolri Sebut JAD-JAT Dalang Aksi Terorisme Surabaya Polri Minta Maaf Atas Kejadian Kerusuhan Napi Teroris

- Kapolri Sebut JAD-JAT Dalang Aksi Terorisme Surabaya Bukan di Mako Brimob, Kerusuhan Napiter Terjadi di Rutan Cabang Salemba