alexa-tracking

Cara Mudah Untuk Menambahkan HTTPS ke Blog Blogger

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af82e6d54c07ad6058b4569/cara-mudah-untuk-menambahkan-https-ke-blog-blogger
Poll: Ada yang kurang dari thread ini?
Jawab1 0% (0 votes)
Jawab2 0% (0 votes)
Cara Mudah Untuk Menambahkan HTTPS ke Blog Blogger
Istilah "http" dan "https" sudah tidak asing lagi buat kita sebagai seorang Blogger, ini merupakan protokol client / server yang mendefinisikan bagaimana pesan diformat dan dikirim pada World Wide Web.

Dulu, kebanyakan dari kita tidak peduli dengan blog yang menggunakan http ataupun https, tapi sekarang kita menyadari betapa pentingnya menggunakan https pada situs.

Hal ini dikarena selain dari desas-desus bahwa situs https memiliki kelebihan dibandingkan situs non-https dalam hal SEO, Salah satu insiden utama yang juga membawa minat dalam menggunakan https adalah blog yang non-https tidak tampil di browser PC.

...sebelumnya HTTP dan HTTPS itu apa sih bro?

Ok, saya akan jawab berdasarkan dari sumber yang terpercaya

Penjelasan HTTP dan HTTPS

HTTP (Hyper Text Transfer Protocol). Hal ini memungkinkan pengguna World Wide Web untuk mentransfer informasi seperti gambar, teks, video, musik, grafik dan file lain di halaman web. Http pada dasarnya digunakan untuk mengakses halaman html dan juga sumber daya lain dapat diakses menggunakan HTTP.

HTTP adalah protokol request-response dalam model komputasi client-server. Ketika kita memasukkan http:// di depan alamat situs akan memberitahu browser untuk terhubung melalui HTTP.

Misalnya, ketika kita memasukkan URL (http://www.brodanie.com) pada browser kita, ini akan mengirim perintah HTTP ke server Web untuk mengambil dan mentransfer halaman web yang diminta. Browser kita sebagai klien dan host situs web sebagai server.

HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Adalah protokol yang menggunakan koneksi HTTP terenkripsi oleh keamanan lapisan transport.

Kadang-kadang, klien dapat bertukar informasi pribadi dengan server, yang perlu diamankan untuk mencegah beberapa masalah peretasan. Untuk alasan ini, HTTPS dikembangkan oleh Netscape Corporation untuk memungkinkan otorisasi dan transaksi aman.

Bagaimana sudah paham?

Dan dibawah ini adalah cara terbaik untuk menambahkan https ke blog kita.

#1. Membeli Sertifikat SSL dari layanan Webhosting

Jika kita membeli domain baru dari layanan domain dan menghubungkannya dengan blog blogger, informasi dan materi blog kita akan disajikan melalui protokol http biasa.

Namun jika ingin blog kita dilayani melalui koneksi aman, kita bisa membeli sertifikat SSL dari layanan domain.

Tapi jika sobat membeli domain dari Niagahoster sobat akan mendapatkan SSL gratis selamanya.

Niagahoster merupakan salah satu registrasi nama domain/hosting terpopuler di Indonesia, untuk membeli domain Niagahoster kunjungi saja Di Laman domain murah Niagahoster.

#2. Mendapatkan Sertifikat SSL Gratis dari Cloudflare

Selain kita membeli sertifikat SSL dari penyedia layanan domain, kita juga bisa mendapatkannya dari Cloudflare secara gratis.

Cloudflare adalah Jaringan Pengiriman Konten [CDN] yang membantu mengoptimalkan konten suatu situs sehingga dapat memuat lebih cepat.

Untuk mendapatkan sertifikat SSL dari Cloudflare, pertama-tama kita harus menambahkan nama domain di Cloudflare dan kemudian mengubah name server dari dasbor Registrar tempat kita membeli domain. Cara mendaftar di Cloudflare saya sudah jelasin pada artikel sebelumnya.

Jadi, coba deh sobat baca artikel tentang Penjelasan, Pengertian CDN dan Cara Mendaftarkan situs di Cloudflare.

Setelah kita mengubah name server, kita sekarang dapat meminta HTTPS dengan mengklik " Crypto Tab" di dashboard Cloudflare. Kemudian, sekarang kita bisa mengonfigurasi aturan Halaman situs dari dasbor yang sama menggunakan " Tab aturan halaman"!

CATATAN: kita juga harus login ke dashboard blogger >> Tema >> HTML. Kemudian Ctrl + F ganti semua HTTP dan mengubahnya menjadi HTTPS .

Nah, itulah 2 Cara Untuk Menambahkan HTTPS Pada Blogger. Sekian dari saya semoga bermanfaat.[img]https://s.kaskus.id/images/201HTTPS
13/9601547_20180513072206.png[/img]
sourcenya kok ga ada dari blogger ente gan