alexa-tracking

Mendag: Harga Pangan yang Naik Cuma Telur dan Daging Ayam

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af81e7b54c07aef068b4568/mendag-harga-pangan-yang-naik-cuma-telur-dan-daging-ayam
Mendag: Harga Pangan yang Naik Cuma Telur dan Daging Ayam
REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengupayakan stabilitas harga telur dan daging ayam yang terpantau naik di berbagai pasar di wilayah Indonesia.

"Tolong jangan di-framing pemberitaan harga kebutuhan pokok naik. Karena yang naik cuma harga telur dan daging ayam," ujarnya kepada wartawan di sela kunjungan kerjanya di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (12/5).

Di Pasar Wonokromo Surabaya, misalnya, harga telur dari biasanya dijual seharga Rp 22 ribu per kilogram belakangan naik menjadi Rp 26 ribu. Sedangkan daging ayam, dari biasanya Rp 30 ribu per kilogram belakangan naik menjadi Rp 40 ribu. Kenaikan harga dua komoditas tersebut, menurut Mendag, juga terjadi di berbagai pasar lainnya di wilayah Indonesia.

Untuk berbagai komoditas lainnya, seperti beras, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, Mendag memastikan harganya di berbagai pasar wilayah Indonesia stabil di bawah harga eceran tertinggi (HET). "Saya sudah cek di berbagai pasar seluruh provinsi se-Indonesia, harga dan suplai komoditas selain telur dan daging ayam stabil di bawah HET," katanya.

Untuk daging sapi, dia mengatakan, sebenarnya pemerintah telah menawarkan kepada seluruh pemerintah daerah dengan menyediakan daging beku dengan harga Rp 80 ribu per kilogram. "Karena saat ini daging segar harganya berkisar antara Rp 105 ribu hingga Rp 110 ribu per kilogram. Maka kami tawarkan ke pemerintah daerah agar masyarakat ada opsi pilihan harga daging yang harganya di bawah 100 ribu, yaitu dengan menyuplai daging beku," ujarnya.

Namun tawaran dari pemerintah tersebut, kata dia, tidak wajib. "Kalau pemeritah daerah tidak mau juga tidak apa. Dengan begitu masyarakat hanya punya satu opsi daging segar yang hargaya di atas Rp 100 ribu di pasar," katanya.

Saat ini, dia memastikan, pemerintah sedang berupaya menurunkan harga telur dan daging ayam yang terpantau naik di seluruh pasar wilayah Indonesia. "Saya sudah perintahkan kepada Bu Dirjen untuk menelepon asosiasinya untuk segera menyuplai telur dan daging ayam ke pasaran agar harganya stabil. Kalau perlu di perjalanan pulang nanti, saya sendiri yang telepon asosiasinya," ucapnya.

Setelah itu, Mendag akan pantau, jika dalam beberapa hari harga telur dan daging ayam tetap tinggi, pihaknya akan memerintahkan perusahaan-perusahaan besar untuk melepas stoknya ke pasaran agar harganya menjadi stabil. "Sebenarnya ini sangat kami hindari, mudah-mudahan tidak terjadi, karena kalau sampai perusahaan besar melepas stok telur dan daging ayam ke pasaran, yang dirugikan adalah para peternak lokal. Maka kami berharap asosiasinya dapat memasok kebutuhan ini agar harga menjadi stabil dan tidak ada peternak lokal yang dirugikan," tuturnya.


Sumber: Antara |


Tolong dicatat!
yang naik hanya Telur dan daging Ayam.
Selain itu...
Adalah Hoax.
image-url-apps
Harga produk turunan komposisi telur n ayam kan ikut naik? Cem mana pula logika ente! emoticon-Bata (S)
image-url-apps
harga pangan yg naik itu fiksi...

emoticon-Embarrassment
KASKUS Ads
image-url-apps
nih mentri asbun mulu kerjanya emoticon-Busa
Ada ironi.

Puasa kan harusnya menahan nafsu dan lapar, tapi kenapa harga sembako malah naik menjelang Ramadan ya? emoticon-Bingung
image-url-apps
cabe ntar juga naek
image-url-apps
solusi.jika naik emoticon-Big Grin

Mendag: Harga Pangan yang Naik Cuma Telur dan Daging Ayam
menteri taik
image-url-apps
perlu ditawar ga pak ?
image-url-apps
Jaman sby kalau harga ayam dan telur naik
Pemerintah bakalan borong telur dan ayam dr peternak besar dan melakukan penetrasi pasar
Harga dipasaran langsung turun
Tp peternak kecil yg rugi

Jaman jokowi kalau harga ayam dan telur naik
Pemerintah subsidi peternak dengan pakan murah
Pas bulan februari, ditingkat eceran harga pakan ayam bisa tembus 395rb/karung, setelah subsidi harga jd 220-240rb/karung
Harga ga langsung turun tp bertahap tergantung produksi

Metode yg digunain keduanya ane rasa cukup efektif meski ada kekurangannya

Sekian.
Salam peternak
image-url-apps
Quote:


Brt blm menjalani dgn sempurna
Quote:


Oh begini, nice info gan emoticon-Matabelo

Bisa dijelasin lagi gak kekurangan dan kelebihan masing-masing?
Quote:


Sebenarnya harusnya iya, tapi kalau puasa itu jadi ajang pemborosan, orang yang hari hari biasanya makan tahu tempe kalau puasa makannya biasanya naik kelas agak mahal dikit, belum lagi banyak acara macam buka bersama dan bagi2 makanan, yang akhirnya banyak makanan mubazir disitu
image-url-apps
Quote:


Silahkan ente simpulkan sendiri gan
Mana yg menurut ente baik atau kurang
×