alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / ... / Medcom.id /
Rusuh Mako Brimob Disebut ‘Menyuntik’ Gairah Teroris
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af81d8a56e6af63398b4572/rusuh-mako-brimob-disebut-menyuntik-gairah-teroris

Rusuh Mako Brimob Disebut ‘Menyuntik’ Gairah Teroris

Rusuh Mako Brimob Disebut ‘Menyuntik’ Gairah Teroris

Jakarta: Kerusuhan yang dilakukan narapidana teroris di Markas Komando Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat disebut menjadi sesuatu yang menggairahkan bagi kelompok teror. Namun, pengamat terorisme Harits Abu Ulya tak yakin kerusuhan yang terjadi pada Selasa-Kamis (8-10 Mei) itu sebagai pemicu utama rentetan ledakan di tiga gereja di Surabaya, Jawa Timur, pagi tadi.

 

“Jika melihat TKP aksi (teror bom di Surabaya) tersebut, tidak cukup dengan waktu singkat usai rusuh di Mako Brimob untuk menyiapkan (pengeboman). Butuh perakitan bom yang cermat, butuh orang yang punya skill untuk merakit, termasuk penyiapan bahan bom. Belum lagi kesiapan calon ‘pengantinnya’. Semua butuh waktu dan perencanaan yang baik,” kata Harits, melalui keterangan tertulis, Minggu, 13 Mei 2018.

 

Dia yakin aksi ini sudah direncanakan jauh-jauh hari jika melihat lokasi teror, yakni rumah ibadah. Kerusuhan di Mako Brimob, kata Harits, merupakan momen tepat para teroris untuk menebarkan ketakutan.

 

“Karena biasanya mereka paham, ketika ada korban dari pihak polisi, maka dampaknya akan ke kelompok teroris yang masih ada di luar. Mereka akan menjadi target selanjutnya. Nah, secara psikis, kondisi seperti ini membuat mereka nekat untuk melawan,” kata dia.

 

‘Pengantin’ Perempuan dan anak

 

Menurutnya, dugaan pelaku adalah perempuan dan membawa anak, bukan hal baru. Rencana bom panci tahun lalu calon pengantinnya adalah perempuan. “Di kelompok teror, sejumlah perempuan juga sudah ada yang siap menjadi ‘pengantin’ (pelaku bom bunuh diri).”

 

Baca: Jokowi: Tindakan Terorisme Ini Sungguh Biadab!

 

Jika memang pelakunya perempuan, ia meyakini mereka adalah para janda dari terduga teroris yang tewas di tangan anggota Detasemen Khusus Antiteror 88 (Densus 88) Polri. Atau, menurutnya, bisa saja mereka adalah istri dari para narapidana teroris atau janda dari para anggota Islamic State (ISIS) asal Indonesia yang tewas di Suriah. Bisa juga mereka adalah orang-orang yang gagal berangkat ke Suriah atau rekrutan baru.

 

“Motifnya adalah menunjukkan eksistensi dari kelompok teror dan membuat kacau situasi dan kondisi sosial politik di Indonesia,” kata Harits.

 

Ia berharap polisi segra menemukan titik terang kasus ini. Apalagi banyak jejak yang tertinggal di tempat kejadian perkara. “Ada motor, mobil, dan sebagainya. Dari sana bisa ditelusuri untuk menemukan siapa sebenarnya pelaku. Dan bisa diungkap aktor di balik serangan bom ini,” katanya.


Tiga ledakan yang terjadi hampir bersamaan mengguncang Gereja Kristen Indonesia di Jalan Diponegoro, Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Madya, dan Gereja Pentakosta di Jalan Arjuna, Surabaya, Jawa Timur. Peristiwa terjadi sekitar pukul 07.30 WIB. Hingga kini, tercatat 11 orang tewas dan 41 orang terluka.

 


Sumber : http://news.metrotvnews.com/peristiw...gairah-teroris

---

Kumpulan Berita Terkait :

- Rusuh Mako Brimob Disebut ‘Menyuntik’ Gairah Teroris Luka Bakar Serius, Satpam GKI Diponegoro Dirujuk ke RS Dr Soetomo

- Rusuh Mako Brimob Disebut ‘Menyuntik’ Gairah Teroris Jokowi: Tindakan Terorisme Ini Sungguh Biadab!

- Rusuh Mako Brimob Disebut ‘Menyuntik’ Gairah Teroris Tiga Ledakan di Surabaya Terjadi dalam Waktu 1,5 Jam

Urutan Terlama
ya udah kalau tero bergairah sikat di tempat lah ntar tiba tiba meledug kena orang laen.
metrotvnews memang pantas dengan gelar situs berita terbaik, mantap


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di