alexa-tracking

Gaji 150 Juta Perbulan, Pilot Garuda Indonesia Tak Layak Mogok Kerja

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af81779dcd770a0758b4567/gaji-150-juta-perbulan-pilot-garuda-indonesia-tak-layak-mogok-kerja
Gaji 150 Juta Perbulan, Pilot Garuda Indonesia Tak Layak Mogok Kerja
Gaji 150 Juta Perbulan, Pilot Garuda Indonesia Tak Layak Mogok Kerja

JAKARTA - Ancaman mogok Serikat Karyawan Garuda (Sekarga) dan Asosiasi Pilot Garuda (APG) mendapat sorotan tajam dari pengamat kebijakan Publik Indonesian Public Institute (IPI) Jerry Massie. Pasalnya, selain berlebihan dan merugikan konsumen, ancaman mereka bertentangan dengan UU No 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

''Alasannya mogok kerja itu harus didasari gagalnya perundingan atau deadlock yaitu tidak tercapai kesepakatan, antara serikat pekerja dengan perusahaan. Yang terjadi kan tidak, justru Sekarga dan APG menutup ruang dialog yang diberikan perusahaan,'' ujar Jerry kepada wartawan di Jakarta, Minggu (13/5/2018).

Ancaman mogok pilot, menurutnya, menandakan bahwa Sekarga dan APG lebih mengutamakan kepentingan kelompok atau golongan dibanding kepentingan masyarakat umum pengguna jasa maskapai Garuda. Selama ini, lanjut Jerry, sebagian tuntutan karyawan sudah dipenuhi, di antaranya penghapusan posisi Direktur Produksi yang dijabat Puji Nur Handayani.

Kemudian, melalui RUPS, pemegang saham mengangkat Triyanto Moeharsono sebagai Direktur Operasi dan Iwayan Susena sebagai Direktur Teknik. ''Tuntutan Sekarga/APG sebagian sudah dipenuhi, mau apa lagi mereka main ancam-ancam mogok kerja,'' tegasnya.

Termasuk soal tuntutan menghilangkan posisi Direktur Cargo dan mengganti Direktur SDM dan Umum yang dijabat Linggarsari Suharso adalah menjadi kewenangan pemerintah sebagai pemegang saham. Serikat pekerja dan APG tidak berhak mengintervensi.

''Pilot itu laksana dokter, polisi, tentara, sifat pelayanan publiknya tidak layak mogok kerja, apalagi gaji mereka di atas ketiga profesi tadi. Gaji dan fasilitas pilot sudah sangat memadai. Buat apa lagi mereka mogok?'' kata Jerry.

Jerry menambahkan, gaji pilot Garuda merupakan yang tertinggi dibanding maskapai lain yang ada di Indonesia, dan salah satu yang terbaik di Asia.

Untuk diketahui, kinerja Garuda di bawah kepemimpinan Pahala Mansury tengah membaik. Garuda berhasil menekan kerugian pada Kuartal I-2018 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. "Kinerja manajemen menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Kita lihat ini sudah on track jangan terus diganggu," ucap Jerry.

''Saya pernah membaca salah satu biaya rutin terbesar adalah tingginya gaji pilot Garuda yaitu sekitar Rp100 juta sampai Rp150 juta sebulan, belum tunjangan lainnya. Jumlah pilot Garuda mencapai 1.500 personel. Coba hitung, berapa pengeluaran manajemen untuk gaji pilot, ini yang membuat Garuda berbiaya tinggi,'' tambah Jerry.

Diketahui, pendapatan pilot yunior di maskapai pelat merah ini pada tahun-tahun pertama dapat menyentuh nominal Rp 60 jutaan. Komponen pendapatan tersebut biasanya terdiri dari gaji plus tunjangan lain dan akan bertambah seiring dengan bertambahnya masa kerja dan jam terbang.

Pundi-pundi pilot juga semakin menebal pada saat menjadi pilot senior. Seorang kapten senior di maskapai bintang lima seperti Garuda dapat memiliki penghasilan atau take home pay berkisar Rp100 juta sampai Rp150 juta.

Profesi pilot dibekali dengan berbagai proteksi dan fasilitas jaminan karier yang beragam, mulai dari jaminan kesehatan bagi yang bersangkutan dan keluarganya, jaminan kecelakaan, bahkan jaminan profesi jika terjadi sesuatu yang mengakibatkan hilangnya lisensi terbang.

https://ekbis.sindonews.com/read/130...-1526185835/13

https://m.gonews.co/artikel/serbaser...medium=twitter

Yang dituntut adalah perombakan direksi Garuda, bukan gaji pak emoticon-Cape d...
Mending gw sini jadiin pilot
tinggal cuzz aja ke airline asing.......

emoticon-Request
gajinya sebanding resiko kerja emoticon-Traveller
Gaji udeh gede masih aja mogok , sebulan jam terbang kaga full juga ..
Quote:


Lagian juga selain landing take off paling juga di autopilot
Gaji gede resiko juga gede sih.. cuma jangan mogok2 lah. Masyarakat butuh pelayanan yang terbaik.
gaji emank gede bayar sekolahnya juga mahalnya gila2 an.. dan GK semua lulusannya bisa jdi pilot ...
yang mahal itu perjuangan nya
gak smua lulusan sekolah penerbangan bisa jadi pilot
lulus akademi mereka cuma bisa nerbangin pesawat mesin ganda baling2 doank
masih kudu belajar mesin jet di perusahaan semacam garuda
dan garuda hanya ambil lulusan terbaik saja utk di jadikan pilotnya
makanya gak smua lulusan akademi bisa jadi pilot
jadi kebayang saringan nya super ketat, masuk akademi aja udah susah banget saingannya buanyak
trus utk masuk kerja ke garuda nya aja juga super ketat, yg diterima cuma beberapa doank dari satu angkatan
jadi wajar kalo pilot di gaji segitu
Gaji gede kalo selamet bisa nikmatin,lah kalo kaga ya mampus jd ampas emoticon-Ngakak
Kurang mensyukuri.
ane juga pilot

tapi di gta...

emoticon-Embarrassment
Quote:


Berarti info yang bilang semua lulusan curug pasti keterima di Garuda salah ya gan?
Quote:


Singapore Airlines emoticon-Cool
Quote:


https://tirto.id/biaya-sekolah-pilot...gangguran-cxc9
mereka mogok bukan karna gajinya kurang , tapi manajemen garuda yang lagi bobrok Garuda Makin lama makin turun kualitasnya makanya mereka protes sama manajemen
masih banyak pilot yang nganggur kok emoticon-Smilie
Emang APG ini punya berapa persen saham di GIAA
muke gile
Tiap bulan bs ganti mobil... Buset dah
pantesan doyan ah oh