alexa-tracking

Aksi Terorisme Pertama di Penjara Indonesia: Apa Pemicunya dan Bagaimana Mencegahnya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af80d3fc0d770fd0e8b4568/aksi-terorisme-pertama-di-penjara-indonesia-apa-pemicunya-dan-bagaimana-mencegahnya
Aksi Terorisme Pertama di Penjara Indonesia: Apa Pemicunya dan Bagaimana Mencegahnya
Banyak yang percaya bahwa aksi terorisme di Mako Brimob pada Selasa (8/5) lalu adalah hal yang baru dan belum pernah terjadi sebelumnya. Penulis berbicara dengan dua ahli—Leopold Sudaryono dan Noor Huda Ismail—untuk memahami alasan di balik tindakan brutal ini, dan bagaimana Indonesia dapat mencegah serangan serupa terjadi.

Indonesia mengalami aksi terorisme lain pada Selasa (8/5) lalu. Tapi, kali ini, itu terjadi di pusat penahanan keamanan-maksimum yang terletak di markas Brigade Mobil polisi di Depok, Jawa Barat.

Lebih dari 150 tahanan teroris menghasut kerusuhan setelah protes mereka terhadap perlakuan keamanan di penjara, yang dijaga oleh skuad polisi anti-teror. Selama 36 jam kebuntuan, para narapidana menyita puluhan senjata dan menewaskan lima penjaga dengan melukai leher mereka secara brutal. Seorang narapidana teroris juga tewas dalam insiden itu.

Spoiler for Kejadian Mako Brimob:


Video dan foto yang tidak dikonfirmasikan tentang tindakan mengerikan tersebut, beredar di media sosial. Kantor Berita Amaq—yang berhubungan dengan ISIS—telah mengklaim bahwa ISIS berada di balik serangan itu. Dari 156 narapidana teroris di penjara tersebut, setidaknya sepuluh orang adalah pendukung ISIS.

Banyak yang percaya bahwa aksi teroris ini baru dan belum pernah terjadi sebelumnya. Kami berbicara dengan dua ahli untuk memahami alasan di balik tindakan brutal ini, dan bagaimana Indonesia dapat mencegah serangan serupa terjadi.

MANAJEMEN PENJARA YANG BURUK
Leopold Sudaryono dari Australian National University berpendapat bahwa manajemen penjara yang buruk di Indonesia telah memicu insiden tersebut.

“Ini adalah puncak gunung es dari kegagalan pemerintah dalam mengelola fasilitas penjara mereka,” kata kandidat doktor yang sedang menulis disertasinya tentang manajemen penjara di enam provinsi di Indonesia tersebut.

Penjara Indonesia dihadapkan dengan berbagai masalah, mulai dari fasilitas yang buruk, praktik korupsi, hingga kepadatan berlebih.

Penelitian Leopold menemukan bahwa makanan yang disajikan di kompleks penjara jauh dari kata layak.

“Mereka menyebutnya ‘Nasi Cadong’, hanya terdiri dari nasi, sayuran basah, dan kadang-kadang lauk. Ini seharga sekitar Rp15 ribu, sementara anggaran asli ditetapkan sekitar Rp40 ribu,” katanya.

Kerusuhan pecah setelah seorang tahanan menjadi marah ketika seorang penjaga menolak memberikan makanan yang dikirim oleh keluarganya, menurut laporan media.

“Ini mungkin sepele, tetapi masalah makanan telah menjadi masalah klasik di penjara Indonesia,” kata Leo.

9 Terduga Teroris Ditangkap di Indonesia
Polisi anti-terorisme Indonesia. (REUTERS/ Antara Foto/Norjani)

Praktik korupsi yang merajalela di penjara telah menjadi sumber masalah lain. Mereka tidak hanya mengarah pada layanan yang buruk untuk para narapidana, tetapi juga memungkinkan narapidana diperlakukan dengan buruk di penjara.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa narapidana di penjara Indonesia bisa mendapatkan apa saja yang mereka inginkan selama mereka dapat membayar. Ini menjelaskan penggunaan umum obat-obatan terlarang di penjara-penjara Indonesia. Tahanan juga bisa mendapatkan akses mendapatkan ponsel yang sebenarnya dilarang di dalam sel.

Praktik korup semacam itu telah menyebabkan banyak pemberontakan di penjara, termasuk kerusuhan di kompleks penjara yang sama pada tahun 2017. Kerusuhan itu terjadi setelah penyitaan ponsel milik narapidana teroris, yang mengklaim bahwa mereka telah memperoleh izin keamanan untuk mendapatkan telepon tersebut.

LEMAHNYA KEAMANAN DI PENJARA DENGAN KEAMANAN TINGGI
Kepadatan adalah masalah lain di penjara Indonesia. Data terakhir dari Search for Common Ground menunjukkan bahwa terdapat 254 ribu tahanan di 477 kompleks penahanan di Indonesia, yang hanya dapat menampung 115 ribu narapidana.

Jumlah penduduk yang berlebih, ditambah dengan jumlah petugas keamanan yang relatif rendah, telah membuat penjara Indonesia rentan terhadap konflik.

“Penjara dengan keamanan tinggi di Indonesia telah gagal memenuhi rasio ideal satu penjaga untuk empat tahanan,” kata Leopold.

Penjara dengan keamanan tinggi adalah untuk para pelaku kejahatan berat seperti terorisme dan kasus narkoba.

Indonesia ditargetkan memiliki lima fasilitas penjara keamanan maksimum untuk teroris dan narapidana narkoba di masa depan, menurut Leopold. Sejauh ini, dua penjara tersebut tersedia di Nusa Kambangan, Jawa Tengah, sementara tiga lainnya masih dalam proses.

“Penjara-penjara ini harus mengikuti persyaratan khusus, termasuk ketebalan dinding dan pengaturan keamanan,” katanya.

Dari persyaratan ini, sulit untuk mengatakan bahwa pusat penahanan Depok adalah penjara dengan keamanan maksimum, kata Leopold.

Leopold percaya bahwa semua masalah keamanan di pusat penahanan Depok adalah bom waktu yang akhirnya meledak pada Selasa (8/5).

MUNCULNYA TERORISME GAYA BARU
Selain manajemen penjara yang buruk, Noor Huda Ismail dari Monash University memandang bahwa operasi teroris di dalam penjara dipicu oleh munculnya generasi teroris baru.

“Mereka lebih brutal dan tidak kompromistis, berbeda dari para pendahulu mereka,” kata Noor Huda.

Organisasi teroris sebelumnya, seperti Jamaah Islamiyah yang bertanggung jawab atas Bom Bali, terikat oleh semangat dan nilai-nilai kolektif, katanya. Para pelaku insiden di Depok lebih individualistis.

“Mereka terhubung melalui media sosial. Mereka membangun pemahaman tentang pertarungan jihad dari apa yang mereka lihat di Facebook,” katanya.

Noor Huda percaya bahwa para teroris ini lebih radikal daripada senior mereka, karena mereka direkrut sendiri dengan media sosial.

“Mereka menciptakan imajinasi mereka sendiri tentang bagaimana jihad harus dilakukan dari media sosial,” kata Noor Huda.

Ini menjelaskan tindakan mereka dengan melukai leher para penjaga polisi dalam insiden itu.

“Mereka mungkin terinspirasi oleh tindakan ISIS di media sosial,” katanya, dan menambahkan bahwa metode seperti itu belum pernah dilakukan oleh teroris Indonesia.

Indonesia Selidiki Laporan Terbunuhnya Komandan Tinggi ISIS
Seorang pekerja pemerintah menghapus bendera ISIS yang dilukis di dinding dekat Jalan Veteran di Kota Surakarta, Indonesia, dalam upaya untuk mencegah promosi kelompok jihad di wilayah tersebut. (Foto: AFP Forum/Agoes Rudianto)

TINDAKAN PENCEGAHAN
Untuk menghadapi generasi teroris baru, Noor Huda mengatakan bahwa pemerintah harus datang dengan pendekatan multidimensi yang melibatkan semua aspek di masyarakat, seiring penyebaran propaganda terorisme terjadi melintasi perbatasan melalui internet.

“Para pemimpin agama, pendidik, dan orang tua harus memainkan peran penting untuk menghindari generasi muda dari pengaruh terorisme,” katanya.

Sementara itu, Leopold menyarankan perbaikan dalam manajemen penjara di Indonesia untuk menghindari insiden serupa di masa depan.

Karena kurangnya sumber daya, ia menyarankan pemerintah untuk mengubah pengaturan penjara untuk narapidana teroris dengan mengunci mereka di satu penjara.

Di bawah sistem saat ini, pemerintah memenjarakan narapidana teroris di fasilitas yang berbeda. Saat ini, terdapat 271 narapidana teroris yang tersebar di 68 pusat penahanan di seluruh negara.

Dengan menempatkan narapidana teroris di satu penjara, pemerintah juga dapat menghentikan mereka dari merekrut narapidana lain untuk menjadi anggota mereka.

Leopold juga meminta pemerintah untuk merombak manajemen penjara dengan meningkatkan layanan dan memberantas praktik-praktik korupsi.

“Memberi mereka layanan yang buruk akan memberi mereka pembenaran atas tindakan terorisme mereka. Kita harus berhenti memberi mereka alasan, dengan memberi mereka layanan yang layak dan manusiawi di penjara,” katanya.

Keterangan foto utama: Seorang anggota bersenjata dari Korps Brimob Indonesia berdiri berjaga di dekat pusat penahanan teroris, di dalam kompleks markas polisi Brigade Mobil di Depok, Jawa Barat, pada Kamis (10/5). (Foto: EPA/Mast Irham)

BACA SELENGKAPNYA: Aksi Terorisme Pertama di Penjara Indonesia: Apa Pemicunya dan Bagaimana Mencegahnya
Kalau bukan karena salah ajarannya, kenapa agama lain tidak melakukan religion motivated terrorism sebanyak muslim melakukan terorisme? emoticon-Embarrassment
Basmi bibit radikal... Pemuka agama yg provokatif dan intoleran radikal jgn dikasih panggung.
Quote:


Mungkin karena mereka srg ditindas negara maju bre..sehingga ayat2 yg dipake buat kondisi trtntu di aplikasikan ke kondisi lain. Sensitif kalo harus berdebat ttg ajaran masa skrg.
Hormatilah jg saudara beda agama yg moderat yg baik2 masih banyak. Jangan di adu domba. Inilah tujuan teroris kalo kita trus berdebat krn apa.
“Mereka menyebutnya ‘Nasi Cadong’, hanya terdiri dari nasi, sayuran basah, dan kadang-kadang lauk. Ini seharga sekitar Rp15 ribu, sementara anggaran asli ditetapkan sekitar Rp40 ribu,” katanya.

WTF
Jadi pajak ane buat biayain makan binatang.sekali makan 40rb emoticon-Marah
Masih dikorup lagi emoticon-Marah
Quote:


Betul, mulai dari medsos dulu dah. Jangan dikasih panggung emoticon-Traveller


Quote:


kitab radikal boleh dibredel ga gan? emoticon-Smilie
Quote:


Kristen emang agama sampah.
Untungnya udah tobat para pemeluk agamanya, interpretasi mereka dengan mudahnya di sesuaikan dengan zaman.
Negara" pemeluk kristen pun rata" sekuler.

Tetapi sekarang agama yg paling sampah itu Islam.
Makanya mayoritas besarrr terrorist ya islam.
Apalagi mereka sangat anti dengan sekulerisme, tambah deh bahayanya

emoticon-Angkat Beer
Mulai akun kloningan banyak yg komentar, bukannya mendinginkan suasana malah sok sokan ikut memanaskan situasi, komen2 yg bego itu yg sebenrnya bisa saja memancing tindakan teror.
Quote:


jadi maunya bagaimana gan,
terus membiarkan agama barbar ini menjalankan dakwah terronya ?
kita semua harus diam membiarkan satu per satu mati dibunuh pengikut agama damai ini ?

agan kalau mebaca beria kasus pembunuhan atau perampoakan, apa agan akan pans terpancing menghujat pembunuhnya ?
penyebabnya kekuasaan emoticon-cystg
Quote:


Agama barbar itu agama apa? Trus dakwah teror itu yg spt apa?
Salah ajaran-ajaran agamanya lah


Quote:
Quote:


Ada yang bawa ayat ayat dari perjanjian lama
Itu ayat ayat tidak akan bisa digunakan untuk mendoktrin Kristen melakukan terorisme

Ayat ayat yang dibawa Yesus Kristus mengenai kasih adalah hukum-hukum yang pertama dan terutama
hukum ditembak mati aja teroris radikal paok itu
utk apa lagi dipelihara dikasih makan di penjara
Jangan lupa abis jelek2in islam, 2019 pada jilatin umat islam ya. Kan butuh suara umat islam? Napa gk sekalian bilang jokowi itu teroris? kan islam agamanya? Padahal Islam, jokowi dan umat islam mayoritas di negeri ini berlepas diri dari kelakuan kaum teroris tsb. Kesempatan anjing2 Atheis PKI mengadu domba agama & negara.
Harus di evaluasi lagi tuh mako brimob.
Maximum security kok bisa lengah gitu