alexa-tracking

Janda-Janda Pelaku Teroris di Balik Bom Gereja Surabaya

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af7fce5dac13e510e8b456a/janda-janda-pelaku-teroris-di-balik-bom-gereja-surabaya
Janda-Janda Pelaku Teroris di Balik Bom Gereja Surabaya
Jakarta, CNN Indonesia -- Peledakan bom di tiga gereja di Surabaya diduga dilakukan oleh janda-janda teroris yang tewas di tangan Detasemen Khusus antiteror. Motifnya adalah menunjukkan eksistensi diri kelompok teror dan membuat kacau situasi dan kondisi sosial politik di Indonesia.

Pengamat Terorisme Harits Abu Ulya berpendapat, dugaan tersebut muncul karena polisi dan saksi menyebut pelaku adalah wanita dan membawa anak-anak.

"Ini bukan hal baru. Kasus tahun lalu rencana bom panci calon pengantin adalah wanita, dan di kelompok teror para wanita juga ada beberapa yang siap menjadi 'pengantin'" kata Harits dalam keterangan tertulis yang diterima CNN Indonesia.com.


Kata Harits, jika benar terbukti wanita, maka kemungkinan mereka adalah para janda dari terduga teroris yang tewas di tangan Densus.

"Atau istri dari para narapidana teroris, atau janda dari para anggota ISIS asal Indonesia yang tewas di Suriah, atau mereka yang gagal berangkat ke Suriah atau rekrutan baru," kata Harits.
Lihat juga: Diduga Rencanakan Ricuh Mako Brimob, Dua Perempuan Ditahan
Selain itu, Harits mengatakan aksi ini terlihat terorganisir dengan baik. "Dilakukan melibatkan kelompok, banyak individu, dan telah direncanakan jauh hari. Pemilihan tempat yang semua sama yaitu gereja," katanya.

Aksi bom bunuh diri itu, menurut Harits, sudah diplot jauh hari, cuma tinggal nunggu momentum saja. Secara psikis, bagi kelompok teror, momentum paska kerusuhan di Mako adalah moment tepat.

"Biasanya mereka paham, ketika ada korban dari pihak polisi maka dampaknya kelompok mereka yang masih di luar akan menjadi target pengkapan sampai dengan resiko kematian di tangan Densus," katanya.

Kondisi seperti itu, menurut Harits, membuat para janda secara psikis bisa nekat untuk melawan jika sudah ada persiapan sebelumnya.

Harits menambahkan kasus kerusuhan di Mako Brimob menjadi sesuatu yang menggairahkan bagi kelompok teror ini.

"Jadi kasus Mako Brimob bukan menjadi pemicu utama, karena jika melihat TKP, aksi tersebut tidak cukup dengan waktu singkat (beberapa hari) paska rusuh mako Brimob untuk menyiapkan," katanya.

Menurut Harits, aksi peledakan bom di Surabaya membutuhkan perakitan bom dengan cermat. "Butuh orang yang punya skill merakit bom termasuk penyiapan bahan bom. Belum lagi kesiapan calon pengantinnya. Semua butuh waktu yang cukup dan terencana dengan baik," katanya.

Harits berharap polisi segera menemukan titik terang, karena di TKP banyak jejak ditinggalkan. "Ada motor, mobil. Dari sana bisa ditelusuri untuk menemukan siapa sebenarnya pelaku. Dan bisa diungkap aktor dibalik serangan bom bunuh diri Surabya," katanya.
Lihat juga: Densus 88 Tangkap Terduga Teroris di Bekasi


Dia meyakini spekulasi pasti akan berkembang liar di publik jika pelaku tidak segera terungkap.

"Apakah benar-benar mereka kelompok teroris atau orang gila atau orang yang dihipnotis dimanfaatkan untuk lakukan serangan, atau orang-orang yang labil dan putus asa yang punya rasa dendam kepada aparat," katanya.

Sebelumnya Pendiri Yayasan Prasasti Perdamaian Noor Huda Ismail mengatakan pihak berwenang tidak akan bisa mencegah serangan bom seperti yang terjadi di sejumlah gereja di Surabaya karena ada perubahan pola perencanaan serangan dan pola penyebaran ideologi radikal.

Noor Huda mengatakan serangan-serangan yang terjadi ini dilakukan karena kesamaan ide tanpa ada perintah dari pimpinan.

"Ini leaderless jihad hanya karena kesamaan ide," kata Noor Huda.

Dia menjelaskan meski tidak ada pemimpin atau perintah, perencanaan aksi itu dilakukan oleh kelompok-kelompok melalui aplikasi pesan instan seperti Telegram dan Whatsapp.

"Dengan medsos terutama telegram mereka berkoordinasi," ujar Noor Huda. (ugo)
https://m.cnnindonesia.com/nasional/20180513152316-20-297793/janda-teroris-di-balik-bom-gereja-surabaya


Udah di dunia sengsara.. karena hidup putus asa miskin dan selalu menyalahkan keadaan dan pemerintah...

Ditambah lagi bakal kekal di neraka

Kasihan anak2 yg tidak tahu apa2

Hina sekali emoticon-Turut Berduka:
Berarti Bungkam dan Berangus semua KETURUNAN TERORIS... sprt yg di lakukan terhadap KELUARGA anggota PKI...
Seandainya janda-janda itu butuh ent0tan gratisan pun gue gak sudi mengulurkan kont0l. Nanti gue bisa ketularan radikal barbar lewat cairan kelamin. emoticon-Takut
ayo pak polisi tangkep yang nyuruh mereka.
Jandanya muda gak?

♪Janda muda, jandanya para remaja♪
sudah waktunya anggota teroris dan keluarganya di PKI kan
Waktu nikah sama lakinya ga boleh kerja sehingga tidak bs kerja krn menurut syariat kalau suami tidak mengizinkan maka tidak boleh..


Kemudian lakinya ngirim duit senen kemis krn kerjaannya ga jelas diluar krn lg disiapin jd pengantin bom...

Belum ngebom.. Ditembak polisi... Mati..

Krn ga kerja makin ga punya penghasilan buat ksh makan anak2nya.. Ujungnya nyalahin pemerintah...

Malah menjadi kesempatan buat para pemimpin terorisnya buat jadi calon pengantin bom baru...

Bukannya ditolong ekonominya, minimal dinikahkan itu janda2 biar ketolong emoticon-Cape d...
Quote:



TETAP TENANG KONDISIKAN BRE
JAGAN TERPROVOKOKASI
NANTI SALAH SALAH ORG GAK TAU APA APA KENA LIBAS JUGA

BUKA MATA TELINGA ADA TETANGGA YANG ANEH ANEH LAVOR POLISI BRE

Janda2 keparat ~

Spoiler for pesan sponsor:
Quote:


wkkwwk anjink loe bangke, diajak 3some sama gadis timteng gk nolak juga kayaknya loe
janda teroris gak ada yg ngelirik ,, aa ngejim demennya yg bening, ustad aripin ngilham demennya perawan, ustad opick lebih milih penyanyi backing vokal


mana mau ustad ulama ngawinin janda teroris buluk depresi pula, mending bunuh diri daripada kaga punya suami
Muncul akun2 baru buat gorang goreng.
Teruskan perjuangan mu .. nak.
Yang terbukti bersalah langsung tangkap dan kandangin saja. Gak perlu banyak perhitungan, jangan sampai ada korban selanjutnya yang berjatuhan. Cukup sekali hari ini saja, jangan ada bom-bom lain negara tercinta ini. Provokasi itu nyata
turut berduka cita untuk para korban bom, semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dengan cobaan ini....
makanya gua bilang apa kemarin, basmi teroris harus sampai ke akar akarnya, sama kaya yg dilakukan israelemoticon-Embarrassment
Lah, trus jandanya mas Aloysius Bayu relawan gereja yg meninggal harus balas dendam ke siapa dong?

Apa harus belajar bikin bom jg, dan ngebom masjid?

Kalau orang2 seluruh dunia megikuti ideologi islam yg menuntut balas membalas, bisa kacau.
Quote:


jangan2 kemarin yg dipulangin ama kedubes turki..

ng ngaku2 korban penipuan.. merasa di tipu ama promosi kehidupan kilafuck ISIS..

wong dari jam tangan yg di pake PSK ISIS yg minta pulang ke INdonesia aja udah ketahuan itu PSK anggota pasukan wanita ISIS..

emoticon-Wakaka
emoticon-Wakaka
Quote:


LOL. Ustad2 koar2 poligami tp tetep pilih yg bening2 ya.
cewek tolol emang mau aja pilih cowok gara2 kitab fiksi emoticon-Najis
udah pada tua mainan nya bom emoticon-Leh Uga