alexa-tracking

Tantangan Logistik Korea Utara dalam Pertemuan Trump-Kim di Singapura

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af7fa3498e31b467f8b4569/tantangan-logistik-korea-utara-dalam-pertemuan-trump-kim-di-singapura
Tantangan Logistik Korea Utara dalam Pertemuan Trump-Kim di Singapura
Jelang pertemuan Trump-Kim di Singapura pada tanggal 12 Juni, Korea Utara pun menghadapi tantangan logistik, mengingat Kim baru melakukan satu perjalanan luar negeri resmi, ke China, sejak menjadi pemimpin Korea Utara pada tahun 2011. Salah satunya adalah masalah pesawat kargo Ilyushin-76 yang akan mengantar Kim ke Singapura, yang tidak bisa terbang lebih dari 3.000 kilometer tanpa pengisian bahan bakar, jika membawa beban penuh. Oleh karena itu, pesawat itu harus berhenti di lokasi seperti ibu kota Vietnam dalam perjalanan ke Singapura, atau terbang dengan muatan yang dikurangi.

Kunjungan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un ke Singapura untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, menimbulkan kemungkinan tantangan logistik, termasuk menggunakan pesawat era-Soviet untuk membawanya dan limusinnya, serta puluhan petugas keamanan dan staf pendukung lainnya.

Spoiler for Korea Utara dan AS di Singapura:


Pilihan Singapura sebagai tempat pertemuan pertama dari seorang presiden AS yang sedang menjabat dengan seorang pemimpin Korea Utara adalah, karena Singapura terletak dalam waktu penerbangan dan jarak yang wajar dari Pyongyang, juga karena netralitas politik negara pulau itu, ujar seorang pejabat kepresidenan Korea Selatan kepada para wartawan.

Sejak menjadi pemimpin Korea Utara pada tahun 2011, Kim baru melakukan satu perjalanan luar negeri yang diketahui melalui udara—dan itu pada awal pekan ini ke Dalian di China, untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden China Xi Jinping. Dia terbang dengan jet pribadi Ilyushin-62M yang ditemani oleh pesawat kargo yang menurut orang-orang dengan pengetahuan tentang urusan Korea Utara, diyakini membawa limusinnya.

“Kelihatannya seakan perjalanan ke Dalian adalah sebuah uji coba,” kata Andray Abrahamian, seorang rekan peneliti di Pacific Forum CSIS dan sebelumnya di Choson Exchange, sebuah kelompok yang berbasis di Singapura yang melatih keterampilan bisnis masyarakat Korea Utara.

Terletak 4.700 kilometer dari Bandara Sunan di Pyongyang, Singapura dengan mudah berada dalam jangkauan pesawat Il-62M. Jet bertubuh sempit era-Soviet dengan empat mesin tersebut, pertama kali diperkenalkan pada tahun 1970-an dan memiliki jangkauan maksimum 10.000 kilometer.

PEMBERHENTIAN PENGISIAN BAHAN BAKAR
Tapi pesawat kargo Ilyushin-76 tidak bisa terbang lebih dari 3.000 kilometer tanpa pengisian bahan bakar, jika membawa beban penuh. Oleh karena itu, pesawat itu harus berhenti di lokasi yang ramah seperti ibu kota Vietnam dalam perjalanan ke Singapura, atau terbang dengan muatan yang dikurangi.

Il-76—yang awalnya dirancang untuk memindahkan alat berat ke bagian terpencil Uni Soviet—cukup besar untuk memuat bus sekolah atau dua kontainer pengiriman di dalamnya, menurut operator penerbangan penumpang dan kargo Antarctic Logistics & Expeditions.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berpidato saat pengumuman bersama dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di desa perbatasan Panmunjom di Zona Demiliterisasi Jumat, 27 April 2018. (AP/Korea Broadcasting System)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un berpidato saat pengumuman bersama dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in di desa perbatasan Panmunjom di Zona Demiliterisasi Jumat, 27 April 2018. (AP/Korea Broadcasting System)

Tetapi pesawat kargo tersebut telah memiliki beberapa masalah keamanan. Dalam insiden terakhir bulan lalu, sebuah kecelakaan menewaskan 257 orang di pesawat, setelah lepas landas dari pangkalan udara Aljazair. Tidak seperti ayahnya Kim Jong-il—yang meninggal pada tahun 2011 dan yang bepergian dengan kereta lapis baja dalam perjalanan langka ke luar negeri karena ia takut ditembak jatuh—menurut seorang pembelot Korea Utara yang akrab dengan rincian keamanannya, pemimpin yang lebih muda tersebut tidak diketahui menolak terbang.

Tetapi perjalanan udara dengan jarak ini tetap menimbulkan tantangan yang jauh lebih besar dalam mengangkut peralatan komunikasi dan keamanan, serta personel yang diperlukan untuk mendukung pertemuan puncak tersebut.

ROMBONGAN YANG COCOK UNTUK SEORANG PEMIMPIN
Lee Yun-keol—seorang pembelot yang telah bekerja untuk pemerintah Korea Utara dan sekarang mengepalai Pusat Layanan Informasi Strategis Korea Utara di Seoul—mengatakan bahwa perjalanan itu akan melibatkan puluhan personel keamanan dan peralatan, termasuk mungkin toilet pribadi untuk pemimpin itu.

Ini juga berarti membakar sejumlah besar bahan bakar jet—sebuah produk minyak olahan yang sangat dibatasi oleh sanksi PBB yang menargetkan impor Korea Utara. Dua pesawat Kim akan membutuhkan sekitar 50 ton bahan bakar jet per pesawat untuk penerbangan dari Pyongyang ke Singapura.

China—yang merupakan sumber utama bahan bakar untuk Korea Utara—mengekspor hanya tiga ton bahan bakar jet pada bulan Maret, dan tidak melakukan ekspor resmi dua bulan sebelumnya, menurut data bea cukai China.

Tetapi pesawat-pesawat Korea Utara dapat mengambil bahan bakar ekstra ketika mereka terbang ke China dan Rusia untuk operasi komersial, dan para pakar keamanan internasional percaya bahwa Korea Utara mungkin telah menimbun bahan bakar yang juga digunakan untuk program rudalnya.

AMERIKA DILAPORKAN LEBIH MEMILIH JENEWA
“Amerika Serikat lebih memilih Jenewa,” kata pejabat kepresidenan Korea Selatan tersebut kepada para wartawan, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya ketika membahas pengaturan untuk pertemuan puncak tersebut.

“Tapi Singapura dipilih karena Singapura adalah tujuan yang paling realistis yang bisa dikunjungi oleh Kim Jong-un, ketika mempertimbangkan waktu perjalanan dan jarak penerbangan.”

Kedua belah pihak pada awalnya mempertimbangkan pertemuan di desa gencatan senjata Panmunjom yang membentang di perbatasan militer Korea—tempat pertemuan puncak ketiga Korea yang dihadiri oleh Kim dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in pada bulan lalu, kata pejabat itu. Pejabat itu mengatakan bahwa Korea Selatan tidak tahu alasan mengapa pilihan Panmunjom dibatalkan.

Tidak ada konfirmasi mengenai lokasi spesifik untuk pertemuan antara Kim dan Trump, meskipun terdapat sejumlah lokasi di Singapura yang dapat menjamin perlindungan keamanan, termasuk hotel yang memiliki pengalaman menyelenggarakan acara keamanan tinggi, menurut media Singapura dan pejabat pemerintah Singapura.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in di Garis Demarkasi Militer yang membagi negara mereka menjelang KTT mereka di desa gencatan senjata Panmunjom pada tanggal 27 April 2018. (Foto: AFP/Getty Images/Korea Summit Press Pool)
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un berjabat tangan dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in di Garis Demarkasi Militer yang membagi negara mereka menjelang KTT mereka di desa gencatan senjata Panmunjom pada tanggal 27 April 2018. (Foto: AFP/Getty Images/Korea Summit Press Pool)

SINGAPURA MERASA ‘TERHORMAT’ UNTUK MENJADI TUAN RUMAH
Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengatakan bahwa negara itu “merasa terhormat untuk menjadi tuan rumah, dan akan melakukan yang terbaik untuk memfasilitasi pertemuan yang lancar dan sukses,” dalam panggilan telepon dengan Trump pada Jumat (11/5).

Trump mengatakan bahwa pertemuan puncak tersebut akan memberikan kontribusi untuk menyelesaikan masalah panjang yang luar biasa dalam mengamankan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea, kata Kementerian Luar Negeri Singapura.

Pertemuan ini dijadwalkan untuk satu hari pada tanggal 12 Juni, tetapi jika salah satu atau kedua pemimpin tersebut memutuskan untuk menginap, hanya ada satu kamar hotel di semua kota yang memenuhi “protokol keamanan” untuk presiden AS tersebut, menurut sebuah sumber yang mengetahui tentang kunjungan presiden AS sebelumnya.

Itu adalah Shangri-la Suite seluas 348 meter persegi di Sayap Lembah hotel tersebut dengan nama yang sama, dengan tarif saat ini sebesar $7,500 AS semalam untuk tanggal 12 Juni.

Baca: Tantangan Logistik Korea Utara dalam Pertemuan Trump-Kim di Singapura
napa kagak sewa pesawat kargo aja... dari pada memaksakan pesawat sendiri

klo ada duit nya
kasian amat omongan sikoplo ngga dianggep, mau mempertemukan korut sama us emoticon-Wkwkwk
Jokowi Tawarkan Trump dan Kim Jong-un Bertemu di Indonesia
https://kask.us/iwBAA
ya engga usah bawa macem-macem lah bro kim...
percaya aja sama keamanan singapur..

aau kasih pasword nuke ke orang kepercayaan ente, ada apa-apa tinggal nuke singapur ampe rata emoticon-Big Grin
singapur ya jangan bekasi...
Quote:


justru disana masalahnya

ICBM korut kagak presisi tong,ga ada yg tau kemana rudal korut jatuhemoticon-Big Grin
Geneva atau pun Singapore, sama-sama bagus kok lokasinya.. Ternyata pada akhirnya, di Singapore (12 June).. Semoga lancar semuanya..
emoticon-Jempol
mending naik gethek..

cepet nyampek
Quote:


Kejauhan