alexa-tracking

Viral, Baliho Atas Nama PDIP ‘Puasa 1 Syawal 1439 H’

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af7c727a09a3963658b4567/viral-baliho-atas-nama-pdip-puasa-1-syawal-1439-h
Viral, Baliho Atas Nama PDIP ‘Puasa 1 Syawal 1439 H’
Viral, Baliho Atas Nama PDIP ‘Puasa 1 Syawal 1439 H’

SURABAYA | duta.co – Biasa, momen bulan suci ramadhan ucapan selamat berupa spanduk, baliho, marhaban ya ramadhan bertebaran di mana-mana. Lucunya, Minggu (13/5/2018) pagi beredar (viral) foto baliho atas nama PDIP dengan ucapan keliru, “Marhaban ya Ramadhan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, 1 Syawal 1439 H”.

Tidak jelas, apakah foto yang sedang viral itu, editan atau asli. Yang jelas, kesalahan serupa pernah terjadi saat menyambut momen ramadhan 1432 H. Adalah spanduk Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan, Kota Tangerang Selatan yang menulis kalimat hampir sama.

“Seluruh Keluarga Besar Pengurus Ranting Buaran Mengucapkan, Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1432 H, Tangerang Selatan”. Demikian bunyi pesan dalam spanduk tersebut. Spanduk itu juga memajang foto Megawati Soekarnoputri bersama logo banteng moncong putih.

Tulisan yang seharusnya bulan Ramadan berubah menjadi 1 Syawal (di mana hari itu diharamkan puasa), akhirnya menjadi perbincangan di BlackBerry Messenger saat itu. Tak hanya itu, ada juga spanduk hari Kartini 20 April. Padahal perayaan Hari Kartini itu, jatuh pada 21 April.

Yang terakhir ini sempat membuat Tjahjo Kumolo (Sekjen DPP PDI Perjuangan kala itu) secara terbuka meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia.Tjahjo secara khusus kepada Tribunnews.com, menceritakan, Kamis siang kemarin (22/04/2011), timnya mencari sebab adanya kekurangtelitian dengan mengumpulkan semua stafnya yang biasa membuat spanduk. Sekitar 25 buah spanduk yang rencana dipasang, baru diketahui salah tanggal setelah 4 buah spanduk terpasang.

Viral, Baliho Atas Nama PDIP ‘Puasa 1 Syawal 1439 H’

Baliho ‘Puasa 1 Syawal 1439’ ini pun mengudang banyak komentar. Lucu-lucu, tetapi tidak semua komentar layak dimuat secara umum. Intinya, membuat spanduk, baliho memang harus cermat. Kesalahan kecil bisa berakibat fatal. “Ingat! Sang Proklamator Negeri ini berpesan agar jangan sekali-kali melupakan sejarah. Tidak ada sejarahnya 1 Syawal puasa, haram…,” begitu tulis seorang netizen.

“Alamaaaak, 1 Syawal mah Lebaran. Di mana-mana Lebaran haram buat puasa. Salah nyetak tuh partai. Atau jangan-jangan yang buat pengen langsung Lebaran,” demikian yang lain. Sampai berita ini diturunkan, duta.co belum mendapat komentar dari PDIP. (mky)

https://duta.co/viral-baliho-atas-nama-pdip-puasa-1-syawal-1439-h/

Waduh keliru
penting banget ya berita ini
otomatis teroris gak bersalah kalo salah cetak tahunnya ?

Gak papa
Yang penting isi baliho gak ngancem bangke sodara seimin emoticon-Malu
Merdeka!
Makanya ngaji, biar gak salah ketik. Kalo gini kan malu2in. Sok2 an pake kalender arab, pake kalender indonesia kan sama aja. Mana nasionalisme kalian wahai kepala bapho, eh kepala banteng? "Jangan2" yg ngaku2 islam tapi perilakunya gak mencerminkan umat islam seperti teroris itu??
Partai islam apaan nih emoticon-Big Grin
maksa bnget supaya di akuin suka islam emoticon-Leh Uga
dah biasa klo partai banteng kek gitu..
emoticon-Traveller
sejak kapan puasa pindah ke syawal

mana hari kartini pindah jd 20 april
namanya juga banteng mata merah mulut putih
you knowlah kalau kek gt biasanya habis ngapain
gak lulus sd jgn2 tuh anggota partainya
kayak gini si puan menteri mental segala macem
biasanya kalau spanduk PDIP ada foto Soekarno,
urutannya paling atas foto Soekarno, bawahnya lagi megawati, bawahnya lagi jokowi


Quote:

puan dulu baru jokowi
sembarangan ente ini
Quote:


Huahuahua
Quote:


Kapanbre emoticon-Bingung
Quote:


emoticon-Ngakak
1 Syawal kaga boleh puasa
Typo ketik dan belum tentu gambarnya ngk hoax.

AUTO berita teroris ngak pentin 🤣
#2019 Ganti Presiden
Quote:


Orang penting keluyuran di trit gak penting emoticon-Big Grin