alexa-tracking

Angka Kemiskinan DIY Tertinggi se-Jawa

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af797bb54c07a03498b4568/angka-kemiskinan-diy-tertinggi-se-jawa
Angka Kemiskinan DIY Tertinggi se-Jawa
YOGYAKARTA - Kemiskinan dan ketimpangan pendapatan masih menjadi pekerjaan rumah bagi Pemda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Sampai saat ini, angka kemiskinan di DIY mencapai 13,1% atau tertinggi se-Pulau Jawa.
Ketua Pansus Pembahasan LKPj Gubernur DIY Akhir Masa Jabatan 2012-2017 Arif Setiadi menyebut angka kemiskinan di DIY menunjukkan kecenderungan menurun dari angka 15,9% pada 2012 menjadi 13,1% di 2016 atau rata-rata penurunan kemiskinan selama lima tahun adalah sebesar 0,56% per tahun. Angka sebesar 13,1% di tahun 2016 dalam konversi jiwa adalah sebanyak 488.830 jiwa.
"Persentase angka kemiskinan tersebut ternyata tertinggi se-Pulau Jawa dan terendah ketiga secara nasional," ujarnya saat membacakan laporan Pansus LKPj dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DIY, 1 Agustus 2017.
Menurut Arif, angka kemiskinan ini juga perlu mendapat perhatian dan pencermatan kita bersama dari sisi standar garis kemiskinan yang diacu Badan Pusat Statistik (BPS) yang hanya menggunakan standar penghasilan Rp360.169,- per kapita per bulan.
"Ini perlu hati-hati, dengan standar BPS yang sangat rendah yakni penghasilan Rp360 ribu per bulan saja muncul angka 13,1%, bagaimana angka riilnya di lapangan, bisa jadi lebih besar," ujar Arif kepada wartawan seusai rapat paripurna, Selasa (1/8/2017).
Selain memiliki angka kemiskinan yang tertinggi se-Jawa, DIY juga memiliki angka ketimpangan pendapatan tertinggi secara nasional. Kesenjangan antara kaya dan miskin di DIY paling tinggi, yaitu 0,43 dibanding rasio nasional 0,3.
Indeks Ketimpangan Pendapatan DIY menunjukkan bahwa pendapatan 20% penduduk berpendapatan tertinggi besarnya lebih dari tiga kali lipat pendapatan 40% penduduk berpendapatan terendah.
Menurut Arif, solusi untuk mengatasi persoalan ini bisa dilakukan dengan sinkronisasi pendanaan antara dana keistimewaan, dana desa, dan APBD. Selama ini dana keistimewaan belum didesain untuk peningkatan kesejahteraan secara langsung.
"Pembahasannya juga butuh melibatkan musrenbang dan wakil rakyat. Selama ini dana keistimewaan yang membahas hanya eksekutif dan Kementerian Keuangan," tegasnya.
Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda DIY Gatot Saptadi menyebut pihaknya bersama-sama dengan kabupaten akan fokus menyasar 15 kecamatan miskin di DIY, di antaranya Gedangsari, Saptosari, dan Kokap di Kabupaten Gunungkidul.
"Kita akan mengoptimalkan APBD Kabupaten dan Provinsi untuk menyasar 15 kecamatan tersebut. Kemiskinan bukan hanya soal income tapi kualitas SDM termasuk air bersih, jalan aktivitas ekonomi, pemberian modal dan lain-lain. Kita akan fokus keroyokan di 15 kecamatan tersebut."

Source: https://daerah.sindonews.com/read/1226314/189/angka-kemiskinan-diy-tertinggi-se-jawa-1501649326



MENURUT DATA BPS, 3 PROPINSI TERMISKIN DI PULAU JAWA ITU JOGJA, JATIM, DAN JATENG.
PROPINSI PROPINSI YANG KEBETULAN MEMANG PROPINSI2 NASBUBGTOD TEMPAT ASAL MUASAL MAYORITAS KETUA GENG TERORIS/PEMIMPIN KELOMPOK TERORIS.
APALAGI JATIM, PROPINSI YANG PALING DOYAN BAKAR GEREJA DI INDONESIA.
DI PROPINSI NASBUNG JOGJANISTAN SANA CINAK GAK BOLEH PUNYA TANAH, PANTAS UDAH MISKIN MAKIN MISKIN.
emoticon-Leh Uga
image-url-apps
biarpun miskin tapi hidupnya tentram adem ayem
mau makan tinggal petik sayuran dipekarangan telur ayam dikandang

kaga kaya orang ibukota yg semuanya serba wah tapi hidupnya pusing jadi budak uang dan pekerjaan
KASKUS Ads
image-url-apps
tsnya pasti sundal jabarnistan iniemoticon-Big Grin
image-url-apps
Angka Kemiskinan DIY Tertinggi se-Jawa
image-url-apps
tsnya pusing nanti bulan puasa sepi job demo
minta THR sonoh sama gatot emoticon-Big Grin
image-url-apps
Kemaren bukannya bilang propinsi nya Nasbung itu Jabar.
mulai terlihat batas antara nasbung dan nastak mulai samar.
image-url-apps
Quote:


Demo apaan ya? Saya gak suka demo.

Intinya sih propinsi Jowo itu isinya nasbubgtod dan anjing teroris. Itu sudah
daerah istimewa emoticon-Ultah
image-url-apps
Quote:


goblok.. sekaskus yang ngomong nasbung di jateng dan jatim cuma lu doang. semua sepakat jabar itu sarangnya emoticon-Leh Uga

tolol
image-url-apps
pdhal jogja sedang maju2nya pariwisata lho, tuh penjual oleh2 lg panen besar tahun ini, kbtulan kawan ane byk yg bakul oleh2, malahn kbnyakan org gunKid,
image-url-apps
Quote:


tolol, apa urusannya gw suruh ngaku asal provinsi dan suku emoticon-Leh Uga
image-url-apps
Quote:


salah satunya ini, study Setara.
Quote:


itu study, bukan sekedar asumsi lo yang kagak jelas. Nasbung identik dengan anti toleransi,. dan lihat seberapa banyak kota di Jawa Barat disitu? emoticon-Leh Uga
image-url-apps
masih ngga terima nih gabisa punya shm di yk emoticon-Smilie
image-url-apps
jogja jual gembookkk
image-url-apps
Quote:


Yk apaan?
Quote:


jatim basisnya...

kalo diajak ngobrol bid;ah malah ngajak berantem.
Ya Allah jauhkanlah luar jawa dari teror jawa laknatullah, kekayaan alam di luar jawa semua disamun dibawa ke jawakarta sama pejabat korup dan ditabung ke luar negeri oleh cukong aseng piaraan rejim jawakarta, semoga aceh dan papua segera lepas dari indon jawa-amin ya rabbal alamin emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut
image-url-apps
akun klonengan nyebar kebencian

santet ahh
image-url-apps
deleted
×