alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Pengamat: Kemenangan Mahathir Mohamad tanda suku Melayu di Malaysia sudah terbuka
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af770ec9e74044b4d8b4568/pengamat-kemenangan-mahathir-mohamad-tanda-suku-melayu-di-malaysia-sudah-terbuka

Pengamat: Kemenangan Mahathir Mohamad tanda suku Melayu di Malaysia sudah terbuka

Merdeka.com - Perdana Menteri baru Malaysia Mahathir Mohamad berhasil melengserkan koalisi partai Najib Razak yang telah memimpin selama 60 tahun lebih. Dari perolehan 112 suara oleh Mahathir, kebanyakan pemilih merupakan suku Melayu.

Tren tersebut menurut peneliti politik internasional dari LIPI, Adriana Elisabeth menilai suku Melayu di Malaysia mulai terbuka guna roda pemerintahan selanjutnya. Apalagi, isu skandal korupsi 1 MDB yang diduga dilakukan oleh Najib Razak menjadi landasan suku Melayu beralih kepada Mahathir.

"Karena di Malaysia pun kelompok Melayu dominan, dia cukup berwawasan terbuka tidak menolak adanya perbedaan etnis di sana," ujar Adriana ditemui usai acara diskusi di Jakarta Pusat, Sabtu (12/5).

Adanya fakta tersebut menurut Andriana sedianya bisa dijadikan contoh bagi Indonesia terhadap pluralisme. Sebab, Andriana menilai Indonesia masih belum 'dewasa' menyikapi besarnya perbedaan, khususnya pada pemerintahan.

"Kalau di kita justru malah membesar-besarkan perbedaan itu. Yang harusnya kita lebih plural. Saya tidak melihat kesamaan itu terjadi di sini," ujarnya.

Sementara itu, Adriana menjelaskan selain kedewasaan suku Melayu di Malaysia pada pemilihan raya umum, kekalahan Najib juga berasal dari dominasi istri dalam pemerintahan.

Adriana menganggap, hal tersebut menjadi celah besar tidak kembalinya Najib menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia.

Diketahui, Mahathir sebagai pemimpin koalisi oposisi yang bernama Pakatan Harapan juga merebut kemenangan tujuh dari 13 negara bagian yakni Penang, Selangor, Melaka, Negeri Sembilan, Kedah, Perak, dan Johor.

Nantinya, Pakatan Harapan akan membentuk kabinet baru dan perdana menteri akan dilantik.

Mahathir berjanji pemerintahan baru nanti tidak akan melakukan 'balas dendam' politik terhadap pemerintahan sebelumnya. Para pengamat menilai kemenangan oposisi di Malaysia ini menunjukkan penolakan rakyat terhadap status quo politik yang selama ini dikuasai Barisan Nasional sejak Malaysia merdeka pada 1957.

https://m.merdeka.com/dunia/pengamat-kemenangan-mahathir-mohamad-tanda-suku-melayu-di-malaysia-sudah-terbuka.html

Mahathir didukung minoritas etnis china dan dan india akhirnya menang bersama dukungan mayoritas melayu. Padahal dia dulu pemimpin barisan nasional.

Semoga angin perubahan pluralisme di malaysia merembet ke indonesia.

Pengamat: Kemenangan Mahathir Mohamad tanda suku Melayu di Malaysia sudah terbuka
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
kalau disini sama pasukan daster peminum pipis onta malah di gembar gemborkan di TOA rumah ibadah kalau cina di malaysia akan dihabisi di malaysia, kebangkitan pribumi malaysia
bla...bla...bla...bla....
taek anjing, hoax, mungkin nipu di dalam rumah ibadah dapet sorga kali yah
sorga pahalanya

Serawak sabah Labuan gak menang
Misahkan diri ajah emoticon-Ngakak
katanya 9 menteri dia ada etnis china
dan menteri agamanya selain adalah CEWEK, juga bukan MUSLIM

nasbung pasti bunuh diri massal klo terjadi di indonesia

NGOAHAHAHAHAHAA
malaysia masuk sbg negara brkembang yg sistem pendidikannya baik . SDM malaysia itu lumayan tinggi , d negara timur tengah konon cm orang malaysia yg d segani d antara orang asia. sbb bnyk orang malaysia yg kerja d timur tengah adalah kalangan profesional. beda dgn bangsa asia lainnya ky filipina, india,indonesia, pakistan, bangladesh dan lainnya yg kirim pekerja informal....

makanya politik d sana jg lbh brkualitas . isu2 politik yg d bangun dsana beralasan . najib razak beserta UMNO bs kalah krn generasi muda malaysia ingin perubahan stlh partai itu memimpin lbh dr 40 thn. d mata malaysia politik identitas sdh tdk relevan dgn jaman modern.

jg isu mega korupsi najib razak yg buat dia kalah. dan yg patut d tiru d sini adalah kedewasaan politikusnya. liat aja najib razak yg besar hati minta maaf ke rakyat malaysia .
beda kaya d sini yg kalah triak2 d curangi
menteri cino sudah lama ada di indonesia
Quote:


Langsung mewek mewek teriak ummat muslim dijolimi emoticon-Ngakak
Quote:

Kemaren ane lagi chat ama temen yg di arab
Orang asia tenggara lebih dihormati dri pada asia selatan


Tapi kalo untuk SEA mungkin malaysianya lebih unggul
kirim fpi ke sonoh ... untuk mengancam bangke2nya emoticon-Ultah
Disaat mereka bilang pluralisme dimulutnya mereka menyimpan politik identitas ras di hatinya

Bukan rahasia lagi kalo cina n india jiwa kerasisanya tinggi

untung suharto membantu melayu malaysia dan mengirim sdm kemalaysia yang seterusnya diangkat jadi jadi warga tempatan melayu malaysia sehingga melayu bisa punya suara dan berkuasa di parlement. kalo tidak sejarah akan mencatat malaysia sebagai singapore 2
Quote:


Kenapa membantu negara lain
Kenapa gak membantu diri sendiri

Soru.propaganda embahlu dah gak laku emoticon-Ngakak
Di indo masih banyak banyak fasis dan rasis wannabe, ga di nasbung nastak,ga di keduanya emoticon-fuck
Quote:


Dulu bangsa indonesia masih jadi pioner dan panutan dirantau asean

propaganda? hadeh ,puluhan tahun ane kumpul ame orang chinese n orang india jadi ane tahu kecendrungan mereka bagaimana sikap terhadap sesama ras n bukan sesama ras. mereka cenderung bangga pada rasnya dan ingin ras nya unggul di banding ras lain

jadi alih alih mereka plural yang ada mereka memainkan politik identitas atas nama ras
Diubah oleh RabbiGoogle
Quote:


Kalo ras ente?
Quote:


Quote:


semua ras juga begitu
hampir semua manusia itu rasis koplak
orang jawa ajah banyak yg merasa lebih unggul dari pada orang sunda
tinggal skrg merubah dari diri sendiri untuk menghilangkan rasisme
jgn seperti hewan digigit bales menggigit

Quote:

That’s it ... bener bgt nih, dr TK sampe lulus kuliah di lingkungan yg ente bilang sampe di dunia bisnis.. bgitulah mreka.. emoticon-Smilie

Cek (sebagian besar) grup cina atau india, isinya cina /india smua atau mixed yg berimbang? Ga usah jauh2 ke malay apalagi SG, di indo aja, klo cina bikin usaha atau apapun mana mau ajak org indo (pribumi?) hehe.. selain geng cina nya lagi.. kcuali yg non cina uangnya lebih dr mreka atau bs mreka manfaatin.. spt, pejabat2 yg korup, bekingan “keamanan resmi”.. hoho.
Diubah oleh whellere
melayu ? emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
mengharapkan mahatir sama saja mengharapkan kucing menolak makan ikan emoticon-Big Grin

Mahatirlah yang memberi fondasi melayu malas saat di UMNO dan Najib itu suksesornya yang meneruskan kebijakannya. Saat suksesor sebelumnya Anwar ibrahim menunjukkan gejala oposan pendapatnya, langsung kena kasus sodomi emoticon-Big Grin.

Mahatarir menang karena yang milh dia berharap dia cepat pikun dan segera di gantikan Anwar Ibrahim yang sekarang menjadi koalisinya emoticon-Malu (S)

Dan siap2 aja kakek ini menggoyang anwar lagi emoticon-Big Grin
Quote:


loh loh bukannya kemenangan Mahathir tanda kemenangan wowo? emoticon-Turut Berduka
Quote:


dan kemungkinan besar sebelum nih kakek pikun beliau akan menjerat najib dengan kes rasuah + sodomi yang mana ganjarannya ialah hukum mati emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Takut emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka emoticon-Turut Berduka
Quote:


Hehehe...pendapat apa pula ini

bagaimanapun sejarah mecatat mahatir itu dianggap pahlawan di malaysia yang berhasil bawa malaysia unggul. kenapa mahatir didukung? ya karena dibawah nazib malaysia terpuruk. mereka berharap kejayaan itu muncul lagi ketika mahatir naik

masalah anwar? itulah politik brayy,tidak ada musuh abadi dan kawan abadi yang ada adalah kepentingan
mantap lah
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di