alexa-tracking

Dilema Hubungan dengan China Mungkin Akan Menggelincirkan Jokowi

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af71b4a925233ae7a8b4569/dilema-hubungan-dengan-china-mungkin-akan-menggelincirkan-jokowi
Dilema Hubungan dengan China Mungkin Akan Menggelincirkan Jokowi

Dilema Hubungan dengan China Mungkin Akan Menggelincirkan Jokowi

Sumber: 
www.scmp.com
Posted on May 12, 2018

Untuk memenangkan suara di Pilpres 2019, presiden Indonesia Jokowi membutuhkan uang tunai dari China untuk membangun kereta api dan pelabuhan. Di sisi lain, untuk membangun kereta api dan pelabuhan itu, dia perlu menerima pekerja China yang bisa membuatnya kehilangan suara.

Oleh: Jefferey Hutton (South China Morning Post)

Pada kunjungan pertamanya ke Indonesia bulan ini sebagai presiden China Railway Corp, Lu Dongfu dapat dimaafkan jika ia merasa bingung dengan penundaan proyek kereta api berkecepatan tinggi Jakarta-Bandung senilai $6 miliar yang pembangunannya dibantu oleh perusahaannya.

Sengketa dengan pemilik tanah berarti pekerjaan baru saja dimulai di beberapa situs sepanjang rute 150 kilometer—tiga tahun setelah perusahaan Lu mengalahkan saingan Jepang untuk mengerjakan proyek jalur kereta cepat. Sebagai perbandingan, Lu mengatakan pada bulan Januari bahwa CRC akan mengembangkan lagi 3.500 kilometer rel berkecepatan tinggi ke operasi di China tahun ini saja.

“Dia mengatakan dia mengerti,” kata seorang wartawan China yang menemani Lu dalam kunjungan ke sebuah situs konstruksi di dekat Bandara Halim Jakarta, di mana penggalian di terowongan No. 1 sekarang sedang berlangsung. Reporter itu tidak ingin diidentifikasi karena dia sedang mendiskusikan percakapan off-the-record.

“Dia mengatakan tidak pernah mudah mewujudkan proyek infrastruktur di negara demokratis.”

Komentar-komentar seperti itu mengisyaratkan semakin meningkatnya sensitivitas atas nama pejabat China terhadap hukum setempat. Jika demikian, itu adalah kabar baik bagi Presiden Joko Widodo, yang telah mempertaruhkan harapannya untuk masa jabatan kedua sebagian untuk mengamankan investasi infrastruktur yang sangat dibutuhkan dari China.

Apa yang membuat mahasiswa Indonesia melupakan tabu China?

Karena China telah meningkatkan investasi di Indonesia—dan lebih banyak orang China telah bekerja di sini—kekecewaan telah mendorong beberapa penduduk setempat untuk protes. Widodo harus menyeimbangkan keinginannya di negaranya untuk kereta api, pelabuhan, dan pembangkit listrik dengan melindungi pekerja lokal saat ia memilih pemilihan kembali April mendatang.

Dilema Hubungan dengan China Mungkin Akan Menggelincirkan JokowiSebuah model kereta api berkecepatan tinggi yang didanai Cina yang menghubungkan Jakarta ke Bandung. (Foto: Xinhua)

“Hubungan Widodo dengan China sedang berkembang sebagai masalah pemilihan,” kata Keith Loveard, analis senior perusahaan risiko bisnis yang berbasis di Jakarta, Concord Consulting. “Hubungan dengan China bisa menjadi racun baginya.”

Jadi China tampaknya memberi Widodo beberapa kelonggaran. Tanpa memberikan rincian, Li berjanji untuk mengendalikan jumlah pekerja China yang membangun pabrik baja, infrastruktur dan bahkan melayani sebagai pemandu wisata di Bali.

Minggu ini di pulau resor Bali yang populer, pemandu wisata Indonesia menyerbu kantor imigrasi memprotes lonjakan jumlah warga negara China yang bekerja di profesi yang sama.

Sementara itu, media lokal yang melaporkan tentang zona ekonomi khusus Morowali di Sulawesi Tengah menuduh ribuan pekerja ilegal dari China tiba untuk membantu membangun pabrik peleburan nikel dan pabrik yang mampu menghasilkan tiga juta ton baja per tahun.

Sementara pemerintah telah bersumpah untuk menyelidiki laporan tersebut, operasi di sana—yang dimiliki oleh Grup Bintangdelapan dan Grup Dingxin China—telah menyangkal keberadaan pekerja ilegal.

Dengan taman-tamannya dan arsitektur kolonial Belanda, Bandung adalah liburan akhir pekan yang populer.
Tetapi perjalanan kereta api saat ini memakan waktu tiga setengah jam dan dengan lalu lintas jam sibuk yang padat, perjalanan mobil dapat memakan waktu dua kali lebih lama.

BANK CHINA MASUK
Ketika proyek Li selesai, diharapkan kereta api berkecepatan tinggi akan melesat dari Jakarta yang terik melalui 760 meter jalur ke daerah pegunungan dan perkebunan teh ke kota puncak bukit yang nyaman.

Dan meskipun beberapa desain Tiongkok mengusulkan kereta api yang bisa mencapai 350 kilometer per jam, empat pemberhentian di sepanjang jalur yang relatif pendek itu berarti kereta tidak mungkin mencapai kecepatan itu.

Tetapi proyek ini akan berjalan dengan cepat. Sebelum kunjungan Li, yang berakhir pada hari Selasa, Bank Pembangunan China mencairkan pinjaman sebesar $170 juta untuk memulai pekerjaan pada proyek yang secara teknis menantang—yang merupakan ikrar kampanye menjelang pemilu yang dimenangkan Widodo tahun 2014.

Bank mengalokasikan uang meskipun pemerintah belum mengamankan 35 persen sisa lahan yang diperlukan.

Dan dengan menyalurkan dana, China telah memberikan Widodo bantuan kepada pemilih yang mungkin frustrasi dengan sedikitnya kemajuan proyek, kata Rene Pattiradjawane, seorang peneliti di Pusat Studi China di Jakarta.

“China sedang mencoba untuk memastikan bahwa janji Jokowi berada di jalurnya, kurang lebih begitu,” kata Pattiradjawane, mengacu pada nama panggilan Widodo yang banyak digunakan.
“Uangnya ada di sana dan pekerjaan dimulai.”

Dilema Hubungan dengan China Mungkin Akan Menggelincirkan JokowiPara pekerja di sebuah terowongan untuk kereta cepat Jakarta-Bandung yang dibiayai China. Kemajuan proyek itu lambat dan protes meradang atas banyaknya pekerja asing yang masuk. (Foto: Reuters)

KEBENCIAN MENINGKAT
Tapi ketergantungan Widodo pada investasi China berisiko menjadi bumerang di tengah masuknya pekerja China dan meningkatnya kebencian yang ditimbulkannya.

China adalah investor terbesar ketiga Indonesia setelah Singapura dan Jepang. Namun menurut data pemerintah, jumlah warga negara China yang bekerja di Indonesia telah membengkak lima kali lipat selama dekade terakhir menjadi lebih dari 24.000. Itu hampir dua kali lipat jumlah pekerja dari Jepang, yang berada jauh di peringkat kedua dan merupakan investor terbesar kedua.

Kecenderungan anti-China memiliki sejarah panjang di Indonesia. Tahun lalu mantan gubernur Jakarta, Basuki Purnama, seorang Kristen keturunan Tionghoa, dicopot dari jabatannya dalam pemilihan yang dikatakan telah mengandalkan isu agama dan ras.

Selama kampanye pemilihannya tahun 2014, Widodo dilaporkan menjadi korban kampanye kotor yang menuduh kakeknya adalah orang China. Dan bulan ini menandai 20 tahun sejak rumor pedagang China menimbun beras memicu kerusuhan mematikan, menewaskan sekitar 1.000 orang.

“Orang-orang China mengakui jumlah pekerja asing adalah jumlah yang sangat besar,” kata Pattiradjawane. “Ini adalah pernyataan bahwa mereka akan melakukan sesuatu.”

Meski begitu, Widodo tidak sanggup melakukan terlalu banyak tawar-menawar dengan para pekerja China yang diimpor.

Ketika pekerjaan telah dimulai di proyek kereta api, sebagian besar daftar keinginan infrastruktur presiden tetap tidak terpenuhi dengan negara masih mengejar lebih dari $150 miliar investasi yang dialokasikan untuk masa jabatannya saat ini.

Sementara itu, pemerintahannya telah menjanjikan $15 miliar untuk tahun ini saja.

Widodo telah berjanji untuk memacu pertumbuhan ekonomi menjadi sekitar tujuh persen dari sekitar loma persen sekarang, sebagian dengan berinvestasi di bidang infrastruktur. Namun kereta api yang lambat dan pelabuhan yang kusut meningkatkan biaya.

Produsen Indonesia menghabiskan seperempat dari penjualan mereka untuk logistik, menurut Bank Dunia. Di Thailand, biaya logistik hanya memakan 15 persen.

Keterangan foto utama: Perdana Menteri China Li Keqiang dan Presiden Indonesia Joko Widodo pada Asian Games 2018. (Foto: EPA)
https://www.matamatapolitik.com/analisis-dilema-hubungan-dengan-china-mungkin-akan-menggelincirkan-jokowi/

-----------------------------------

Kasihan anak cucunya kelak ... cuman kebagian nyicil utang daripada eyangnya dulu

emoticon-Sorry
image-url-apps
Dari cina, oleh cina, untuk cina dan di gelincirin cina... Hina bener dikau jok
image-url-apps
hahaha gapapa 2 periode yg penting gua ga mampus mampus amat di awal2 jaman dia
KASKUS Ads
dasar elunya aja yg malas bre emoticon-Angkat Beer
dah jelas toh jokowi itu spt apa. wajah aslinya selalu disembunyikan. lama2 akan terlihat wujud aslinya.emoticon-No Hope
image-url-apps
China maunya skema investasi nya berbentuk Turn Key

Konsekuensi nya pakai pekerja dari China

image-url-apps
Republik mengleng filial.

Quote:


di akhirnya mampus beneran donk emoticon-Mewek
image-url-apps
Dikit2 anti aseng, anti komunis, anti neolib bla bla bla..

Ga bisa lo hidup sendiri...

Mau jadi apa...?
image-url-apps
Quote:


One Belt One Road, Strategi Cina Caplok Kedaulatan NKRI

Wakil Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi PAN, Hanafi Rais mengatakan proyek reklamasi adalah salah satu cara yang akan dipakai Tiongkok untuk membangun kekuatan ekonomi dengan menggunakan strategi One Belt One Road (OBOR).

“Kedaulatan NKRI akan dicaplok oleh Cina. Jangan Mau dibohongi pakai One Belt One Road (OBOR) dan jangan mau tergiur dengan tol laut,” kata Hanafi dalam diskusi bertajuk “Stop Program Reklamasi Teluk Jakarta” di Komplek DPR RI, senayan, Jakarta selatan, Selasa (16/5/2017).

Kareanya, ia mengingatkan ancaman serius yang akan dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah kekuatan militer Cina. Jika jalur sutera maritim itu sudah berjalan, lanjutnya, pasukan militer tersebut akan difungsikan sebagai penjaga lalu lintas perekonomian Cina yang melewati Indonesia.

“Jika Jalur maritim itu berjalan, yang harus diwaspadai adalah kekuatan militer Cina,” tegasnya.
Quote:

Dilema Hubungan dengan China Mungkin Akan Menggelincirkan Jokowi
image-url-apps
Taktik orde baru dipakai lagi , jokowi akan dibuat seperti soekano , mulai hoax kebangkitan PKI , nuduh jokowi China , jokowi pro China , antek asing , kriminalisasi ulama .. dsb ... udah kebaca taktik elo . basi broo ...
emoticon-Blue Guy Bata (L)
image-url-apps
Siapa gan yang mau gantiin?

Wowo?

Bapaknya Wowo, kakeknya, plus adeknya orang Cina,
trus Wowo bisa autoconvert jadi pribumi? emoticon-Ngakak

Govlok. emoticon-Wakaka
image-url-apps
Quote:


Mana buktinya wowo cina? emoticon-Wakaka
image-url-apps
Quote:


Bapaknya bernama Prof. Dr. Soemitro Djojohadikusumo yang bernama asli Soo ming tauw (kanton) atau Soo minh doo (Hokian) menikah dengan Dora Marie Sigar Sumitro Djojohadikusumo, perempuan kelahiran Manado, Sulawesi Utara, 21 September 1921 yang dikenal sebagai penganut Agama kristen yang taat.

Dora Marie pertama kali bertemu Sumitro Djojohadikusumo di sebuah acara mahasiswa Kristen Indonesia di Rotterdam, Belanda. Saat itu ia belajar di sekolah ilmu keperawatan bedah di kota Utrecht, Belanda. (Dan negara Belanda ini pula yang dijadikan Sumitro sebagai pelarian karena terlibat pemberontakan PRRI Permesta tahun 1957. Seperti yang tercatat Belanda adalah penyokong utama gerakan pemberontakan tersebut)

Keduanya menikah pada 7 Januari 1946 di Jerman dengan pemberkatan dari pendeta-pendeta di Gereja Jerman. Selama hidupnya, Dora Marie dan Sumitro menjadi penganut agama Kristen yang taat dan rajin ke gereja. Dari pernikahannya, Dora dan Sumitro mempunyai empat anak. Dua perempuan, dua laki-laki. Dua perempuan yaitu Bianti Djiwandono dan Mariani le Maistre dan Laki-laki; Prabowo Subiantodan Hashim S. Djojohadikusumo.

Ada darah Cina yang mengalir ke tubuh Prabowo merupakan fakta yang tidak bisa ditolak. Dan saudaranya dari pihak ibunya, seperti halnya penganut agama Kristen asal Sulawesi Utara.

Semua saudara Prabowo beragama Kristen. Kakak Prabowo sendiri, Bianti Djiwandono, istri mantan Gubernur Bank Indonesia, beragama Kristen Katolik. Prabowo lahir dan dewasa dalam lingkungan dan bimbingan keluarga yang beragama Kristen.

emoticon-Ultah
image-url-apps
Quote:


Kl gt kenafa Prabowo anti aseng? emoticon-Big Grin
Bisa jawab? emoticon-Big Grin


Jokowi tidak hanya keturunan Cina, tetapi juga memiliki nama Cina yakni Wie Jo Koh. Sebab leluhur Jokowi yang pertama kali datang ke Indonesia bernama Wie Jok Nyam. Dengan demikian, sesungguhnya Jokowi masih keturunan Cina bermarga Wie. 
image-url-apps
Quote:


Siapa bilang anti aseng? emoticon-Mad

Dilema Hubungan dengan China Mungkin Akan Menggelincirkan Jokowi

Gayanya aja lemah gemulai ke aseng kok. emoticon-Betty
image-url-apps
Quote:


emoticon-Big Grin

Dilema Hubungan dengan China Mungkin Akan Menggelincirkan Jokowi
thn 2014 capres2nya keturunan cina

thn 2019 akan terulang?
bakal muncul lagi ni Tragedi G30SPKI baru di era jokowi lihat aja bukti nya kerusuhan di mako brimob hampir sama kayak jaman ORBA dulu @_@
×