alexa-tracking

Proyek Kereta Api Mangkrak, Dana Triliunan Rupiah dari Jokowi-SYL Kemana?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af6dac8d675d4e6438b4572/proyek-kereta-api-mangkrak-dana-triliunan-rupiah-dari-jokowi-syl-kemana
Proyek Kereta Api Mangkrak, Dana Triliunan Rupiah dari Jokowi-SYL Kemana?
Pengerjaan mega proyek kereta api trans Sulawesi tidak berjalan maksimal. Sejak 2014 hingga sekarang, jalur kereta api belum bisa dilalui.

Sesuai dengan rencana, pengerjaan mega proyek Kereta Api (KA) trans Sulawesi dilakukan dengan dua tahap. Tahap pertama ditargetkan penyelesaian jalur rel KA sepanjang 145 kilometer, dengan kucuran anggaran triliunan rupiah.

Diawal pengerjaannya pada tahun 2014, pemerintah pusat bersama pemerintah daerah berjanji akan menyelesaikan sepertiga jalur KA yang berarti 46 kilometer diakhir 2016. Akan tetapi, hingga 2018, pemerintahan Joko Widodo tidak mampu merealisasikan janji itu.

Pada Januari 2018 yang lalu, pemerintah pusat melalui Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulfikri mengatakan, Oktober mendatang jalur rel KA akan diselesaikan di rute Barru-Palanro yang berarti hanya sepanjang 44 kilometer.

Hal itu juga berbanding terbalik dengan janji Syahrul Yasin Limpo (SYL) saat masih menjabat sebagai Gubernur Sulsel. Saat itu, SYL dengan percaya diri mengatakan bahwa proyek itu akan selesai dengan waktu yang singkat.

“Target pembangunan jalur kereta api Makassar sampai Pare-pare tahun ini kita kebut 60 Km dari total panjang sekitar 150 Km,” ujar SYL, Jakarta, Senin (30/5/2016) lalu.

Progres pengerjaan yang tidak maksimal, membuat pemerintah angkat tangan dalam hal pendanaan. Dengan begitu, keterlibatan pihak swasta atau investor sangat diperlukan.

Pasalnya, pemerintah tidak mampu lagi membiayai pembangunan kereta api Trans Sulawesi tersebut. Pemerintah pusat hanya mampu membiayai proyek kereta api tersebut hingga 2018 dengan penyelesaian 44 kilometer, dengan anggaran sekitar Rp3 triliun.

Untuk 2018 saja, pemerintah menganggarkan Rp1,3 triliun. Anggaran ini terbagi untuk segmen Barru-Palanro sebanyak Rp681 miliar (lanjutan pekerjaan tahun 2017), sedangkan untuk segmen Barru-Maros Rp583 miliar.

Anggaran Rp1,3 triliun tersebut merupakan anggaran yang terakhir dikucurkan oleh pemerintah pusat.

Direktur Anti-Corruption Committee (ACC) Sulsel, Abdul Muthalib pun bereaksi, dia mengatakan, lambannya pengerjaan proyek tersebut memunculkan tanda tanya besar.

“Proyek kereta api adalah proyek nasional andalan jokowi, tidak sepantasnya terhenti atau mandek. KPA harus segera mengecek hasil pekerjaan proyek rel kereta tersebut dan persekongkolan di proyek tersebut,”kata Abdul Muthalib. (**)

www.inikata.com/proyek-kereta-api-mangkrak-dana-triliunan-rupiah-dari-jokowi-syl-kemana/

Kemana ya
ooo pemerintah sudah gak mampu danai
itu pinjeman luar negeri kemana ya?
subsidi udah gak blt apa lagi
tp gak ada duit
Pekerjaan Kereta Api Jokowi-SYL Mangkrak Karena Ini ?


MAKASSAR, INIKATA.com – Proyek Kereta Api Jokowi-SYl menyisakan masalah bahkan diduga mangkrak.

Hal tersebut lantaran, Penjabat Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono sendiri mengaku tak mendapat laporan, bahkan kesulitan mendapatkan informasi terkait pengerjaan Kereta Api trans Sulawesi di Kabupaten Barru.

Tidak adanya komunikasi yang baik antara Satker Kereta Api pusat dengan dinas terkait di Provinsi Sulawesi Selatan menjadi kendala utamanya.

“Pengamatan saya selama ini, sinergitas antara Kementerian Perhubungan Pusat dengan Pemda melalui Dishub masih kurang, buktinya saya tidak tahu perkembangan kereta api disana. Saya hampir pastikan koordinasi tidak bagus,”kata Soni, Jumat (11/05/2018).

Mega proyek yang diinisiasi oleh Syahrul Yasin Limpo disebut terdapat banyak masalah, namun dirinya tidak pernah mendapatkan laporan terkait masalah yang dihadapi. Salah satunya masalah pembebasan lahan.

“Belum ada laporan, berarti ada kesulitan. Kereta Api tidak melaporkan sampai saat ini, belum melaporkan langkah apa untuk menyelesaikan masalah lahan,”ujarnya.

Hal ini kemudian menjadi dasar tidak adanya pekerjaan lanjutan proyek Kereta Api ini.

Seperti diketahui, mega proyek kereta api ini disupport APBN senilai Rp2 Triliun dan telah dikerjakan selama empat tahun dan hingga kini, jalur yang telah dikerjakan masih sepanjang 40 kilometer.

Dan beberapa waktu yang lalu, Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menyebutkan bahwa saat ini sudah ada 16 investor asing yang mulai melirik mega proyek inisiasi Syahrul Yasin Limpo (SYL) tersebut.

“Kita sedang melakukan lelang KPBU. Jadi lelang KPBU ini memungkinkan operator dan investor asing untuk kerja sama,”ujar Budi saat ditemui di kampus Unhas, Kamis, (19/04/2018) lalu. (**)
Sudah jadi kok dibilang mangkrak
Otak situ yang mangkrak

Yang mangkrak itu OKE OCE


Proyek Kereta Api Mangkrak, Dana Triliunan Rupiah dari Jokowi-SYL Kemana?


Proyek Kereta Api Mangkrak, Dana Triliunan Rupiah dari Jokowi-SYL Kemana?
Quote:


Yang udah jadi makasar - barru, itu pembebasan lahannya taun 2013. Mulai dibangun 2014.
pokoknya proyeknya si JOKO gak boleh dibilang mangkrak...

karena yang mangkrak itu hanya ada di era sebelumnya....


















*) cebong version
Quote:


Gemblung
Pembebasan lahan itu saat Era Jokowi dan semua pembangunan itu di era Jokowi

Kebanyakan OKE OCE lu ya


Proyek Kereta Api Mangkrak, Dana Triliunan Rupiah dari Jokowi-SYL Kemana?


Proyek Kereta Api Mangkrak, Dana Triliunan Rupiah dari Jokowi-SYL Kemana?
Kalah jauh ama sby yg sukses bikin Doble track jalur utara jawa emoticon-Big Grin
Kekihatannya nasbung mulai plintir plintir isu infrastruktur yg jd andalan jokowi nih emoticon-Leh Uga
Quote:



https://m.liputan6.com/bisnis/read/2089967/proyek-ka-trans-sulawesi-mulai-dibangun

http://www.semboyan35.com/printthread.php?tid=3785&page=7
Quote:


Apaan tuh
Babarin aja


Proyek Kereta Api Mangkrak, Dana Triliunan Rupiah dari Jokowi-SYL Kemana?


Proyek Kereta Api Mangkrak, Dana Triliunan Rupiah dari Jokowi-SYL Kemana?
sia2 dong proyek yg dimulai sejak era SBY emoticon-No Hope
Quote:


Die lagi sibuk kerja gan












gitu dilusi kaum cebong

emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka emoticon-Wakaka
Quote:


Buka aja, kaya miskin kuota aja
wak wak wak
CEBONG GOBLOK
Quote:


Jabarin aja lah..

Yang pasti kereta api di Sulawesi sudah ada dan itu terwujud saat Jokowi Jadi presiden
Quote:


Cebong miskin kuota?

Hina benar, males baca males usaha, ga kaget rata rata pemilih cebong lulusan SD yekan
Quote:



Proyek Kereta Api Mangkrak, Dana Triliunan Rupiah dari Jokowi-SYL Kemana?


Proyek Kereta Api Mangkrak, Dana Triliunan Rupiah dari Jokowi-SYL Kemana?

Quote:


doi lagi sarkas ato emang beneran goblog
kereta kalimntan juga mangkrak. anggaran dicoret. pdahal dah gronbreking ngoahahahaha