alexa-tracking

Main Content

740
431
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af6ad42c1d770635a8b4571/al-quran
Al Quran
Al Quran
Tags
12-05-2018 16:00 256
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
Bulan Ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nanti oleh umat islam di seluruh dunia. Bulan Ramadhan sebagai ladang beramal umat islam untuk berlomba-lomba melakukan ibadah dan memperbanyak amalan-amalan sholih.

Sebagaimana kita ketahui, bulan ramadhan merupakan bulan diturunkannya kitab suci umat islam, yaitu Al Quran. Banyak keutamaan membaca Al Quran, terlebih lagi pada bulan ramadhan. Selain untuk mendapatkan kemuliaan dan rahmat dari Allah SWT, dengan membaca Al Quran kita akan mendapatkan pahala yang berlimpah.

Maka tidak heran, jika di bulan penuh rahmat dan berkah ini, banyak umat islam berbondong-bondong membaca dan menghatamkan Al Quran.

Untuk menghatamkan Al Quran selama ramadhan , kita bisa membuat dan membagi jadwal sesuai dengan kegiatan kita sehari-hari.

Al Quran memiliki 30 juz dan didalamnya kurang lebih terdapat 600 halaman. Jika dibagi untuk 30 hari , maka akan mendapat 20 halaman per-hari.
Jadi kita bisa menargetkan satu hari satu juz. Kita bisa membaginya pada waktu sholat fardu(shubuh, dzuhur,ashar, magrib, isya'), sehingga kita akan mendapatkan 20 halaman dibagi 5 menjadi 4 halaman. Setiap waktu sholat fardu kita membaca 4 halaman, hal tersebut bisa dilakukan sebelum atau sesudah sholat fardu atau 2 halaman sebelum sholat dan 2 halaman sesudah sholat.

Bagi yang memiliki rutinitas atau kesibukan yang mungkin tidak bisa ditinggalkan, sehingga tidak bisa meluangkan waktu untuk membaca Al Quran pada salah satu waktu sholat tersebut, bisa mencari waktu lain seperti setelah sholat teraweh, sebelum menjelang tidur dan setelah sahur. Membaca Al Quran juga bisa dilakukan disela-sela waktu istirahat dari aktivitas kita, dimana saat ini kita bisa dengan mudah mendownload aplikasi Al Quran di gadget.

Dengan niat dan tekad yang kuat , atas kehendak Allah SWT, kita pasti bisa menjalankannya dengan istiqomah, sehingga tujuan menghatam Al Quran selama bulan ramadhan tercapai. Tentunya kita semua berharap menghatamkan Al Quran tidak hanya pada bulan ramadhan saja, melainkan setiap bulan. Karena dengan membaca Al quran serta mengamalkannya dalam kehidupan , kita akan mendapat syafa'at dan rahmat dari Allah SWT.

Post Reply

Silakan dikomen gan ...

Replies (0)

×