alexa-tracking

Mengenal Koopssusgab, Pasukan Gabungan Antiteror TNI

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5af66a4c162ec2b33b8b456a/mengenal-koopssusgab-pasukan-gabungan-antiteror-tni
Mengenal Koopssusgab, Pasukan Gabungan Antiteror TNI
TEMPO.CO, Jakarta- Jika Kepolisian RI punya Detasemen Khusus 88 Antiteror (Densus 88), Tentara Nasional Indonesia punya Komando Operasi Khusus Gabungan (Koopssusgab). Keduanya dibentuk untuk menanggulangi ancaman terorisme secara cepat.

Nama Koopssusgab memang tidak sepopuler Densus 88, yang saat ini masih menjadi garda depan pencegahan dan penanganan terorisme di Indonesia. Fungsi Koopssusgab menjadi kurang optimal karena pascareformasi, TNI hanya berwenang menjaga pertahanan negara, sedangkan keamanan menjadi tanggung jawab kepolisian. Apalagi belum ada payung hukum yang jelas terkait dengan keterlibatan TNI dalam penanggulangan terorisme.

Agar tidak tumpang tindih dengan kepolisian, Koopssusgab hanya diturunkan apabila suatu tindakan terorisme sudah tidak dapat diredam kepolisian.


Koopssusgab merupakan tim antiteror gabungan dari tiga matra TNI. Mereka berasal dari Sat-81 Gultor Komando Pasukan Khusus milik TNI AD, Detasemen Jalamangkara punya TNI AL, dan Satbravo 90 Komando Pasukan Khas dari TNI AU.

Mengenal Koopssusgab, Pasukan Gabungan Antiteror TNI
Satgultor

Mengenal Koopssusgab, Pasukan Gabungan Antiteror TNI
Jala Mangkara (Denjaka)

Mengenal Koopssusgab, Pasukan Gabungan Antiteror TNI
Satbravo 90


Kepala Staf Presiden Moeldoko mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertarik menghidupkan kembali satuan Koopssusgab TNI ini untuk menangani terorisme. Usulan ini muncul setelah terjadi kerusuhan yang melibatkan narapidana teroris dan aparat di rutan Markas Komando Brimob pada Selasa, 8 Mei lalu. "Sudah saya sampaikan ke Presiden dan beliau sangat tertarik untuk dapat dihidupkan kembali," kata Moeldoko di Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Jumat, 11 Mei 2018.

Koopssusgab diresmikan pada 9 Juni 2015 oleh Moeldoko, yang ketika itu menjadi Panglima TNI. Dalam acara peresmiannya di Lapangan Monas saat itu, Koopssusgab menunjukkan sebagian kecanggihan peralatan mereka, yaitu helikopter Bell 412, MI-35, SA-330 Puma, serta pesawat SA-330 Puma.

Wacana pembentukan Koopssusgab sebetulnya muncul sejak 2002 tapi tidak kunjung terwujud seiring dengan pergantian Panglima TNI. Pusat pelatihan Koopssusgab berada di Indonesia Peace and Security Center (IPSC), Sentul, Bogor.

Kepemimpinan Koopssusgab digilir secara bergantian selama enam bulan. Misalnya, enam bulan pertama Koopssusgab dipimpin oleh Danjen Kopassus (AD), enam bulan kedua Dankomarinir (AL), bulan kemudian dipimpin Dankorpaskhas (AU), dan seterusnya.

Dengan Koopssusgab, TNI memiliki pasukan yang bisa diturunkan secara cepat ketika terjadi situasi genting menyangkut terorisme. Tugas-tugas yang ditangani Koopssusgab sifatnya extraordinary operation.


Selain siaga apabila ada aksi teror, Koopssusgab punya tugas rutin, yaitu memetakan situasi di daerah dan latihan. Moeldoko saat itu memerintahkan para komandan Koopssusgab melakukan penguatan soft power dan hard power.

Penguatan soft power cenderung pada penguatan mentalitas pasukan. Contohnya, menyatukan persepsi, serta membangun soliditas dan solidaritas antarpasukan. Sedangkan penguatan hard power bersifat lebih teknis, seperti penggunaan teknologi terbaru, ketersediaan logistik, serta peralatan khusus. Penguatan hard power juga berfokus pada kapasitas, keterampilan personel, dan intensitas latihan.

Moeldoko pun memandang pasukan khusus itu perlu dihidupkan lagi. Sebab, persoalan terorisme saat ini bukan lagi ancaman potensial, tapi faktual. Menurut dia, di hampir semua negara, terorisme dianggap sebagaihigh intensity sehingga memerlukan penanganan khusus.

Menurut dia, pasukan TNI saat ini amat dibutuhkan dalam menghadapi terorisme di Indonesia. "Jadi bagian negara adalah penting masyarakat nyaman, aman, tenteram. Siapa aktornya, harus kita bijak, jangan karena berdebat di aktor, penanganan itu menjadi tidak optimum," katanya.

emoticon-Big Kissemoticon-Big Kissemoticon-Big Kiss

Mengenal Koopssusgab, Pasukan Gabungan Antiteror TNI

Indonesia bersatu melawan pengkhianatan jahat dan keji para teroris

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
image-url-apps
Kapan aksinya
Sel2 tidur teroris ditangkapin juga
Kyk Saudi dong
Ada ceramah yang kira2 membuat perlawanan terhadap KSA langsung dipenjara


Mengenal Koopssusgab, Pasukan Gabungan Antiteror TNI
image-url-apps
Beda jauh ama densus 88 lah, mendingan densus gak usah ngurusin teroris lagi, serahkan ke TNI aja yg lebih profesional
KASKUS Ads
image-url-apps
Pak jokowi mending jangan kebanyakan ngoceh. Tapi cepat bergerak, suruh itu yasonna dan thahjo lihat pansus terorisme. Rakyat butuh tindakan pak, bukan ocehan. Teroris keparat itu memang harus dibunuh bila perlu bolongi kepalanya dgn peluru emoticon-Marah
image-url-apps
Quote:


Setuju gan, indonesia ini kebanyakan ngoceh, tapi tindakan praktek nol besar. Teroris keparat jgn dikasih ampun lah, persetan itu HAM.
image-url-apps
Quote:


Serba susah
Suriah itu mulai dari hoax dan fitnah kepada pemerintah
Lalu mulai aksi2 demonstrasi damai
Lalu aksi2 demonstrasi dengan agitasi2 kepada pemerintah
Lalu aksi2 demonstrasi anarkis terhadap pemerintah
Semua itu sudah didesain secara rapi

Demonstrasi anarkis.. Sengaja dilakukan..

Ini sedang terjadi di negara ini kok
Tinggal lihat di level mana skrg menuju Suriah
image-url-apps
Quote:


Pokoknya siapapun yg ingin membuat kacau indonesia, bunuh semua! emoticon-Marah emoticon-I Love Indonesia
Quote:


anggota hewan ogah2an bahas RUU Anti Teror, soalnya ga bawa "keuntungan" buat mereka. sudah saatnya RUU Anti Teror jadi prioritas
image-url-apps
Quote:


Bahkan partai pemerintah sendiri pun menghalangi uu terorisme emoticon-Cape d...
Setuju, kerahkan Koopssusgab. Kombatan teroris harus dilawan oleh satuan anti teror dari TNI emoticon-Shakehand2
Quote:


kan prinsip anggota hewan selama tidak menguntungkan ga bakal jadi prioritas. lihat aja yg jadi prioritas dan sdh sah malah MD3 yang ga ada manfaat kecuali buat mereka sendiri
ada virus ada antivirusnya, virusnya dibunuh sampai mati

ada teroris juga ada antiterorisnya, tapi terorisnya tidak bunuh malah dibiarkan hidup dan diperlihara pula malah makin beringas

image-url-apps
Quote:


bedanya apa dengan teroris kalo sedikit2 bunuh?????????

emoticon-Bingung

Sengaja Mau menjelekkan Indonesia kah????
image-url-apps
Quote:


Suriah juga melakukan tindakan-tindakan seperti itu
Setelah itu mulai lah propaganda-propaganda terjalimi,, playing victim dll
Terjadi pemberontakan,, terjadi penyebaran foto2 korban oleh pihak pemberontak lalu rakyat internasional simpati Dan datang ke Suriah,, memberi sumbangan ke Suriah,,

Negara-negara lain juga pada masuk lalu semuanya berpesta diatas tetesan darah rakyat Suriah

Tau lah di Indonesia ini bakal seperti apa
Kita lihat saja respon negara..

emoticon-Mewek emoticon-Mewek
image-url-apps
Quote:


Kok nyinyir nya ke aku aja? Yg lain yg juga mau bunuh teroris di thread lain engga kamu tegur demikian juga?
image-url-apps
Quote:


kelihatan mana yg munafik mana yang kesal
image-url-apps
Quote:


Iya bang, siapapun kelompok yg melawan indonesia harus ditumpas. Masa aku ngomong gini gaboleh sama kaskuser diatas emoticon-Frown
image-url-apps
Quote:


Dimana letak munafiknya? Jgn merasa paling benar kamu
image-url-apps
Quote:


Pinter ente...
image-url-apps
Quote:


emoticon-Wkwkwkemoticon-Wkwkwk

Ga usah klojotan gitu tong

emoticon-Blue Guy Bata (L)emoticon-Blue Guy Bata (L)
×